7 Tanda Anda Perlu Trim Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi potong rambut. Pixabay.com

Ilustrasi potong rambut. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kecantikan atau beauty kali ini, kita membahas trim rambut. Perlu diketahui, trim rambut tidak sama dengan memotong rambut yang biasa dilakukan. Karena salah  satu tujuannya mencegah ujung bercabang dan kerusakan, trim rambut hanya memotong sedikit di ujung rambut.

“Trim rambut sering dilakukan untuk menjaga rambut terlihat sehat dan rapi tanpa membuat perubahan signifikan pada panjang atau bentuk keseluruhan gaya rambut,” kata penata rambut selebriti Owen Gould.

Penata rambut Devin Toth menambahkan bahwa trim rambut sering kali dilakukan untuk mempertahankan bentuk potongan rambut Anda sebelumnya—bukan perubahan yang drastis dan besar. Untuk potongan tertentu dengan ujung atau sudut tumpul, seseorang mungkin melakukannya setiap minggu agar gayanya tidak terlihat berantakan atau tidak terstruktur.

Seberapa Sering Perlu Trim Rambut?

Jangka waktu seberapa sering perlunya trim rambut dapat bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada gaya rambut, tekstur, dan perawatan rutinnya. Menurut penata rambut Amy Abramite, jika seseorang terlalu sering melakukan penataan rambut menggunakan alat pengeriting rambut atau mewarnai rambut, ujung rambut bercabang dapat terjadi dalam waktu empat minggu.

Bagi orang lain yang secara alami mengeringkan rambut mereka dan menghindari kebiasaan yang merusak rambut, biasanya trim rambut disarankan 12 minggu setelah pemotongan rambut terakhir.

Tanda Anda Perlu Lakukan Trim Rambut

1. Ujung Rambut Bercabang

Meskipun kita menginginkannya, tidak ada obat ajaib yang benar-benar dapat memperbaiki ujung rambut bercabang. Yang bisa Anda lakukan hanyalah memperpanjang hal yang tak terhindarkan dengan trim rambut.

Meskipun ada produk di pasaran yang dirancang untuk menyatukan ujung rambut Anda untuk sementara, semakin lama Anda menunggu untuk menghilangkan ujung rambut yang tidak sedap dipandang ini, semakin tinggi kemungkinan ujung rambut bercabang akan berubah menjadi helai rambut terbelah yang bahkan lebih rusak. Ujung rambut bercabang adalah salah satu tanda paling jelas bahwa Anda perlu trim rambut.

“Kutikula akan terlihat rusak dan terasa kasar saat disentuh, sulit disisir, dan mudah kusut,” kata Abramite.

Begitu Anda menyadari bahwa Anda memiliki rambut bercabang, jangan abaikan. “Membiarkannya tidak ditangani dapat menyebabkan rambut bercabang hingga ke batang rambut, sehingga menyebabkan lebih banyak kerusakan,” jelas Gould.

2. Rambut Mudah Patah

Jika ujung rambut mudah patah atau terasa renyah dan keras, itu tandanya ujung rambut Anda terlalu kering dan kurang elastis. Dan, itu termasuk tanda Anda perlu trim rambut dalam waktu dekat.

3. Warna Ujung Rambut Lebih Terang

Tanda fisik lain Anda perlu trim rambut adalah warna ujung rambut tampak lebih terang dibandingkan bagian rambut lainnya. Abramite menjelaskan bahwa perubahan warna ini dapat disebabkan oleh keausan akibat penataan panas, faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, atau penggunaan bahan kimia seperti highlight. Bila kamu menemukan tanda itu, lakukan trim rambut.

4. Rambut Mudah Kusut

“Ujung rambut bercabang dan rambut rusak dapat menyebabkan simpul dan kusut, sehingga menyulitkan untuk menyisir atau menata rambut Anda,” jelas Gould. Oleh karena itu, trim ujung rambut yang rusak dapat membuat rambut Anda lebih mudah diatur, lebih mudah diurai, dan tampak lebih sehat.

5. Sudah Lebih dari Tiga Bulan sejak Memotong Rambut Terakhir

Abramite mengatakan seberapa sering Anda perlu trim rambut dapat berbeda-beda pada setiap orang dan bergantung pada rutinitas kecantikan Anda. Namun, secara umum, jika sudah tiga bulan atau lebih sejak pemangkasan terakhir, Anda mungkin bisa mendapatkan manfaat dari trim rambut, yang pada dasarnya adalah pemangkasan mikro, yang hanya menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

6. Bentuk Potongan Rambut Tak Jelas

Jika Anda menyadari bahwa bentuk rambut Anda sudah tidak jelas, inilah saatnya untuk melakukan trim rambut.

7. Rambut Lepek dan Kusam

“Saat rambut Anda lepek, terlihat tak bervolume, dan kusam, mungkin inilah saatnya untuk trim rambut,” kata Gould. Ujung rambut bercabang dan rambut rusak dapat membebani rambut Anda, membuatnya tampak tidak bernyawa dan kurang bervolume. Memangkas ujung rambut yang rusak dapat merevitalisasi rambut dan mengembalikan vitalitas alaminya.

Pilihan Editor: 11 Cara agar Rambut Berkilau, Menurut Penata Rambut Profesional

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."