Kreasi Resep Churros, dari Manis Legit hingga Gurih Lezat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Churros yang merupakankan camilan manis ini berasal dari Spanyol, menjadi salah satu makanan yang tren selama 2021. Churros semakin dikenal setelah menjadi tren di Korea Selatan. Shutterstock

Churros yang merupakankan camilan manis ini berasal dari Spanyol, menjadi salah satu makanan yang tren selama 2021. Churros semakin dikenal setelah menjadi tren di Korea Selatan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Renyah di luar, lembut dan kenyal di dalam, camilan churros adalah impian makanan gorengan dengan gaya fancy. Sebuah makanan khas pasar raya, mereka menikmati momen di bawah sinar matahari dengan Seni Mike Faist dan adegan churro Patrick karya Josh O'Connor.

Adonan goreng Spanyol yang sering bepergian ini mungkin membingungkan para sejarawan makanan tentang asal-usulnya, namun kini adonan tersebut diterima secara universal sebagai makanan penutup Meksiko ketika orang Spanyol membawanya pada Inkuisisi tahun 1950-an. Ini cocok untuk perayaan Cinco De Mayo di Meksiko

Churros tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, diisi atau dengan saus di sampingnya. Untuk membuat suguhan manis ini, pertama-tama buatlah kue choux dengan cara memasak Maida dalam air mentega rasa vanilla. Pasta tersebut kemudian diangkut ke dalam pipping bag dan adonan berbentuk batang panjang digoreng. Sedangkan saus seperti Dulce de leche, susu atau dark chocolate, kolak buah atau es krim bisa disajikan dengan churros yang sudah digulung dalam campuran gula kayu manis.

Tidak hanya manis, kini churros pun bertransformasi dengan kreasi resep gurih pagi pecinta kuliner yang menyukai savory taste.

Camilan manis yang legit dan menyenangkan

Churros Spanyol dicocol dengan cokelat kental. Perpaduan churros dengan cokelat ini muncul, diduga setelah Spanyol menaklukkan Suku Aztec. Foto: @123_spaans

Chef Beena Noronha, yang memimpin Lyla, BKC, menyajikan churros raksasa di restorannya yang terinspirasi dari Meksiko-California. Monstruo Churro dipadukan dengan saus cokelat hitam, krim hazelnut, dan es krim karamel asin. Dia berkata, “Churronya renyah di luar, pucat dan lengket di dalam. Ini adalah hidangan khas kami dan cara sempurna untuk mengakhiri makan.”

Kombinasi makanan penutup populer lainnya adalah sandwich es krim churros. Satu atau dua sendok es krim yang diapit di antara dua churros melingkar yang hangat menciptakan kontras tekstur yang memuaskan. Bagian luar churros yang hangat dan renyah melengkapi es krim yang dingin dan lembut di dalamnya.

Di Bombay Sweet Shop, cita rasa gulab jamun yang familiar disajikan dengan sentuhan unik - dalam churros. “Dengan kreasi terbaru kami, Gulab Jamun Churros, kami telah menata ulang hidangan penutup India tercinta menjadi hidangan penutup yang tidak pernah Anda duga keberadaannya. Dibuat dengan mawa, adonan tanpa telur kami digoreng hingga berwarna keemasan dan direndam dalam sirup gula kunyit seperti gulab jamun tradisional. Untuk menambahkan sentuhan kontemporer, kami melengkapinya dengan sedikit garam laut,” ujar Chief Mithaiwala Girish Nayak. Disajikan dengan sempurna dengan saus coklat putih pistachio, saus krim vanilla, atau saus coklat hitam lada Malabar.

Citarasa gurih yang lezat

Meskipun kita mungkin mengetahuinya sebagai makanan penutup, churros berasal dari Tiongkok kuno sebagai camilan goreng gurih yang disebut youtiao. Konon para pedagang Portugis, untuk membuatnya sendiri, melapisinya dengan gula, bukan garam. Ini menjadi camilan populer bagi para penggembala Spanyol, yang kemudian menamakannya churro, diambil dari nama tanduk domba churra yang mereka rawat. Maka tak heran jika para chef terinspirasi untuk membuat adonan goreng emas yang gurih ini.

Kontestan MasterChef India musim 6, Chef Natasha Gandhi Grover bereksperimen dengan churros yang terinspirasi dari dal baati churma. “Bagian MasterChef di otak saya terus memikirkan dan menemukan cara untuk berinovasi pada resep tradisional. Untuk churros, dal baati churma mencentang semua kotak. Renyah, diisi dengan ghee, dan kombinasi manis dan gurih yang luar biasa. Ia menjelaskan cara ia memanggang churro yang terbuat dari adonan dal baati. Tanah churma juga dibuat dengan churro panggang yang sama. “Saya membuat dal dan menghaluskannya. Churro disajikan dengan dal sebagai saus celup bersama dengan ghee quenelle asap,” tambahnya.

Di Lyla, Chef Noronha menyajikan churro Aji Lima yang “menawarkan perpaduan rasa tajam, pedas, dan gurih”. Churro dibumbui dengan bubuk cabai, kulit jeruk nipis, dan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih dan sedikit pedas. Dia berkata, “Kombinasi rasa ini melengkapi kekayaan adonan gorengnya. Dengan tambahan bumbu dan bumbu, menciptakan rasa yang kompleks dan unik dibandingkan churro manis tradisional.” Hidangan pembuka ini, dengan perpaduan pedas dan jeruk yang menggiurkan, menjadi camilan yang berkesan.

Pilihan Editor:  5 Kreasi Resep Buah Mangga yang Cocok untuk Cuaca Panas

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."