Akhir Pekan, Semasa Piknik Kembali Digelar di Lapangan Banteng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sejumlah pengunjung Semasa Piknik di apangan Banteng, Jakarta, Jumat, 31 Mei 2024 (Antara)

Sejumlah pengunjung Semasa Piknik di apangan Banteng, Jakarta, Jumat, 31 Mei 2024 (Antara)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut ulang tahun Jakarta, acara atau event tahunan Semasa Piknik kembali digelar mulai 31 Mei hingga 2 Juni 2024. Piknik di tengah kota ini digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Acara ini menggabungkan komunitas ekonomi kreatif, pelaku seni budaya, dan pecinta sejarah yang bertemakan piknik. Siapa pun boleh mengikuti acara piknik ini secara gratis. 

Di Lapangan Banteng, pengunjung bisa duduk beralas tikar di atas rumput. Meski di lapangan terbuka, suasana tidak terlalu panas karena pengunjung bisa memilih duduk di bawah pepohonan.   

Sambil piknik, pengunjung bisa jajan berbagai produk makanan atau kerajinan. Ada sekitar 200-an brand berpartisipasi dalam acara tersebut yang kebanyakan adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sekitar 60 persen UMKM itu menjajakan produk kuliner, dan sisanya produk ekonomi kreatif seperti fashion, kerajinan tangan, perhiasan, serta peralatan tulis. 

Top 10 KEN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir dalam pembukaan Semasa Piknik pada Jumat, 31 Mei 2024 mengatakan bahwa acara ini menjadi salah satu Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

“Lebih 3.500 event yang kami pantau, 100 yang kami kurasi dan 10 yang terbaik dan event ini salah satu Top 10, kenapa terpilih dari keunikan konsep, inovasi, peningkatan kualitas dan pelaksanaan dari tahun ke tahun, dan salah satunya inovasinya tentang green event,” katanya seperti dilansir dari Antara

Potensi hadirkan 85.000 Pengunjung

Acara pembukaan kemarin juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Dia mengungkapkan kegiatan luar ruang seperti piknik dengan menghadirkan produk-produk ekonomi kreatif dalam negeri mampu menarik kunjungan wisata sebanyak 85.000 orang pengunjung.

"Dengan adanya kegiatan luar ruang ini menambah keragaman aktivitas untuk teman-teman, masyarakat untuk berwisata. Bakal ada (target) pengunjung sekitar 85.000, harapannya, semoga tercapai," ujar Angela. 

Dia memperkirakan, perputaran uang dalam gelaran Semasa Piknik ini mencapai sekitar Rp17 miliar. Ini berasal dari pengeluaran pengunjung pasar produk kreatif (creative market) sebesar Rp100.000 hingga Rp200.000 per orang. 

Pilihan Editor: Piknik di Rumah Bisa Jadi Obat Anti Sumpek dengan Keluarga, Siapkan 4 Hal Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."