6 Cara Membangun Hubungan Baru yang Sehat, Bersabar dan Berempati jadi Kunci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memulai perjalanan hubungan baru dapat membawa campuran emosi termasuk "kupu-kupu" di perut, kegembiraan, kegugupan, dan harapan. Semuanya terasa segar dan baru, seperti melangkah ke dalam mimpi indah. Pada tahap awal ini, penting untuk memperhatikan fondasi dalam membangun hubungan yang sehat.

Pertama, saling memahami, mempercayai satu sama lain, dan memperlakukan satu sama lain dengan rasa hormat dan empati adalah hal yang penting. Berbicara secara terbuka dan mendengarkan satu sama lain juga berperan penting. Tak cuma itu, ada sederet cara lain membangun hubungan baru yang sehat dan bahagia.

1. Bersabar dan berempati

Dalam hubungan baru, penting untuk menunggu dengan tenang dan memahami satu sama lain. Sabar artinya tidak terburu-buru dan memberikan waktu agar segala sesuatunya berkembang secara alami. Karena setiap individu berbeda, setiap orang memiliki kepribadian yang unik.

Beberapa orang mungkin membutuhkan waktu untuk terbuka atau merasa nyaman dalam suatu hubungan. Orang lain mungkin belum siap melakukan hal-hal tertentu pada tahap awal suatu hubungan. Penting untuk bersikap pengertian, peduli, dan berempati terhadap perasaan pasangan Anda.

Menyimpan dendam masa lalu dapat merusak hubungan Anda dan membuat pasangan merasa tidak enak karena tidak ingin melakukan sesuatu. Mencoba memahami sudut pandang pasangan, perasaannya, dan memberi mereka ruang dapat membantu Anda berdua tumbuh bersama dalam hubungan sehat yang dibangun atas dasar saling peduli, cinta, dan hormat.

2. Mempelajari bahasa cinta

Bahasa cinta adalah cara mengekspresikan cinta Anda terhadap pasangan dan juga menerima cinta. Sama seperti bahasa yang digunakan di seluruh dunia berbeda, cara orang mengungkapkan cinta juga berbeda. Ada berbagai bahasa cinta, dan berikut lima bahasa cinta yang paling umum dan utama.

Yang pertama adalah kata-kata penegasan yang berarti mengungkapkan rasa cinta melalui kata-kata, seperti mengatakan hal-hal baik kepada pasangan agar dia merasa dicintai dan dihargai, seperti “Aku cinta padamu” atau “Aku senang memilikimu dalam hidupku". 

Lalu, ada waktu berkualitas atau quality time, artinya menghabiskan waktu bersama pasangan, menciptakan kenangan spesial dan membahagiakan bersama, serta melakukan berbagai hal atau aktivitas bersama.

Tindakan adalah bahasa cinta lainnya, di mana Anda menunjukkan cinta Anda dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi pasangan Anda, seperti memasak makan malam atau membantu apa pun yang dibutuhkan pasangan Anda.

Sentuhan fisik adalah tentang menunjukkan cinta Anda dengan berada dekat secara fisik satu sama lain, seperti berpelukan atau berpegangan tangan.

Yang terakhir adalah Anda menunjukkan cinta dan kasih sayang Anda dengan memberi dan menerima hadiah yang penuh arti dan bermakna satu sama lain. Beberapa hadiah yang sangat indah dan unik bisa berupa surat buatan tangan atau bunga sederhana. Hadiah tidak harus mahal untuk menunjukkan rasa cinta Anda. Memahami bahasa cinta Anda sendiri dan bahasa pasangan Anda dapat membuat hubungan baru Anda lebih kuat dan bermakna.

3. Bertemu teman satu sama lain

Bertemu teman satu sama lain merupakan langkah penting di awal suatu hubungan. Hal ini dapat bermanfaat bagi Anda berdua untuk lebih mengenal satu sama lain dan memahami satu sama lain sebagai individu di luar hubungan.

Saat Anda bertemu teman pasangan Anda, Anda bisa melihat sekilas lingkaran pergaulannya dan orang-orang yang penting baginya. Memperkenalkan pasangan Anda kepada teman dan orang yang Anda cintai adalah kesempatan untuk berbagi kegembiraan hubungan baru Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi. Ini juga memungkinkan Anda melihat seberapa cocok pasangan Anda dengan lingkaran sosial Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain.

Bagi pasangan Anda, bertemu dengan teman dan orang yang Anda cintai memberikan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang hidup Anda dan menjalin ikatan dengan orang-orang penting dalam hidup Anda. Pada akhirnya, hal ini mengarah pada ikatan yang lebih kuat, rasa saling percaya, rasa memiliki, dan pemahaman yang lebih dalam, yang semuanya penting dalam sebuah hubungan baru.

4. Menciptakan kenangan bersama

Menciptakan kenangan bersama salah satu cara untuk menjalin hubungan baru. Ini semua tentang menciptakan momen dan kenangan spesial yang penuh dengan pengalaman baru, cinta, dan banyak tawa. Melakukan hal-hal yang bermakna dan menyenangkan bersama-sama sangat bermanfaat bagi hubungan Anda dengan pasangan dan memperkuat ikatan Anda seiring berjalannya waktu.

5. Menjaga keintiman

Menjaga keintiman dalam hubungan baru berarti tetap terhubung secara emosional dan fisik dengan pasangan. Ini tentang merasakan dan berbagi hubungan yang kuat dan rasa kedekatan satu sama lain. Kedekatan seperti ini sangat penting dalam hubungan baru, karena Anda masih saling mengenal. Ini membantu Anda mengeksplorasi lebih banyak tentang satu sama lain dan menciptakan ikatan yang lebih kuat.

Ada berbagai jenis keintiman, seperti keintiman emosional dan fisik. Keintiman fisik melibatkan gerakan sederhana seperti berpegangan tangan dan berpelukan, yang dapat membantu Anda merasa lebih dekat dengan pasangan. Keintiman emosional juga sama pentingnya. Ini tentang membicarakan perasaan, pikiran, dan impian Anda secara terbuka.

Berbagi pemikiran batin Anda satu sama lain akan membangun kepercayaan dan memberi Anda kenyamanan dalam hubungan Anda. Meskipun Anda berdua memiliki jadwal yang sibuk, meluangkan waktu untuk satu sama lain sangatlah penting untuk hubungan yang bahagia. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai pasangan dan hubungan Anda.

6. Memaafkan dan meminta maaf

Dalam hubungan baru, upaya, perhatian, dan sikap memaafkan sangat penting untuk keberhasilannya. Meminta maaf dan menyelesaikan konflik, bahkan konflik kecil sekalipun, melalui komunikasi yang efektif sangat penting untuk mendapatkan rasa hormat, kepercayaan, dan keterbukaan dalam mendiskusikan ketidaknyamanan atau perasaan apa pun.

Mengatasi konflik dan meminta maaf berperan penting dalam suatu hubungan dengan membantu Anda dan pasangan menghindari kesalahpahaman maupun berpikir berlebihan. Meminta maaf ketika diperlukan dapat sangat bermanfaat bagi hubungan karena ini menunjukkan bahwa Anda memprioritaskan pasangan dan hubungan Anda di atas ego Anda sendiri. Ini menunjukkan bahwa Anda bersedia menerima kesalahan Anda, belajar dari kesalahan tersebut, memperbaiki diri, dan memperbaiki hubungan Anda bersama. 

Itulah sederet cara membangun hubungan baru yang sehat dan bahagia, semoga membantu ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 10 Tanda Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."