Cara Membuat QRIS, Ada 4 Langkah yang Mudah Diikuti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cara membuat QRIS untuk pemilik bisnis atau merchant (UMKM) cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya dan jenis pembayaran via QRIS. Foto: Canva

Cara membuat QRIS untuk pemilik bisnis atau merchant (UMKM) cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya dan jenis pembayaran via QRIS. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan Finance & Career kali ini, mari mengulik cara membuat QRIS untuk pebisnis pemula. Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah sebuah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Metode pembayaran ini cukup populer karena memudahkan dalam bertransaksi. Cukup scan kode QR, maka pembayaran otomatis bisa dilakukan.

QRIS digunakan untuk memudahkan proses pembayaran elektronik di Indonesia. Kode QR ini memuat informasi mengenai transaksi pembayaran, seperti informasi rekening tujuan, jumlah pembayaran, dan data-data lainnya.

Daftar QRIS bisa dilakukan secara daring atau online. Bank Indonesia menyarankan untuk memilih Penyedia Jasa Pelayanan (PJP) pembuat QRIS yang telah mengantongi izin dari pemerintah melalui Bank Indonesia ataupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas bagaimana cara membuat QRIS? Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan bisnis untuk mendapatkan QRIS.

Cara Membuat QRIS

Mengutip dari website resmi Bank Indonesia, yaitu bi.go.id, terdapat 4 langkah untuk membuat QRIS yang bisa digunakan sebagai pilihan metode pembayaran untuk konsumen. Adapun langkah-langkahnya di antaranya sebagai berikut.

1. Memilih PJP Terpercaya yang Sudah Mengantongi Izin

Ada banyak PJP yang menyediakan layanan untuk membuat QRIS bagi pelaku bisnis dan UMKM.  Kendati demikian, lakukan riset mendalam tentang layanan PJP yang menawarkan penerbitan QRIS. Pilih PJP yang telah mengantongi izin dari Bank Indonesia. Anda bisa mencari tahu langsung di website resmi Bank Indonesia.

2. Mengakses Website PJP

Setelah menentukan PJP, Anda bisa mengakses website resmi PJP tersebut untuk membuat QRIS secara online.

Cari tahu bagaimana ketentuan pembuatan QRIS Code di PJP tersebut. Apa saja syarat dan dokumen yang dibutuhkan serta biaya yang dibutuhkan untuk membuat QRIS. Setiap PJP memiliki syarat dan biaya pembuatan QRIS berbeda.

3. Melakukan Registrasi dan Proses Verifikasi

Pelajari persyaratan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk daftar QRIS PJP tersebut. Kemudian, lakukan langkah-langkah membuat QRIS di PJP tersebut satu per satu.

Tunggu proses verifikasi dokumen tersebut oleh tim audit khusus PJP hingga merchant milik Anda telah memiliki ID dan QRIS Code usaha.

4. QRIS Siap Digunakan

Setelah mendapatkan QRIS Code, Anda bisa cetak dan tempel di sekitar toko agar pelanggan mudah mengakses QRIS Code saat akan membayar melalui scan QRIS. Umumnya QRIS Code diletakkan di meja kasir.

Jenis Pembayaran QRIS

Terdapat tiga jenis pembayaran yang bisa Anda lakukan menggunakan metode scan QRIS, yaitu MPM Statis, MPM Dinamis, dan CPM. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Pembayaran MPM Statis cukup simpel. Pemilik bisnis akan menempelkan scan QRIS tokonya di spot tertentu, khususnya di sekitar kasir. 

Selanjutnya pelanggan yang akan membayar bisa langsung scan QRIS tersebut, lalu memasukkan nominal pembayaran yang dibutuhkan dan masukkan PIN.

Notifikasi pembayaran yang berhasil bisa diterima langsung oleh pelanggan tersebut dan pemilik merchant.

2. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Bedanya MPM Statis dan Dinamis terletak pada alat untuk pelanggan melakukan scan. MPM Dinamis menggunakan mesin EDC, ponsel pintar atau device lainnya yang kompatibel untuk menerbitkan QR Code.

Pemilik bisnis akan memasukkan terlebih dulu nominal pembayaran yang dibayarkan pelanggan, baru kemudian akan tercetak QR Code yang bisa di-scan pelanggan. MPM Dinamis ini cocok untuk bisnis berskala menengah hingga tinggi.

3. Customer Presented Mode (CPM)

Jenis yang terakhir adalah Customer Presented Mode (CPM) merupakan metode pembayaran di mana pelanggan akan menunjukkan QRIS dari aplikasi pembayaran tertentu yang akan di-scan oleh merchant.

Jenis merchant ini digunakan untuk beberapa lini bisnis yang butuh kecepatan transaksi tinggi seperti ritel modern, bisnis parkir, atau jasa penyedia transportasi.

Itulah cara membuat QRIS untuk merchant dan jenis-jenis pembayaran menggunakan QRIS yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Tips Menjadi Pebisnis Perempuan ala Jessica Mila, Berawal dari Passion

HERZANINDYA MAULIANTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."