7 Cara Membedakan Jam Tangan Cartier Asli atau Palsu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cartier Santos-Dumont Rewind. Foto: Cartier

Cartier Santos-Dumont Rewind. Foto: Cartier

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merek asal Prancis, Cartier terkenal karena menciptakan jam tangan mewah untuk para bangsawan. Hal itu menjadi target utama bagi para pemalsu, yang ingin menarik mereka yang menyukai gaya mewah namun tidak terlalu menyukai banderol harga yang selangit. Agar tidak tertipu saat membeli, berikut beberapa cara membedakan jam tangan Cartier asli atau palsu.

1. Berat

Seperti banyak jam tangan mewah lainnya, jam tangan Cartier asli cukup berat karena kualitas bahan pembuatannya. Jadi, jika ada keraguan apakah jam tangan yang Anda pilih terlalu ringan, hampir pasti itu adalah jam tangan palsu.

2. Casing

Melepaskan kembali casing adalah cara termudah untuk membedakan yang palsu dan yang asli. Jam tangan Cartier asli memiliki nama merek yang tertulis – dan dieja dengan benar dengan menyertakan huruf ‘r’ pertama – pada mesin jamnya.

Merek tersebut juga mencantumkan CARTIER pada penanda jam 7 atau 10. Anda juga akan menemukan tulisan SWISS MADE dengan jelas di bawah penanda jam 6 yang sering kali dilewatkan oleh pemalsu,

3. Kaca anti gores

Jam tangan Cartier asli selalu memiliki kaca anti gores dan Anda pasti tidak akan menemukan bahan berkualitas ini di tiruannya. Kacanya juga anti noda sehingga jika ada tetesan air yang memercik akan menggelinding begitu saja. Pada produk palsu, Anda akan melihat noda air di seluruh jam tangan.

4. Sekrup

Dalam hal keamanan, Anda akan selalu menemukan sekrup flathead identik yang menahan casing. Jam Cartier palsu sering kali memiliki casing snap-on yang murah atau menggunakan sekrup kepala yang agak membulat.

5. Bersinar dalam gelap

Banyak jam tangan Cartier dibuat menggunakan zat yang disebut LumiNova, yang bersinar dalam gelap. Sementara di jam tangan Cartier palsu, cahayanya tidak akan secerah yang asli.

6. Batu permata

Jam tangan Cartier asli dilengkapi dengan batu permata yang dipoles, yang disebut batu cabochon. Jika tidak ada batu, itu jam tangan Cartier palsu. Batu permata tersebut harus diikat dengan aman, bukan dilem.

7. Nomor seri

Jam tangan Cartier asli selalu memiliki nomor seri yang terdiri dari dua huruf dan enam angka yang tercetak di bagian belakang. Nomor tersebut akan terukir karena sejumlah Cartier palsu menampilkan nomor seri yang hampir tidak terukir di jam tangan.

Itulah sederet cara membedakan jam tangan Cartier asli atau palsu, semoga membantu.

Pilihan Editor: Mengenal Karya Cartier, Mulanya Jam Tangan Mewah Favorit Para Bangsawan

LUXURY WATCHES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."