6 Tips Cegah Kulit Berminyak saat Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah berminyak. (W for Woman)

Ilustrasi wajah berminyak. (W for Woman)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal merawat kulit, penting memperhatikan kondisi cuaca agar kulit tetap sehat dan terlindungi. Menghadapi cuaca panas di sejumlah kota di Indonesia seperti sekarang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi juga mencegah minyak berlebih di bawah terik matahari. Karena tingkat kelembapan yang tinggi, kulit kita menjadi sangat berkeringat dan berminyak selama cuaca panas. Berikut tips cegah kulit berminyak saat cuaca panas menurut dokter kulit ShauryaThakran dan pendiri Rakshaa Aesthetics.

1. Ganti pembersih

Membersihkan wajah adalah langkah yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit dan selama cuaca panas Anda perlu menggunakan pembersih yang membantu mengatur produksi sebum pada kulit. Pilihlah pembersih berbusa daripada pembersih yang lembut dan melembapkan karena dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit dan menjaga kulit Anda tetap bersih.

Bahan-bahan seperti asam glikolat, dan asam salisilat sangat bagus untuk cuaca panas. Namun, jangan membersihkan wajah lebih dari tiga kali sehari karena pembersihan berlebihan akan menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga rentan memproduksi lebih banyak minyak.

2. Mengurangi langkah-langkah perawatan kulit pagi

Kurangi jumlah langkah dalam rutinitas perawatan kulit Anda, terutama di pagi hari. Penggunaan serum, pelembap, dan sunblock bisa jadi terlalu berat bagi kulit sehingga menyebabkan minyak dan keringat berlebih di wajah.

Jadi, lewati serum dan hanya gunakan pelembap ringan diikuti dengan tabir surya. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak, pilihlah tabir surya yang memiliki sifat menghidrasi sehingga Anda hanya bisa menggunakan satu produk saja.

3. Pilih pelembap yang ringan

Hanya karena ini cuaca panas, jangan lewatkan pelembap Anda. Jika kulit Anda kering, cenderung menghasilkan lebih banyak minyak sehingga tampak berkilau dan berminyak. Untuk menghindarinya, pilihlah pelembap ringan berbahan dasar air atau gel dengan bahan seperti asam hialuronat yang sangat ringan di kulit namun menjaga kulit tetap terhidrasi dalam waktu lama.

4. Hindari produk riasan berbahan dasar krim

Semakin banyak Anda melapisi kulit Anda dengan produk riasan yang berbeda, kemungkinan besar kulit Anda akan terlihat berminyak. Produk krim kental seperti alas bedak, concealer, dan krim perona pipi dapat cepat berminyak pada kulit. Cara terbaik adalah dengan memilih formula ringan seperti pewarna kulit atau pelembap berwarna yang akan memberikan sedikit cakupan pada kulit Anda tanpa membuat Anda merasa berat.

Pilih juga produk berbahan dasar bedak seperti bedak tabur, bronzer, dan highlighter untuk menghindari kulit berminyak. Gunakan bedak tabur untuk mengatur kulit Anda untuk memastikan riasan Anda bertahan lebih lama.

5. Kertas penyerap minyak adalah teman Anda

Untuk solusi cepat menghilangkan minyak berlebih dari wajah, kertas penyerap minyak bisa menjadi penyelamat. Mudah dibawa ke mana-mana dan dapat menyerap minyak tanpa mengganggu riasan Anda.

6. Gunakan masker tanah liat

Masker berbahan dasar tanah liat dengan kandungan kaolin baik untuk menyerap minyak dan kotoran dari kulit sehingga memberikan tampilan dan nuansa yang lebih halus. Gunakan seminggu sekali untuk menjaga kulit Anda dari terlalu banyak minyak.

Pilihan Editor: 5 Cara Mencegah Pori-Pori Tersumbat pada Kulit Berminyak

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."