Panduan Praktis Tes IELTS untuk Dapatkan Beasiswa Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda berencana untuk melanjutkan studi salah satunya dengan beasiswa luar negeri, bekerja, dan bermigrasi terutama ke negara-negara berbahasa Inggris seperti Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Amerika Serikat, biasanya Anda diharuskan mengikuti tes IELTS atau International English Language Testing System. 

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mempersiapkan tes IELTS dan mendapatkan skor yang diinginkan. Seharusnya tidak terlalu sulit. Tes adalah serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mengetahui kemampuan Anda dalam berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis bahasa Inggris. 

Pentingnya persiapan IELTS yang komprehensif

Persiapan yang matang untuk IELTS dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada performa tes Anda. IDP, bekerja sama dengan Macquarie University, menawarkan persiapan IELTS online yang komprehensif, memastikan Anda memiliki akses ke sumber daya dan materi berkualitas tinggi. Dengan kursus seperti itu, Anda dapat belajar sesuai keinginan, menggunakan berbagai materi persiapan IELTS online untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang format tes dan jenis pertanyaan. Nikmati kemudahan mempersiapkan IELTS dengan kursus online dan sumber daya yang tersedia secara mudah. 

Kursus persiapan IELTS online 

Memaksimalkan skor IELTS Anda melibatkan pendekatan strategis dalam persiapan. Berikut adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan untuk melalui proses tersebut: 

1. Pahami jenis tes

Untuk mengoptimalkan persiapan IELTS Anda, penting untuk memahami tes IELTS secara spesifik yang sejalan dengan tujuan Anda. Ada dua jenis utama tes IELTS, masing-masing memiliki tujuan berbeda: 

IELTS Academic – Versi ini dirancang bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di tingkat sarjana atau pascasarjana atau untuk pendaftaran profesional di negara-negara berbahasa Inggris. Tes ini menilai apakah Anda siap untuk mulai belajar atau berlatih di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. 

IELTS General Training – Dirancang untuk individu yang berencana bermigrasi ke negara berbahasa Inggris atau bagi mereka yang ingin mengikuti pelatihan non-akademik atau mendapatkan pengalaman kerja, modul ini mengevaluasi keterampilan dasar bertahan hidup dalam konteks sosial dan tempat kerja yang luas. 

2. Latihan dengan contoh soal IELTS: 

Mulailah terlibat dalam pemecahan masalah secara aktif dengan berbagai soal latihan untuk mempertajam keterampilan mengerjakan tes Anda di luar kelas. Mengerjakan contoh tes juga dapat membiasakan Anda dengan waktu dan tekanan ujian yang sebenarnya. Gunakan buku persiapan IELTS yang disediakan pada saat pendaftaran tes, atau Anda dapat mengakses contoh tes IELTS IDP untuk pengalaman latihan yang komprehensif. 

3. Menerapkan latihan praktis

Di luar ruang kelas, penting untuk mengintegrasikan bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-hari. Biasakan membaca media berbahasa Inggris, berlatih berbicara dengan penutur asli, dan menulis dalam bahasa Inggris bila memungkinkan. Penerapan dalam dunia nyata ini memperkuat pembelajaran di kelas dan meningkatkan kefasihan berbahasa, yang sangat penting untuk mendapatkan skor IELTS yang lebih tinggi. 

Tips dan strategi untuk setiap bagian IELTS 

Saat mempersiapkan tes IELTS, memahami format tes IELTS sangatlah penting. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi belajar untuk setiap bagian tertentu, meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi. Berikut gambaran singkat tentang apa yang harus menjadi fokus di setiap bagian: 

Bagian (a) – Tes Writing (Menulis):

Bagian penilaian IELTS ini berfokus pada keterampilan inti dari Listening (Mendengarkan), Reading (Membaca), dan Writing (Menulis): 

Listening: Bagian ini terdiri dari empat rekaman penutur asli bahasa Inggris dan menulis jawaban atas serangkaian pertanyaan. Latih keterampilan mendengarkan aktif dengan beragam aksen bahasa Inggris. Buat catatan dan belajar mengantisipasi jawaban dengan memahami jenis pertanyaan. 

Reading: Bagian ini mencakup tiga teks panjang, mulai dari deskriptif dan faktual hingga diskursif dan analitis. Teks tersebut dapat diambil dari buku, jurnal, majalah, dan surat kabar. Kembangkan teknik skimming dan scanning untuk menemukan jawaban dengan cepat. Berlatihlah mengidentifikasi kata-kata yang diparafrasekan dan sinonimnya. 

Writing: Tugas IELTS Writing menilai keterampilan menulis Anda dalam konteks yang berbeda. Tugas 1 untuk tes Academic memerlukan respons deskriptif terhadap bagan atau grafik, sedangkan untuk General Training, Anda akan menulis surat situasional. Tugas 2 untuk keduanya melibatkan penulisan esai tentang topik tertentu, menguji kemampuan Anda untuk berdebat atau berdiskusi. Agar sukses dalam IELTS Writing, berlatihlah menyusun respons yang jelas dan koheren serta menggunakan kosakata yang beragam Anda agar mahir menangani jenis penulisan deskriptif dan argumentatif. 

Bagian (b) – Tes Speaking (Berbicara): 

Bagian ini mengevaluasi kemahiran bahasa Inggris lisan melalui wawancara terstruktur, yang terbagi dalam tiga bagian dengan penguji bersertifikat: 

Speaking: Pada bagian speaking, peserta tes akan diminta berbicara langsung dengan penguji dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanyai beberapa pertanyaan tentang diri mereka sendiri dan suatu topik. Biasakan berbicara dalam bahasa Inggris secara teratur untuk meningkatkan kemampuan Anda. Rekam diri Anda untuk menilai seberapa jauh kemampuan Anda. Berlatih berbicara tentang berbagai topik dan kembangkan kemampuan untuk mengekspresikan dan mengutarakan pendapat. 

Untuk mendapatkan skor yang terbaik, persiapan tes IELTS yang maksimal adalah hal yang terpenting. Sesi latihan rutin sangat bermanfaat untuk memperkuat kemampuan bahasa Inggris Anda dan membangun kepercayaan diri saat ujian. Baca tips tes kami sekarang untuk membantu persiapan tes IELTS Anda. 

Sistem penilaian IELTS 

Membiasakan diri dengan bagaimana setiap bagian IELTS dievaluasi memberi Anda wawasan penting tentang apa yang dicari penguji. Pengetahuan ini membantu persiapan, memungkinkan Anda untuk fokus pada area yang dapat meningkatkan skor band. Memahami sistem penilaian sangat penting baik Anda ingin memenuhi persyaratan khusus untuk penerimaan universitas, sertifikasi profesional, atau keperluan visa. Pelajari lebih lanjut tentang sistem penilaian IELTS. 

Pahami biaya tes IELTS 

Biaya tes IELTS dapat berbeda-beda tergantung lokasi dan jenis tes (Academic atau General Training). Penting bagi peserta tes untuk mengetahui biaya yang harus dianggarkan dengan tepat dan memahami pilihan untuk mengikuti tes ulang jika diperlukan. Cari tahu lebih lanjut tentang biaya tes IELTS. 

Pilihan Editor: Pendaftaran Dibuka Mei 2024, Berikut 10 Beasiswa Luar Negeri untuk Kuliah S1, S2, dan S3

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."