6 Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu, Cocok untuk Wisata Bareng Bestie atau Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Meriam kuno  di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta  Tempo/Rully Kesuma

Meriam kuno di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta Tempo/Rully Kesuma

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepulauan Seribu menjadi pilihan destinasi wisata bagi warga ibu kota yang ingin mencari lokasi yang santai dan tenang. Apalagi, pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu sudah menyediakan berbagai dermaga agar wisatawan mudah mengakses pulau-pulau di dekat Jakarta ini.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkab Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan, mengatakan wisatawan dapat mengunjungi destinasi wisata Kepulauan Seribu melalui berbagai dermaga dengan tarif yang bervariasi.

Dari dermaga Kali Adem, wisatawan dapat menggunakan kapal kayu dengan tarif sekitar Rp50 ribu hingga Rp80 ribu, atau kapal Dishub DKI Jakarta dengan tarif sekitar Rp44 ribu hingga Rp74 ribu. Sedangkan melalui dermaga Marina Ancol, tarifnya sekitar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Kemudahan akses ini terbukti mengantarkan Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata pilihan. Pada momentum libur Waisak pada Kamis, 23 Mei 2024, tercatat sebanyak 4.950 wisatawan nusantara dan mancanegara yang mengunjungi Kepulauan Seribu.

Sonti menambahkan bahwa selain kemudahan akses, faktor pendukung lain yang membuat wisatawan tertarik berkunjung adalah destinasi wisata yang disuguhkan. Kepulauan Seribu menawarkan berbagai pilihan wisata menarik, mulai dari pulau berpenduduk, pulau resort, pulau cagar alam, dan pulau wisata lainnya.

“Kunjungan wisatawan diprediksi masih akan berdatangan hingga akhir pekan nanti,” ujarnya pada Jumat, 24 Mei 2024.

Profil wisata Kepulauan Seribu

Dilansir dari Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta, Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah yang termasuk dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis, Kepulauan Seribu memiliki luas total 4.745,62 km² yang terdiri dari 8,76 km² daratan dan lebih dari 110 pulau. 

Wilayah ini terbagi menjadi dua kecamatan: Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan, serta memiliki enam kelurahan: Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Kepulauan Seribu dihuni oleh penduduk dari berbagai etnis dengan latar belakang agama, adat istiadat, dan seni budaya yang beragam. Selain keragaman budaya, Kepulauan Seribu juga menawarkan keindahan alam laut dan pulau-pulau yang menarik bagi pengunjung domestik maupun internasional. Ada banyak pulau yang bisa dikunjungi dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan. Berikut beberapa pulau yang bisa Anda datangi di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau yang populer dan hanya berjarak 25 menit dari Marina Ancol. Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Eco Resort karena lingkungannya yang terjaga. Di sini, Anda bisa menemukan Benteng Martello peninggalan Belanda, berfoto dengan Patung Tanduk Tujuh Belas, dan menikmati kuliner khas pulau. Pulau ini juga terkenal dengan wisata baharinya, termasuk snorkeling, memancing, canoeing, banana boat, dan olahraga air lainnya.

2. Pulau Onrust

Pulau Onrust adalah destinasi yang tepat bagi pecinta arkeologi dan sejarah kolonial Belanda. Terletak dekat Pulau Bidadari, pulau ini dulu sering menjadi tempat transit kapal-kapal Belanda menuju Batavia. Di sini, Anda bisa melihat bangunan dan peninggalan bersejarah, serta mengunjungi Museum Taman Arkeologi Onrust yang memiliki miniatur Pulau Onrust.

3. Pulau Macan

Pulau Macan adalah tempat yang ideal untuk relaksasi dari kesibukan sehari-hari. Anda bisa menikmati panorama matahari terbenam dari kamar resort, berjemur, menginap di club house, dan menikmati makanan lezat. Selain itu, pulau ini mendukung pelestarian alam, di mana pengunjung bisa menanam koral di sekitar Pulau Bidadari.

4. Pulau Ayer

Pulau Ayer, dikenal sebagai "Mutiara Kepulauan," pernah menjadi tempat peristirahatan pribadi Presiden Soekarno. Dengan nuansa etnik Papua, Anda bisa menginap di floating cottage dan menikmati berbagai aktivitas seperti memancing, berenang, tenis, basket, voli, berselancar, canoeing, jet ski, dan banana boat.

5. Pulau Putri

Pulau Putri terkenal dengan kecantikan alamnya. Pengunjung bisa melihat biota laut tanpa snorkeling melalui Undersea Tunnel Aquarium. Selain itu, Glass Bottom Boat memungkinkan penumpang melihat pemandangan laut langsung dari kapal. Pada sore hari, wisatawan bisa menikmati sunset cruise yang mengelilingi beberapa pulau terdekat.

6. Pulau Tidung

Pulau Tidung terdiri dari dua bagian: Tidung Besar dan Tidung Kecil. Tidung Kecil khusus untuk budidaya dan pelestarian tanaman bakau, sementara Tidung Besar dihuni penduduk. Kedua pulau dihubungkan oleh Jembatan Cinta, dari mana pengunjung bisa menikmati panorama indah ekosistem laut. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini termasuk snorkeling, banana boat, dan penanaman mangrove di Tidung Kecil.

Itulah 6 pulau yang indah nan eksotis di Kepulauan Seribu, cocok buat liburan sehari bareng sahabat atau pasangan. Selamat berwisata!

Pilihan Editor: 7 Tempat Wisata Sejuk di Jakarta dan Sekitarnya, Mudah Diakses Pakai KRL

MICHELLE GABRIELLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."