Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Dubai, Ada Air Mancur dan Danau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kerumunan pengunjung menyaksikan pertunjukan Dubai Fountain di Dubai Mall pada 21 Maret 2024. Pertunjukan air mancur menari dengan iringan cahaya dan musik ini berlangsung setiap 30 menit mulai pukul 18.00 hingga 23.00. TEMPO/Mila Novita

Kerumunan pengunjung menyaksikan pertunjukan Dubai Fountain di Dubai Mall pada 21 Maret 2024. Pertunjukan air mancur menari dengan iringan cahaya dan musik ini berlangsung setiap 30 menit mulai pukul 18.00 hingga 23.00. TEMPO/Mila Novita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan orang mengenal Dubai sebagai destinasi wisata yang mahal. Namun, sebenarnya negara bagian Uni Emirat Arab ini juga memiliki banyak pilihan untuk wisatawan dengan anggaran terbatas atau backpacker. Bahkan, ada tempat wisata di Dubai yang bisa dinikmati secara gratis. Berikut enam di antaranya yang direkomendasikan Shahab Shayan, Director for Asia Pacific and Turkey at Dubai Department of Economy and Tourism (DET).

1. Dubai Fountain 

Saat berada di Dubai, jangan lewatkan pertunjukan air mancur atau fountain di Dubai Mall. Setiap sore, area terbuka di sisi Dubai Mall yang menghadap gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, dipenuhi pengunjung. Mereka menantikan pertunjukan air mancur spektakuler yang diiringi dengan permainan cahaya dan alunan musik. Pertunjukan Dubai Fountain berlangsung setiap 30 menit mulai dari pukul 18.00 hingga 23.00

"Lagu-lagu yang dimainkan bervariasi mulai dari penyanyi lokal Emirati hingga karya-karya internasional," ujar Shahab dalammenjawab pertanyaan tertulis sejumlah jurnalis Indonesia yang berkunjung ke Dubai pada Maret 2024. 

2. Al Fahidi

"Jika Anda mencari wisata budaya gratis, kawasan bersejarah Al Fahidi wajib dicoba, yang diikuti dengan berjalan-jalan di sepanjang area Al Seef dan Sungai Dubai untuk melihat sekilas sejarah Dubai yang begitu kaya," kata Shahab, 

Al Fahidi Historical Neighbourhood merupakan kawasan bersejarah yang dibangun oleh para pedagang tekstil dan mutiara Persia ratusan tahun silam. Di sini terdapat rumah-rumah kuno yang berdiri di tepi Dubai Creek. 

Di sepanjang tepi sungai ini juga terdapat souk atau pasar tradisional yang terkenal di Dubai. "Dulu, para pedagang di kota ini akan melewati tempat ini dalam perjalanan mereka untuk menjual emas, rempah-rempah, dan tekstil, dan produk-produk ini masih bisa ditemukan di souk sampai hari ini," ujar Shahab.

3. Hatta Mountain Bike Trail Centre

Penyuka petualangan perlu mencoba Hatta Mountain Bike Trail Centre. Ini merupakan area yang berada di pegunungan Hatta yang dijelajahi dengan sepeda. Jalurnya buka 24 jam sehari, 365 hari setahun, dan benar-benar gratis untuk digunakan.

Hatta merupakan kota kecil di pinggir Dubai yang berbatasan langsung dengan Oman. Dari pusat kota Dubai, Hatta bisa ditempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan darat. Kota yang tenang ini menjadi surga bagi para pencari petualangan karena di sini juga ada Hatta Kayak dan Hatta Heritage Village. 

4. Menikmati Cakrawala di The Pointe

The Pointe merupakan destinasi tepi laut ikonik di ujung Palm Jumeirah, daratan buatan yang populer di Dubai. Tempat ini menawarkan tempat bersantap, hiburan, dan rekreasi kelas dunia. Dari sini, wisatawan bisa menikmati cakrawala dengan pemandangan hotel dan resor mewah Atlantis The Palm di seberangnya.  

5. Dubai Creek Harbour 

Ini adalah salah satu tempat jalan-jalan sore favorit di Dubai. Di sini terdapat The Viewing Point, dek observasi terbaru di Dubai yang menawarkan pemandangan panorama Dubai Creek dan pusat kota Dubai dengan latar belakang cakrawala yang menakjubkan. Struktur baru ini berupa jalan setapak sepanjang 70 meter yang menonjol 26 meter di atas air dan tinggi 11,65 meter. 

6. Danau Al Qudra

Jika ingin menikmati pengalaman safari di padang pasir, bisa singgah ke Danau Al Qudra. Terletak di Cagar Konservasi Gurun Al Marmoom yang luas, serangkaian oasis di tengah padang pasir ini tak sulit dikunjungi. Di sana terdapat beberapa danau yang dinamai sesuai dengan bentuknya, seperti Love Lake, Moon Lake, dan Expo Lake.

Danau buatan ini paling pas dikunjungi sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika ingin sampai malam, jangan lupa membawa pakaian tebal karena suhunya cukup dingin saat hari mulai gelap.

Itulah beberapa tempat wisata gratis di Dubai, semoga bisa mewarnai agenda perjalanan Anda saat di sana.

Pilihan Editor: Cerita Buka Puasa di Jalanan Dubai, Tradisi Puluhan Tahun

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."