Ketahui 5 Jenis Pewarna Rambut, Permanen hingga Sekali Pakai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang melakukan pewarnaan rambut atau cat rambut. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedang melakukan pewarnaan rambut atau cat rambut. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat Anda mencari perubahan dalam hidup, mengganti warna rambut salah satu cara jitu untuk membawa diri Anda ke dalam ruang pikiran yang baru.Tapi Anda tidak bisa begitu saja mengoleskan pewarna rambut, lalu berdoa untuk yang terbaik. Penting untuk memahami apa yang Anda inginkan dan jenis pewarna rambut yang Anda butuhkan. Sebab tidak semua pewarna diciptakan sama, dan tidak semua pewarna akan memberi Anda efek yang diinginkan.

1. Pewarna Permanen

Definisi

Menurut ahli penata rambut Laura Gibson, pewarna rambut permanen masuk jauh ke dalam batang rambut untuk mengubah warna alaminya dalam jangka waktu lama. Ini bagus untuk mereka yang menginginkan perubahan warna rambut yang lebih tahan lama dan nyata.

Kandungan

Pewarna rambut permanen bekerja melalui kombinasi amonia dan peroksida, jelas Gibson. Amonia membantu mengangkat lapisan luar rambut, yang disebut kutikula, sehingga lebih mudah menerima warna. Peroksida kemudian membantu mengoksidasi dan mengaktifkan molekul warna, memungkinkannya menembus batang rambut.

Setelah warnanya berada di dalam rambut, pewarna permanen mengalami proses untuk berkembang dan menyatu, sehingga menghasilkan warna yang tahan lama.

Cocok bagi siapa?

Pewarna rambut permanen adalah pilihan bagus bagi siapa pun yang ingin menutupi uban. Gibson mengatakan dia juga merekomendasikan opsi ini kepada siapa saja yang menginginkan warna dasar lebih terang atau mencari warna lebih gelap yang tahan lama.

Daya tahan

Faktanya, pewarna rambut permanen cukup permanen, meskipun warnanya dapat memudar seiring berjalannya waktu dan memerlukan perbaikan saat pertumbuhan baru muncul. Perlu diperhatikan bahwa mengubah atau membalikkan warna permanen dapat menjadi tantangan dan kemungkinan memerlukan proses kimia tambahan, semakin merusak dan membuat rambut stres.

Perawatan

Meski disebut permanen, warnanya tetap bisa memudar seiring berjalannya waktu, terutama jika terkena paparan sinar matahari, klorin, atau produk perawatan rambut yang keras. Karena itu, Gibson menyarankan penggunaan sampo yang aman untuk warna.

Seiring pertumbuhan rambut, warna alami pada akar akan mulai terlihat. Anda harus mengunjungi salon untuk melakukan perbaikan setiap beberapa bulan untuk mempertahankan penampilan yang konsisten.

2. Pewarna Semi-permanen

Definisi

Tidak seperti pewarna rambut permanen, pewarna semi permanen menambah warna pada rambut tanpa mengubah pigmen alami secara signifikan. Perlu diperhatikan bahwa pewarna rambut semi permanen tidak dapat mencerahkan warna rambut alami Anda, hanya meningkatkan warna. Biasanya, rambut perlu dicerahkan terlebih dahulu untuk menggunakan pewarna semi permanen.

Kandungan

Pewarna semi permanen tidak mengandung amonia atau peroksida. Sebaliknya, kata Gibson, biasanya mengandung molekul warna yang lebih kecil yang melapisi batang rambut dan menciptakan perubahan sementara.

Cocok bagi Siapa?

Pewarna semi permanen adalah pilihan bagus bagi mereka yang ingin bereksperimen dengan warna berbeda tanpa melakukan perubahan jangka panjang. Menurut Gibson, sebagian besar pewarna rambut semi permanen digunakan untuk nada dan corak fantasi, seperti merah muda tebal dan biru cerah.

Daya tahan

Pewarna semi permanen biasanya bertahan beberapa minggu—maksimum absolut sekitar empat hingga delapan minggu, dan perlahan memudar setiap kali dicuci.

Perawatan

Mempertahankan warna semi permanen membutuhkan pengaplikasian yang lebih sering dibandingkan warna permanen. Namun selain itu, tidak ada rutinitas perawatan yang nyata; itu hanya hilang seiring waktu. Meski begitu, Gibson menyarankan penggunaan sampo yang aman untuk pewarna untuk mencuci dan melindungi rambut.

