Mengulik Tas Hermes Shadow Birkin yang Jadi Simbol Kemewahan, Harganya Sampai 800 Juta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Hermes Birkin Shadow/Foto: Instagram/Luxuryvaultuk

Hermes Birkin Shadow/Foto: Instagram/Luxuryvaultuk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring dengan berkembangnya tren kemewahan yang tenang, maka terdapat ergeseran dalam mode. Pembeli barang mewah yang tenang berfokus pada pilihan aksesori berkualitas tinggi, canggih, namun halus. Memperketat batasan eksklusivitas dengan menyampaikan status melalui produk minimalis misterius yang hanya akan Anda kenali dari orang lain jika Anda sendiri yang mengetahuinya. Termasuk produk tas Hermes Birkin. 

Dua pilar tren kemewahan yang tenang adalah keabadian dan kualitas. Tidak ada yang lebih memancarkan aspek ini selain Hermes Birkin yang ikonik. Dikenal dengan kualitas kulit dan pengerjaan tertinggi dari Perancis, Hermès telah mempertahankan kualitasnya sepanjang sejarah rumah tersebut. Tas Hermès paling populer, Birkin dan Kelly tidak memiliki logo tetapi jelas merupakan dua tas yang paling dikenal oleh pembeli barang mewah. Namun, dengan kenaikan harga dan permintaan yang melebihi tas yang tersedia, bukanlah perkara mudah untuk mendapatkan tas Birkin.

Hermes Shadow Birkin

Ada satu edisi Birkin yang menampilkan kemewahan yang tiada duanya: Shadow Birkin. Dibuat pada tahun 2009 oleh Jean Paul Gaultier, shadow Birkin adalah versi modern dari Birkin klasik. Tas terkenal ini bertujuan untuk menciptakan efek trompe-l'oeil dengan mengacu pada penutup atas dan perangkat keras klasik pada tas aslinya. Meski tidak dilengkapi plakat, penutup, kunci, clochette, dan ban, tas tersebut terus mengkomunikasikan status Birkin-nya melalui bentuk simbolis dan ilusi yang tercipta. 

Terbuat dari kulit evercalf premium, tas ini ditawarkan dalam warna terbatas. Di pucuk pimpinan Hermès pada tahun 2009, Gaultier mencapai simbol utama dari kemewahan yang tenang bertahun-tahun sebelum lahirnya tren kemewahan. Tas Birkin 25 Shadow dirilis ulang pada tahun 2021 dalam jumlah terbatas. 

Shadow Birkin 25 yang dirilis ulang dijual dengan harga $52.000  atau Rp832 Juta pada April 2022. Harga puncak ini sering kali terjadi ketika tas edisi tebatas baru pertama kali hadir di pasar sekunder. Harga untuk tas Shadow Birkin 25 kondisi baru di toko telah stabil sekitar $30,000 atau Rp480 Juta dengan kemungkinan untuk membeli tas tersebut dengan harga sedikit lebih murah di lelang. Harga ini sesuai dengan toko kulit Birkin 25 dalam warna netral yang popular di pasar sekunder.

Hermès Shadow Birkin Cut

Pada tahun 2022, Hermès merilis Shadow Birkin Cut yang ukurannya mirip dengan Hermès Kelly Cut namun desain minimalisnya mirip Shadow Birkin. Kopling sederhana memiliki efek trompe-l'oeil yang sama untuk penutupnya. Baik Hermès Kelly Cut maupun Birkin Shadow Cut telah populer di kalangan pembeli sehingga model ini cenderung cepat terjual saat terdaftar di Sotheby's. Hermès Shadow Birkin Cut telah dijual dengan harga sekitar $14,000 atau Rp224 Juta di pasar. Mirip dengan tas lainnya, Shadow Birkin Cut umumnya dijual dengan harga lebih murah di lelang dengan harga $12.000 atau 192 Juta.

Meskipun tren datang dan pergi, inti dari merek-merek mewah yang paling diinginkan adalah keahlian berkualitas tinggi dan gaya yang bertahan lama. Kemewahan yang tenang selalu menjadi tren non-tren yang mendorong penjualan barang mewah dari generasi ke generasi. Hermès Shadow Birkin dan Shadow Birkin Cut adalah dua tas yang sangat cocok dengan tren non-tren dari Quiet Luxury.

Pilihan Editor: Mirip Hermes, Sejarah Tas Goyard Saigon Bermula dari Permintaan Pelanggan

SOTHEBYS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."