Jalani Upacara Mepamit Bersama Rizky Febian, Intip Pesona Mahalini Berbalut Kebaya Bali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mahalini dalam balutan kebaya Bali rancangan Asky Febrianti saat menjalani upcara Mepamit bersama Rizky Febian/Foto: Instagram/Axioo

Mahalini dalam balutan kebaya Bali rancangan Asky Febrianti saat menjalani upcara Mepamit bersama Rizky Febian/Foto: Instagram/Axioo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mahalini dan Rizky Febian menjalani upacara Mepamit yang diselenggaran di kawasan Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali hari ini, Ahad 5 Mei 2024.

Sebelumnya, hal ini telah diungkapkan oleh Klian Dinas Banjar Aseman Kawan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali yaitu I Gede Hardi Raharja dalam wawancara yang ditayangkan AMGO Project melalui kana; Youtube-nya, Kamis 2 Mei 2024.

Ia mengungkapkan berbagai runtutan acara yang akan dijalani oleh pasangan Mahalini dan Rizky Febian. "Runtutan acaranya, pagi kalau istilah Balinya Mepamit ya, abis itu Madharma Suaka abis itu baru resepsi," kata I Gede Hardi Raharja.

Gaya Fashion Mahalini dan Rizky Febian 

Rizky Febian dan Mahalini Raharja melangsungkan upacara adat menjelang hari pernikahan, Ahad, 5 Mei 2024. Foto: Instagram/@rfasmusic

Rekan Mahalini, Reinaldy Putrawan melalui akun pribadinya @reiputrawan terlihat mengunggah momen kebersamaan Mahalini dan Rizky Febian. "Congrats @mahaliniraharja @rizkyfbian," tulis akun itu dengan menambah simbol merpati putih yang diunggah ke cerita Instagramnya. 

Dalam unggahan itu juga, Ayah Rizky Febian, pelawak kondang Ferdian Sutisna atau yang akrab disapa Sule terlihat mendampingi Iky bersama dengan adik-adiknya.

Tak banyak keterangan yang diunggah dalam Instagram Story tersebut, namun ia merekam beberapa video dan fotonya yang menujukkan jika dirinya turut hadir menyaksikan hari bahagia rekannya itu.

Mengutip dari akun Instagram Ida Ayu Cintiya Kencana Dewi dan desainer yang merancang kebaya Mahalini, Asky Febrianti Mahalini tampak menawan saat memakai kebaya Bali kombinasi warna cokelat, hijau olive dan emas.

Untuk melengkapi busananya, penyanyi berusia 24 tahun itu juga memasangkan obi belt khas Bali warna fuschia bercorak jumputan dengan sematan brooch. Kebaya dengan detail beads teersebut dipadukan kain warna coklat muda dengan taburan beads. Lebih lanjut Mahalini juga mengenakan sanggul dan payas agung berwarna emas, sehingga membuat penampilannya makin memesona.

Sementara, Rizky Febian terlihat memakai pakaian berwarna cokelat senada, udeng Bali kombinasi cokelat muda dan emas, dan ditambah aksen keris warna emas di saku sebelah kiri.

Makna Upacara Mepamit

Lantas, apa arti upacara Mepamit yang dijalani Mahalini hari ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Menurut artikel jurnal 'Tinjauan URF Terhadap Tradisi Mepamit Bagi Muallaf Hindu Menjelang Prosesi Perkawinan Islam (Studi Kasus di Desa Semapura Klod Kangin Kab. Klungkung)' Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq karya Rizal Azwan Universutas Islam Negeri, tradisi Mepamit merupakan istilah berpamitan atau perpisahan.

Proses ritualnya dilakukan disanggah atau pura (tempat ibadah bagi agama Hindu) milik calon pengantin perempuan dan disaksikan langsung oleh keluarga, masyarakat, tokoh-tokoh adat serta pemuka agama setempat.

Makna lain dari Mepamit sendiri adalah berpamitan kepada para leluhurnya, karena ingin menikah dengan pasangan yang seagama maupun beragama lain dan dirinya telah menjadi tanggung jawab keluarga pasangannya.

Upacara ini merupakan legasi yang terwariskan dari zaman dahulu. Pasalnya, umat Hindu sangat mempercayai konsepsi relasi yang dikenal sebagai Bhatara Hyang Guru, yang diinterpretasikan sebagai pemberi anugerah cinta dan kasih sayang sepanjang masa selama hidup di dunia.

Oleh sebab itu, ketika ada seseorang yang menetapkan untuk meninggalkan kepecayaan Hindu atau beralih agama, diharuskan menjalani tradisi Mepamit terlebih dahulu.

Rizky Febian dan Mahalini Raharja melangsungkan upacara adat menjelang hari pernikahan, Ahad, 5 Mei 2024. Foto: Instagram/@rfasmusic

Hal ini bertujuan sebagai berpamitan, memohon izin dan maaf apabila selama mereka menjadi umat Hindu melakukan berbagai kesalahan, serta ucapan terima kasih atas hidup yang sangat layak semasa menganut agama Hindu.

Mepamit juga berarti memutus hubungan dengan para leluhur supaya dapat melangsungkan kehidupan yang lebih baik pada keyakinan agama baru yang akan dipilihnya.

Nah, itu dia arti gaya fashion hingga momen upcara Mepamit pasangan selebriti Mahalini Raharja dan Rizky Febian saat menjalani upacara adat di Bali. Semoga menginspirasi ya Sahabat Cantika. 

Pilihan Editor: Potret Prewedding Rizky Febian dan Mahalini, Chic dan Sophisticated Berbalut Bustier

TEMPO.CO | UINKHAS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."