Tips Menulis Esai yang Menarik Sebagai Syarat Pengajuan Beasiswa Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mengetik. shutterstock.com

Ilustrasi mengetik. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu persyaratan mendapatkan beasiswa luar negeri ialah menyiapkan  esai atau pernyataan pribadi beasiswa yang menarik. Jika Anda dalam proses membuat esai beasiswa atau pernyataan pribadi, ingat, ini merupakan komponen penting aplikasi beasiswa Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk menciptakan kesan yang berkesan dan membedakan diri Anda dari calon lainnya. 

Berikut tips menulis esai yang menarik 

1. Ceritakan kisah unik Anda

Esai harus memperlihatkan kisah dan perjalananmu, termasuk tantangan yang sudah dilalui, prestasi, serta apa yang membuatmu berbeda dengan yang lainnya. Berikan cerita yang menjadi inspirasi dan membentuk karaktermu saat ini. 

2. Perlihatkan antusiasme dan komitmen

Perlihatkan antusiasme jurusan yang Anda ambil atau pilihan karier Anda. Komite beasiswa mencari kandidat yang benar-benar bersemangat dan akan memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

3. Tunjukkan aktivitas ekstrakurikuler

Jangan lupa menyebutkan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sukarelawan, atau jabatan yang pernah Anda ikuti. Pengalaman seperti ini dapat memperlihatkan kemampuan baik Anda seperti kepemimpinan, kerjasama tim, dan partisipasi dalam komunitas. 

4. Ungkapkan pemahaman dan penelitian

Apabila beasiswa hanya untuk institusi atau jurusan tertentu, perlihatkan bahwa Anda telah mengkaji serta memahami pilihan yang Anda buat sebagai tujutan utama Anda. 

5. Koreksi dan sempurnakan

Pastikan esai Anda ditulis dengan struktur yang baik, tidak ada kesalahan tata bahasa dan dinarasikan dengan baik. Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapat masukan dari guru, mentor atau temanmu. 

Pilihan Editor: Kupas Tuntas Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri ke Inggris

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."