Cara Mengurus Visa Pelajar sebagai Syarat Beasiswa Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa luar negeri tentunya harus menyiapkan beberapa hal, salah satunya yakni visa pelajar. Visa pelajar secara umum tidak lah berbeda dengan visa lainnya, yaitu sebagai  izin tinggal untuk menempuh studi.

Visa pelajar harus digunakan sebagaimana mestinya, dimana selain dari pada yang ditentukan yaitu untuk belajar, Anda tidak diperkenankan melakukan aktifitas lain seperti bekerja atau melakukan bisnis. 

Namun pada negara tertentu ada aturan bagi pelajar untuk bekerja, tapi ini harus berupa aktifitas sampingan, bukan yang utama. Dimana Anda tidak boleh bekerja lebih dari jam yang ditentukan. Presentasi jam kerja dan belajar ditentukan berbeda sesuai dengan aturan masing-masing negara.

Berikut ini merupakan persyaratan umum yang biasanya harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan visa pelajar.

1. Memiliki paspor yang masih berlaku, minimal 6 bulan.
2. Bukti penerimaan belajar di universitas atau sekolah yang dituju.
3. Bukti kesanggupan biaya atau dana yang akan diperuntukan untuk membayar studi di negara tersebut (Jika Anda belajar dengan biaya sendiri)
4. Bukti beasiswa / sponsor kuliah anda
5. Bukti Asuransi Kesehatan (Pada beberapa negara ini wajib)
6. Membayar biaya permohonan visa sesuai ketentuan yang berlaku
7. Mengisi formulir pengajuan visa (Untuk beberapa negara formulir dan prosedur pembuatan visa bisa dilakukan secara online)
8. Konsultasikan Dengan IDP

IDP Education Bantu Proses Pengajuan Pembuatan Visa Studi Lebih Mudah

Pada prakteknya kemudahan dalam pengurusan visa pelajar atau pengajuan pembuatan visa sangatlah relatif, tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku. Walaupun Anda sudah diterima di universtas sekalipun, bukan jaminan otomatis akan mendapat visa pelajar. Intinya Anda harus tetap taat dan penuhi semua persyaratannya.

Hal tersebut yang terkadang proses mengajukan visa bisa terasa sangat rumit, namun tim kami ada di sini untuk memastikan Anda punya akses ke semua informasi yang tepat. Ada beberapa langkah yang harus dilengkapi saat ingin membuat visa pelajar. Urutan langkah-langkahnya serta bagaimana cara melakukan langkah tersebut bervariasi sesuai dengan tempat tujuan rencana studi Anda.

Syarat dan ketentuan dalam pengurusan visa pelajar dapat berubah sewaktu-waktu, namun dengan IDP semua informasi dan format formulir yang akan Anda peroleh bisa dijamin akurat dan resmi. Konselor kami akan memandu Anda melalui proses pengajuannya, serta menjelaskan Anda mengenai hal-hal yang penting dari situs pemerintah terkait.

IDP juga akan membantu mempersiapkan dokumen-dokumen penting untuk pengajuan dan wawancara visa Anda, bahkan untuk visa anggota keluarga Anda yang ingin mengunjungi Anda saat studi. Untuk mengurangi kerumitan, kami juga membantu proses penerjemahan dan pengiriman dokumen-dokumen Anda. Selain visa, jangan lupa Anda juga harus menyiapkan beberapa hal yang wajib di bawa.

Pilihan Editor: 6 Tips Persiapan untuk Tes IELTS Sebagai Syarat Beasiswa Luar Negeri

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."