Mengenal Apa Itu Bentonite Clay, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sering dipuji di media sosial dan digunakan dalam masker wajah DIY, tanah liat bentonit atau bentonite clay bertindak seperti spons, menyerap kelebihan minyak dan sebum dari kulit Anda, sekaligus menghilangkan komedo. Ketika Anda melawan jerawat, kemerahan, atau pori-pori tersumbat, bentonite clay bisa menjadi tambahan yang sangat berharga untuk kecantikan Anda. Yuk, kita telusuri lebih dalam seputar bentonite clay.

Apa Itu Bentonite Clay?

Bentonite clay adalah bahan detoksifikasi kaya mineral yang terbuat dari abu vulkanik yang lapuk, dengan sejarah yang panjang dan bertingkat. Bentonite clay telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional untuk detoksifikasi karena mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi, menurut dokter kulit bersertifikat Fatima Fahs.

“Biasanya dicerna untuk menyerap dan memurnikan racun dalam tubuh, dan digunakan dalam perawatan kulit dengan prinsip yang sama,” kata dokter Fahs dikutip dari Byrdie

Meskipun sumber asli bentonite clay adalah wilayah Montmorillon di Perancis, tempat bahan tersebut telah digunakan pada kulit selama berabad-abad, istilah "bentonit" mengacu pada sumber tanah liat terbesar saat ini di Fort Benton, Wyoming.

Cara Kerja Bentonite Clay

Saat mengering setelah dicampur dengan cairan, tanah liat bentonit menciptakan sensasi tarikan lembut yang membantu pengangkatan sel kulit mati. Kemampuannya untuk menyeimbangkan tingkat pH mendukung pelindung kulit yang sehat, sementara pertahanannya terhadap bakteri menjadikannya solusi efektif untuk mengatasi jerawat dan menenangkan kulit yang teriritasi. Kaya akan magnesium dan kalsium, bentonite clay juga memberikan nutrisi yang luar biasa untuk kulit.

Manfaat Bentonite Clay untuk Kulit

Ciri khas tanah liat bentonit adalah sifat detoksifikasinya, namun manfaatnya lebih dari itu. Inilah manfaat lain dari bentonite clay untuk kulit Anda.

1. Menyerap minyak berlebih

Kemampuan tanah liat dalam menyerap minyak berlebih membuatnya ideal bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat

2. Mengurangi pori-pori membesar

Sifatnya yang menyerap juga berarti memiliki efek mengencangkan kulit untuk sementara dan membantu meminimalkan munculnya pori-pori yang menonjol.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi

Keuntungan lain bagi mereka yang berjuang melawan jerawat, tanah liat bentonit secara alami bersifat anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan peradangan jerawat, jelas Fahs. Kadang-kadang juga digunakan untuk meredakan dermatitis dan bahkan ruam popok, tambah Jeffy.

4. Efek anti-penuaan

Mineral yang ditemukan dalam tanah liat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas akibat sinar ultraviolet yang berkontribusi pada penampilan yang menua. Dokter kulit Brooke Grant Jeffy mengutip sebuah penelitian yang menemukan penggunaan tanah liat topikal untuk meningkatkan produksi kolagen pada tikus. Hal ini mungkin berarti beberapa efek anti-penuaan pada manusia, menurutnya.

5. Membuat tampilan kulit matte

Jika Anda ingin mengurangi kulit berminyak (terutama sebelum merias wajah), menggunakan produk bentonite clay, seperti masker wajah, akan sangat membantu. Menyerap minyak dan dapat memberikan tampilan matte pada kulit.

Efek Samping Bentonite Clay

Sensitivitas atau reaksi selalu mungkin terjadi, meskipun sejauh menyangkut efek samping, penggunaan tanah liat bentonit secara topikal lebih kecil kemungkinannya menyebabkan masalah keamanan dibandingkan dengan menelan bahan tersebut, kata dokter Jeffy. Untuk memeriksa apakah Anda sensitif terhadap produk tersebut, lakukan uji tempel kecil pada lengan bagian dalam sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Jika terjadi iritasi, hentikan penggunaan.

Siapa yang Perlu Menggunakan Bentonite Clay?

Secara umum, bentonite clay paling baik digunakan bagi mereka yang memiliki kulit lebih berminyak, karena terbukti terlalu mengeringkan bagi siapa pun yang memiliki kulit lebih kering. Jika Anda sudah mengalami masalah seperti kulit terkelupas, eksim, atau psoriasis, Anda disarankan untuk menghindari bahan ini.

Bentonite clay adalah tanah liat lembut dan mudah menyerap yang kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Sering digunakan sebagai masker wajah mingguan untuk menyerap minyak berlebih dan sebum, mengekstrak komedo, dan mengelupas kulit mati. Bahan pelawan jerawat paling baik untuk jenis kulit berminyak dan tidak boleh digunakan dengan asam pengering atau retinol.

Pilihan Editor: Mengenal Apa Itu Argireline, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."