Resep Pie Bayam Isi Tongkol, Camilan Lezat dan Renyah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pie Bayam Isi Tongkol/Foto: Doc. Umami

Pie Bayam Isi Tongkol/Foto: Doc. Umami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu camilan yang menggoda ialah rasanya gurih dan agak mengenyangkan, salah satunya kamu bisa coba membuat pie bayam isi tongkol. Camilan yang memadukan protein nabati dan hewani yang gurih dan renyah di pinggiran crust. Kalau kamu suka pedas bisa menambahkan irisan cabai atau skip jika tidak suka pedas. 

Resep Pie Bayam Isi Tongkol 

Bahan-Bahan:

Bahan Kulit: 
150 gram margarin 
1/4 sendok teh garam 
1 butir telur 
350 gram tepung terigu protein sedang 
10 lembar (10 gram) daun bayam, diseduh, dicincang kasar 1 sdm air es

Bahan Isi: 
250 gr, daging kan tongkol kukus suwir 
2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya 
1 lembar daun salam 1 cm lengkuas, dimemarkan 
3 tangkai kemangi, dipetiki 
1 buah tomat, dicincang kasar 100 ml 
Santan sedang 1 bungkus 
Bumbu penyedap cair Kaldoplus
1/4 sdt merica bubuk 
1/2 sdt gula pasir

Bumbu Halus: 1 siung bawang putih 3 butir bawang merah 4 buah cabai merah keriting 1/2 cm kencur 1/2 sendok teh terasi, dibakar

Cara Membuat: 

1. Isi : Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan tomat sampai harum. Masukkan suwiran ikan. Aduk rata. 

2. Tambahkan Masako Kaldu Jamur, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang santan. Masak sampai matang dan meresap. Masukkan daun Kemangi Aduk rata. Angkat dan sisihkan. 

3. Kulit: aduk rata bahan kulit sampai bergumpal. Diamkan dalam lemari es 10 menit. 

4. Ambil sedikit adonan kulit. Cetak di cetakan pai, tusuk-tusuk dengan garpu, oven 10 menit, Beri isi. Cetak sisa kuilt dengan cetakan bulat. Letakkan diatas pai. Oleskan kuning telur. Oven 15 menit sampai matang.

Masak dengan Bumbu Kaldu Penyedap Cair

PT Ajinomoto Indonesia luncurkan varian produk terbarunya Kaldoplus untuk memenuhi kebutuhan pasar industri hotel, restoran, dan katering (Horeka) di Indonesia dan memberikan solusi terbaik sebagai pengganti kaldu ayam buatan sendiri yang lebih praktis dan ekonomis. Kaldoplus menjadi salah satu produk yang membantu melezatkan berbagai menu masakan melalui pemanfaatan teknologi yang dimiliki Ajinomoto dan dapat membantu memperluas bisnis Horeka (food service).

Kaldoplus merupakan bumbu kaldu penyedap cair dengan ekstrak daging ayam, yang dapat meningkatkan rasa dan aroma ayam, seperti kaldu ayam buatan sendiri, dibuat dengan ekstrak daging ayam berkualitas dan bahan baku khusus, menggunakan teknologi asam amino. 

"Sebagai bumbu dasar kaldu dapat digunakan sebagai solusi bagi industri hotel, restoran, katering, dalam membuat kaldu ayam yang praktis, serta rasa dan aroma yang lebih kuat," ujar Ryo Nakamura, Head of Horeka Dept - PT Ajinomoto Indonesia melalui siaran pers, Senin, 3 Juni 2024. 

"Kaldoplus dapat digunakan sebagai pengganti kaldu ayam buatan sendiri. Umumnya, untuk membuat kaldu ayam buatan sendiri, dibutuhkan perebusan ayam selama +/- 2 jam, sedangkan penggunaaan Kaldoplus sebanyak 3 persen dari total jumlah air (direbus selama 10 menit) dapat menghasilkan intensitas aroma dan rasa yang setara dengan perebusan selama +/- 2 jam, sehingga membuat kaldu ayam menjadi lebih praktis dari segi waktu dan bahan yang digunakan, dan tentunya dari segi biaya pun jadi lebih ekonomis," lanjutnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berfokus pada kelezatan dan kesehatan.

Pilihan Editor: 5 Resep Es Buah yang Cocok untuk Cuaca Panas, dari Mangga hingga Alpukat

DAPUR UMAMI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."