Kupas Tuntas Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri ke Inggris

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda mahasiswa Indonesia yang sedang mencari kesempatan beasiswa luar negeri khususnya untuk belajar di Inggris, Anda akan mendapatkan pendidikan berkualitas pada salah satu destinasi pendidikan paling terkenal dan berkelas di dunia. 

Banyak sekali universitas di Inggris yang menawarkan beasiswa pada mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, untuk membantu pembayaran biaya kuliah dan juga biaya hidup di Inggris yang tinggi. 

Para mahasiswa di Inggris bisa mengharapkan pendidikan dengan lebih dari 450.000 mahasiswa internasional di lingkungan yang multikultural. Universitas di Inggris serta pemerintah menawarkan berbagai beasiswa seperti Chevening Award Scholarships yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan akomodasi. 

Jenis-jenis beasiswa Inggris untuk mahasiswa internasional 

Inggris menawarkan banyak sekali beasiswa untuk mahasiswa internasional yang mencakup berbagai kebutuhan dan minat akademis. Berikut ini ulasan singkat mengenai jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan: 

Beasiswa pemerintah: Salah satu program beasiswa yang paling berkelas dan didanai pemerintah adalah Chevening Scholarships. Selain didanai oleh pemerintah Inggris, Chevening Scholarships juga menawarkan kesempatan kepada para sarjana berprestasi dari seluruh dunia untuk mengejar gelar master selama satu tahun di Inggris. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanan.

Beasiswa institusional: Banyak universitas di Inggris menawarkan beasiswa khusus mahasiswa internasional. Beasiswa ini didasarkan pada prestasi, kebutuhan, atau program studi yang spesifik dan juga mencakup sebagian dari biaya kuliah atau memberikan tunjangan biaya hidup. Jenis beasiswa ini merupakan cara terbaik untuk menerima dukungan keuangan langsung dari institusi di mana Anda akan belajar.

Beasiswa swasta dan korporat: Berbagai organisasi swasta dan perusahaan juga menawarkan beasiswa, dengan pendanaan penuh atau juga sebagian. Beasiswa ini juga dapat terkait dengan program studi tertentu ataupun dengan kepentingan sosial atau bisnis organisasi tersebut. Sebagai contoh, Gates Cambridge Scholarship, dana dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, menawarkan beasiswa penuh pada kandidat internasional yang berprestasi untuk belajar di University of Cambridge. Demikian pula, Jardin Scholarship yang menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa dari negara-negara tertentu di Asia untuk belajar di Oxford atau Cambridge.

Beasiswa berdasarkan jurusan: Terdapat penawaran beasiswa berdasarkan jurusan untuk mahasiswa dengan jalur karier tertentu, seperti dalam bidang teknik, seni, atau bisnis. Beasiswa ini umumnya ditawarkan oleh organisasi industri atau lembaga pendidikan yang disesuaikan untuk mendukung studi di bidang-bidang khusus tersebut.

Keuntungan belajar di Inggris

Selain beasiswa-beasiswa ini, belajar di Inggris akan memberikan banyak sekali keuntungan selain bantuan keuangan:

1. Mendapatkan gelar yang diakui secara internasional, mempermudah Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan mengembangkan karier ke depannya. 

2. Peluang bekerja sambil belajar untuk memenuhi kebutuhan. Anda bisa bekerja hingga 20 jam seminggu selama satu semester dan bisa mencapai 30 jam selama masa liburan baik di Inggris maupun negara asal. 

3. Setelah lulus, mahasiswa dapat tetap tinggal dan bekerja di Inggris hingga 2 tahun. 

4. Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris lewat pengalaman belajar dan tinggal di Inggris. 

Cara mendapatkan beasiswa di Inggris

Mendapatkan beasiswa kuliah di Inggris merupakan langkah transformatif untuk perjalanan akademik dan profesional Anda. Memahami kriteria kelayakan, proses pendaftaran, membuat aplikasi yang menarik merupakan kunci sukses dalam proses ini.  

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa Inggris: 

Kualifikasi dan prestasi akademis: Beasiswa seringkali membutuhkan nilai yang sangat baik, bersama dengan penghargaan akademis lainnya. Artinya catatan pendidikan sebelumnya, nilai, dan segala penghargaan akademis memainkan peran penting dalam menentukan kelayakan Anda.

Kegiatan ekstrakurikuler dan peran kepemimpinan: Keterlibatan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengalaman kepemimpinan dapat meningkatkan peluang aplikasi Anda secara signifikan. Peran-peran ini menunjukkan inisiatif, kerja tim, dan kemampuan untuk menjaga keseimbangan antara berbagai tanggung jawab.

Kriteria khusus untuk beberapa beasiswa: Beberapa beasiswa di Inggris mungkin juga memiliki persyaratan khusus, seperti bidang studi atau tingkat akademis tertentu. Sebagai contoh, beberapa beasiswa mungkin dirancang khusus untuk penelitian pascasarjana atau gelar Master dalam disiplin tertentu.

Untuk mahasiswa internasional, memahami syarat beasiswa secara khusus sangatlah penting dalam menentukan kelayakan dan penyesuaian pendaftaran Anda. 

Proses pendaftaran

Penasaran bagaimana mendapatkan beasiswa kuliah di Inggris? Langkah pertama adalah mengidentifikasi beasiswa yang sejalan dengan aspirasi akademis dan karier Anda. IDP dapat menjadi sumber daya yang sangat berharga dalam fase ini, memberikan wawasan tentang berbagai beasiswa yang tersedia di berbagai universitas di Inggris. Untuk pendaftarannya, dokumen yang dibutuhkan antara lain:

1. Formulir pendaftaran beasiswa lengkap
2. Fotocopy ijazah/ transkrip akademik
3. Fotocopy KTP/ Passport
4. Surat pernyataan tujuan sekolah
5. Surat Rekomendasi 
6. Skor tes (seperti SAT, ACT, GRE, GPA)
7. Bukti kemampuan bahasamu, biasanya dilakukan dengan tes yang sudah diakui seperti IELTS. Universitas Inggris mengakui IELTS sebagai representasi valid dari kemampuan bahasa Inggris. Skor IELTS yang bagus penting untuk pendaftaran beasiswa Anda. 

Sebagai tambahannya, beberapa beasiswa Inggris akan meminta dokumen tambahan seperti esai yang akan memperlihatkan kepribadian dan pola pikir Anda dengan lebih mendalam, atau juga laporan medis untuk keterangan sehat. 

Rekomendasi beasiswa yang ditawarkan oleh universitas di Inggris

PG Global Scholarship
ONCAMPUS (Pathways)
Coventy University
Cranfield University
Oxford Brookes University
University of Sheffield
Heriot Watt University Malaysia
Swansea University
University of South Wales
University of Sunderland
Cardiff Metropolitan University
University of West England (UWE) Bristol
University of Gloucestershire
CATS Global Schools (Pathways)
Leeds Beckett University
Robert Gordon University
Kings Education (Pathways)
Manchester Metropolitan University
Loughbrough University
Loughbrough University London
University of Salford
University of Westminster
University of Derby
University of Huddersfield
University of Glasgow
Sheffield Hallam University
QA Pathways
University of York
University of Leicester
University of Plymouth
University of Hull
Aston University
University of Surrey
Liverpool John Moores University
University of Bradford
Royal Holloway University of London
Brunel University London
INTO (Pathways)
University of Lincoln
City University of London

Pilihan Editor: Kupas Tuntas Beasiswa Luar Negeri ke New Zealand, Bisa Dapat Visa Pasca-studi

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."