3 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga secara Efektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga keharmonisan rumah tangga kerap jadi tantangan oleh setiap pasangan. Salah satu hambatan utamanya adalah kurangnya komunikasi yang efektif, terutama saat ego dan gengsi menghalangi kemampuan untuk saling terbuka dan memahami satu sama lain.

Kreator konten dan influencer yang juga seorang suami, Ardo Sebastian, mengatakan masalah miskomunikasi sempat menjadi tantangan bagi rumah tangganya. "Miskomunikasi akibat ego dan gengsi dalam rumah tangga," katanya dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 7 Mei 2024. 

Ardo dan istrinya, Adinda membagikan beberapa kisah perjalanan hubungan mereka melalui saluran YouTube Mister Golo. “Terkadang meminta maaf itu yang sulit waktu di awal-awal pernikahan”, ujar Ardo.

Dia juga menambahkan bahwa ego dan gengsi sering menjadi penghalang untuk meminta maaf dan menyelesaikan konflik. Namun, dengan kehadiran seorang anak dalam rumah tangga, mereka belajar untuk menurunkan ego dan menjadi lebih terbuka satu sama lain.

Adinda menekankan pentingnya berbicara secara terbuka tentang segala hal, termasuk urusan ranjang, karena hal ini dapat memengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Berikut tiga tips menjaga keharmonisan rumah tangga secara efektif.

1. Komunikasi yang baik

Dokter Spesialis Andrologi Seso Sulijaya Suyono memberikan tiga tips untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. “Yang paling penting pertama adalah komunikasi yang baik adalah kunci," katanya.

Seso mengajak para pasangan untuk lebih terbuka dengan pasangan masing-masing. Entah apa yang dibutuhkan, apa pula yang enggan mereka miliki.

2. Ekspresikan cinta

Tips kedua, Seso mengingatkan bahwa kehidupan rumah tangga tidak melulu tentang seks. "Banyak ekspresi cinta yang lain. Misalnya pelukan, ciuman, itu sudah luar biasa," katanya. 

Artinya, para pasangan bisa melakukan eksplorasi yang banyak dalam mengungkapkan cinta mereka. 

3. Konsultasi ke ahli bila diperlukan

Tips penting ketiga yang diingatkan Seso adalah agar para pasangan tidak sungkan bila ada masalah, baik dalam hubungan fisik atau hubungan psikis. "Konsultasi ke pihak yang tepat atau ke ahlinya”, kata Seso.

Business Unit Director Golo Daniel Cahyadi mengatakan komunikasi dan keterbukaan antarpasangan adalah kunci utama dalam membangun hubungan yang baik.

Pilihan Editor: Mudik ke Rumah Arie Kriting, Indah Permatasari Buat Pesta Ulang Tahun Buat Suami

MITRA TARIGAN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."