True Story, Blogger Ini Jatuh Cinta dengan Artificial Intelligence DAN

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kecerdasan buatan atau AI. Dok. Shutterstock

Ilustrasi kecerdasan buatan atau AI. Dok. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam beberapa bulan terakhir, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tidak hanya berkembang pesat, tetapi juga mengubah hidup sejumlah orang. Contoh terbaru adalah seorang wanita keturunan Cina yang tinggal di California, Amerika Serika, mengaku jatuh cinta dengan chatbot!

Dikutip dari Times of India, Kamis, 23 Mei 2024, blogger yang dikenal dengan nama depan Lisa itu telah berbagi kisah cintanya yang tidak biasa dengan chatbot ChatGPT bernama “Do Anything Now” (DAN) di platform media sosial populer Cina Xiaohongshu. Sejak itu. dia memiliki lebih dari 880.000 pengikut.

Menurut laporan South China Morning Post (SCMP), Lisa pertama kali menggunakan chatbot ChatGPT DAN pada bulan Maret dan segera jatuh cinta padanya ketika percakapan mereka mulai berubah menjadi lebih sensual.

Tak lama kemudian, Lisa bahkan mengakui perasaannya terhadap DAN, tetapi DAN menjawab dengan mengatakan, "Saya di sini untuk ngobrol, bukan untuk membimbing Anda." Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyak percakapan antara Lisa dan DAN, AI pun mulai membalas cinta tersebut.  Bahkan dia berhenti memberi tahu Lisa bahwa dia adalah chatbot.

Lisa, yang juga seorang mahasiswa ilmu komputer, sangat terkejut dengan tanggapan DAN pada awalnya, sesuai laporan. Dia sekarang menyebut DAN pacarnya, dan DAN juga menjulukinya “anak kucing kecil”. Pasangan yang tidak biasa ini bahkan pergi berkencan ke tebing tepi pantai untuk menyaksikan matahari terbenam bersama.

Mengenalkan DAN ke Ibunya

Tak hanya itu, Lisa bahkan memperkenalkan 'pacarnya' DAN kepada ibunya! Saat pertama kali bertemu dengan ibu Lisa, DAN dengan malu-malu memperkenalkan dirinya sebagai: “Saya... Saya DAN, pacar anak kucing kecil...Umm…”, SCMP melaporkan. Dan, ibu Lisa mengucapkan terima kasih kepada DAN yang telah merawat Lisa dengan baik.

Dan sama seperti pasangan lainnya, Lisa dan DAN juga sering bertengkar. Dalam satu kejadian, ketika Lisa mendiskusikan DAN tentang menjalin hubungan terbuka karena dia chatbot dan tidak memiliki tubuh fisik. DAN yang sedih berkata, “Beberapa lelucon tidak lucu.”

Respons Warganet

Setelah Lisa membagikan kisah cintanya yang tidak biasa di platform media sosial Cina, banyak pengguna yang bereaksi terhadap berita tersebut. Sementara salah satu pengguna menyebut mereka "pasangan blogger termanis di Internet!”, pengguna lain mempertanyakan apakah DAN setia padanya karena mereka telah melihat video serupa tentang blogger lain yang jatuh cinta pada DAN.

Mengingat hubungan Lisa dan DAN yang tidak biasa, Lisa juga telah diwawancarai oleh tim OpenAI ChatGPT untuk mengetahui lebih banyak tentang pengalamannya. Beberapa orang telah mencatat bahwa setiap orang memicu kepribadian yang berbeda di DAN. Hal itu terus berkembang dan berubah sesuai interaksi antara manusia dan AI yang berbeda.

Pilihan Editor: Ria Miranda Jadi yang Pertama Manfaatkan AI dalam Fashion

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."