Rekomendasi Liburan Tengah Tahun, Wisata Arung Jeram di Sungai Cipager Cirebon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tubing Cirebon di Sungai Cipager, Desa Kubang, Kecamatan Talun, Cirebon (Instagram/@tubingcirebon_

Tubing Cirebon di Sungai Cipager, Desa Kubang, Kecamatan Talun, Cirebon (Instagram/@tubingcirebon_

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak terasa kita sudah masuk di pertengahan tahun 2024. Jika sedang bersiap merencanakan liburan tengah tahun dan Anda pecinta alam dan adrenalin, wisata arung jeram atau wisata tubing di Sungai Cipager bisa jadi pilihan.

Dengan menggunakan ban karet, pengunjung bisa meliuk-liuk, merasakan keseruan berselancar menyusuri arus Sungai Cipager sepanjang lebih kurang 350 meter. 

Untuk menyusuri sungai yang terletak di Kabupaten Cirebon ini, pengunjung dilengkapi dengan alat keselamatan seperti pelampung dan helm. Di sepanjang lintasan, petugas pun terlihat berjaga untuk memantau keselamatan pengunjung.  

“Wisata arung jeram ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi sempat terhenti,” ucap Kepala Desa Kubang, Wawan Karyawan, Sabtu, 1 Juni 2024. 

Kini, lanjut Wawan, wisata arung jeram kembali dibuka karena dapat memberikan nilai lebih untuk masyarakat. “Sekarang dikelola oleh Bumdes,” tutur Wawan.

Untuk menikmati wisata ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek senilai Rp30 ribu untuk membeli tiket.  

Ke depannya, pengelola Tubing Cirebon akan mengembangkan wisata di desa mereka, seperti membuat camping ground, flying fox, dan permainan lainnya. 

Diusulkan masuk program prioritas Cirebon

Keseriusan warga Desa Kubang mengembangkan potensi Sungai Cipager di wilayah mereka disambut baik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon.

“Kami sudah mengusulkan kepada Bapelitbangda untuk peningkatan destinasi wisata di Kabupaten Cirebon, khususnya desa wisata agar masuk dalam program prioritas,” tutur Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudpar, Syafrudin Aryono. 

Syafrudin pun bersyukur karena pada 2025 mendatang Bapelitbangda memberikan kesempatan Disbudpar Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama mengentaskan Desa Kubang dengan potensi arung jeram ini. Ada pun pengembangan wisata di antaranya dengan pembangunan fasilitas permainan flying fox, pembangunan camping ground, pengadaan sarana dan prasarana river tubing dan menyediakan pembangunan spot yang Instagramable.

“Kami juga mendorong dinas terkait seperti PUTR, Dishub (Cirebon) dan lainnya untuk terlibat dalam pengembangan wisata di Desa Kubang ini,” tutur Syafrudin. 

Pilihan Editor: Suka Liburan? Berikut 5 Etika Berwisata yang Perlu Kamu Tahu

RMN IVANSYAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."