Libur Lebaran Usai, Ini 7 Tips Merencanakan Dana Mudik Lebaran Berikutnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masyarakat baru saja mengakhiri euforia yang dinanti setiap tahun yaitu mudik Lebaran. Tahun 2024 disebut juga sebagai musim mudik Idul Fitri dengan jumlah pemudik terbanyak setelah pandemi covid-19 berakhir.

Mudik menjadi sesuatu yang sangat ditunggu oleh banyak orang, terutama perantau yang jarang kembali ke kampung halaman. Libur Lebaran yang panjang juga menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan teman.

Uang THR dan tabungan yang dikumpulkan menjadi bekal menuju kampung halaman. Bagi Anda yang sudah merencanakan untuk mudik tahun depan, ada cara mengumpulkan dana mudik agar tidak terasa berat menjelang waktu mudik tiba.

Berikut 7 tips yang dikutip dari Media Keuangan laman Kemenkeu.go.id:

1. Rencanakan dari jauh-jauh hari

Rencanakan mudik sejak jauh-jauh hari. Tentukan transportasi yang akan digunakan. Hal ini sangat penting apalagi untuk kamu yang harus memakai transportasi umum seperti pesawat dan kereta api, di mana tiket sangat cepat habis terjual atau harganya yang akan naik jika dibeli mendekati hari keberangkatan. Selain itu jika direncanakan dari sebelumnya, Anda juga bisa menabung untuk mempersiapkan keuangan untuk keperluan mudik.

2. Manfaatkan THR atau bonus hari raya

Banyak dari kita yang sedang menunggu-nunggu uang THR diberikan. Biasanya THR tersebut kita gunakan untuk keperluan Lebaran atau diberikan kepada sanak keluarga. Agar tidak mengganggu keuangan rutin, Anda bisa memanfaatkan THR atau bonus hari raya lainnya untuk keperluan mudik. Jika tidak cukup, Anda juga tidak akan terlalu berat untuk menambahkan kekurangannya dari tabungan.

3. Buat perencanaan pengeluaran selama mudik

Makanan yang sudah lama tidak kita rasakan, banjir diskon di pusat perbelanjaan yang menggiurkan, oleh-oleh yang ingin kita bagikan, biasanya merupakan sumber pengeluaran yang membuat tabungan kita jebol. Agar keuangan tetap aman, buatlah perencanaan pengeluaran saat mudik.

Perencanaan yang jelas akan membantu Anda dalam mengatur pengeluaran. Anda bisa merencanakannya dengan melihat pengeluaran di tahun-tahun sebelumnya. Catat beberapa pengeluaran seperti transportasi, makan, rekreasi, oleh-oleh, angpao, dan lain-lain.

4. Siapkan dana darurat

Untuk mengurangi risiko dalam perjalanan mudik, Anda bisa menyisihkan sebagian dana mudikmu sebagai dana darurat. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya agar perjalanan mudik Anda lebih tenang serta sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pisahkan biaya mudik

Setelah menyiapkan perencanaan pengeluaran dan menentukan besaran kebutuhan saat mudik, pisahkan biaya tersebut agar tidak tercampur dengan tabungan atau kebutuhan pokok sehari-hari. Hal tersebut juga bisa menjadi pengingat kita dalam melakukan pengeluaran selama mudik. Usahakan jangan melebihi perencanaan pengeluaran atau mengambil uang dari rekening kebutuhan Anda yang lain.

6. Bawa uang tunai secukupnya

Siapkan uang tunai secukupnya sehingga nantinya Anda tidak kerepotan dalam perjalanan mudik. Terlalu banyak membawa uang tunai juga akan terlalu berisiko. Selain itu, godaan untuk membeli barang akan lebih tinggi. Dengan membawa uang tunai secukupnya kita dapat mengurangi keinginan untuk membeli barang yang kurang diperlukan sehingga Anda bisa lebih hemat dan disiplin dalam pengeluaran. Anda juga bisa membawa bekal makanan dan membeli oleh-oleh secukupnya untuk bisa menghemat pengeluaran.

7. Disiplin

Setelah melakukan perencanaan secara matang dalam perjalanan mudik lebaran tahun depan, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah disiplin dalam melaksanakannya. Ikuti perencanaan yang telah Anda buat. Jangan melebihi apa yang telah dianggarkan. Jangan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Meskipun menghemat pengeluaran itu diperlukan, tapi Anda juga harus tetap menikmati libur lebaran dengan baik. Nikmatilah momen bersama keluarga, sanak saudara, serta teman-teman yang jarang Anda temui. Lebaran adalah peristiwa setahun sekali yang wajib Anda nikmati dan diabadikan menjadi hal yang menyenangkan. Selain keuangan, persiapkan juga kondisi fisik dengan baik. Jaga pola makan dan istirahat. 

Itulah 7 tips mengatur keuangan untuk mudik Lebaran. Semoga bermanfaat untuk Anda yang mempersiapkan perjalanan ke kampung halaman Lebaran berikutnya.

Pilihan Editor: Setelah Lebaran, Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

KEMENKEU.GO.ID

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."