3. Demi-Permanen

Definisi

Pewarna rambut demi-permanen memadukan karakteristik pilihan permanen dan semi permanen, sehingga menghasilkan warna rambut jangka menengah.

Kandungan

Seperti yang dijelaskan Gibson, pewarna setengah permanen mengandung peroksida tingkat rendah untuk memungkinkan warna menembus batang sampai batas tertentu, tetapi tanpa amonia. Formula bebas amonia membuatnya lebih lembut pada rambut dibandingkan pewarna permanen, tetapi kurang tahan lama. Hasilnya berada di antara pewarna permanen dan semi permanen.

Perlu diperhatikan juga bahwa pewarna setengah permanen memiliki sifat mencerahkan yang terbatas. Ini dapat mempertegas warna alami Anda (atau menggelapkannya), namun tidak akan meningkatkan warna secara signifikan.

Cocok bagi siapa?

Pewarna demi-permanen adalah pilihan yang cukup serbaguna, terutama cocok bagi mereka yang ingin lebih tahan lama dibandingkan pewarna semi permanen tetapi tanpa komitmen warna permanen. Ini juga bagus untuk mereka yang mencari rutinitas perawatan yang lebih rendah. Pewarna demi-permanen memudar secara bertahap tanpa garis demarkasi yang jelas, sehingga menghasilkan pertumbuhan yang tampak lebih alami.

Daya tahan

Umumnya pewarna setengah permanen dapat bertahan hingga 30 kali pencucian.

Perawatan

Mungkin manfaat terbesar pewarna rambut demi-permanen adalah perawatannya yang rendah. Karena proses pembesaran terlihat cukup alami, tidak perlu mengunjungi salon untuk melakukan perbaikan kecuali Anda ingin mempertahankan warnanya.

4. Pewarna Rambut Sekali Pakai

Pewarna rambut sementara atau temporary adalah pewarna sekali pakai dan dapat dicuci. Ini adalah jenis pewarna rambut tercepat dan paling tidak permanen di pasaran.

Kandungan

Pewarna rambut sementara melapisi bagian luar batang rambut dengan pigmen, yang hilang saat keramas. Ini tidak akan mencerahkan rambut atau menyebabkan perubahan permanen pada warna rambut.

Cocok bagi siapa?

Pewarna rambut sementara adalah pilihan bagus bagi mereka yang cepat bosan dengan warna rambut atau ingin bereksperimen dengan warna baru. Ini juga dapat membantu mempercantik tampilan acara tertentu tanpa memerlukan komitmen.

Daya tahan

Warna rambut sementara akan hilang dalam satu atau dua kali sampo.

Perawatan

Benar-benar tidak diperlukan perawatan untuk pewarna rambut sementara karena pewarna tersebut langsung luntur.

5. Glasir Warna Tembus Pandang

Glasir warna tembus pandang adalah teknik pewarnaan rambut semi permanen yang melibatkan pengaplikasian kilap tipis pada rambut untuk meningkatkan kilau, menyegarkan warna, dan mengubah atau mengurangi warna yang tidak diinginkan, menurut Tatiana Ramos, penata rambut, ahli pewarna sekaligus edukator di Pureology.

Glasir tembus pandang membantu mengisi lubang apa pun pada warna rambut sekaligus menambah semangat, kedalaman, dan kilau, sehingga menyempurnakan warna yang ada.

Cocok bagi siapa?

Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang merasa warnanya telah memudar, terutama mereka yang berambut pirang yang ingin tampil lebih keren, kata Allen. Dia juga menyarankan glasir warna tembus pandang kepada klien yang ingin secara halus meningkatkan rona mereka saat ini tanpa melakukan perubahan permanen.

Daya tahan

Glasir warna tembus pandang bertahan antara delapan hingga 12 minggu, atau enam hingga 12 kali pencucian.

Perawatan

Keuntungan dari glasir tembus pandang adalah ia akan menyatu dengan apa pun yang terjadi pada warna rambut Anda dan tidak akan meninggalkan garis demarkasi yang kasar. Untuk perawatan di rumah, Ramos menggemakan saran sebelumnya mengenai sampo dan kondisioner yang aman untuk warna.

Pilihan Editor: Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Perhatikan 8 Hal Berikut

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."