Plus Minus Pakai Sunscreen Stick

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tabir surya berbentuk stik atau sunscreen stick salah satu pilihan yang ada di toko obat dan kecantikan. Dari segi bentuk, sunscreen stick berbentuk padat yang biasanya tersedia dalam bentuk tabung yang cantik. Tabir surya padat dan cair mengandung bahan aktif yang sama, seperti avobenzone dan octocrylene, untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Perbedaan utama keduanya terletak pada formulasi. Sunscreen stick mengandung lilin dan bahan pembentuk gel untuk mempertahankan struktur padatnya, menurut Ginger King dan Ramón Pagán, ahli kimia kosmetik.

Apakah sunscreen stick sama efektifnya dengan tabir surya cair?

Jawaban atas pertanyaan ini berbeda-beda karena bergantung pada apakah Anda menerapkannya dengan benar. Natasha Atanaskova Mesinkovska, dokter kulit bersertifikat dan wakil ketua penelitian klinis dermatologi di Universitas California Irvine mengatakan bahwa meskipun sunscreen stick secara teori memberikan cakupan yang memadai jika digunakan dalam jumlah yang tepat, tantangannya terletak pada kenyataan bahwa tidak ada indikator visual yang jelas mengenai kuantitasnya.

“Jumlah tabir surya yang disarankan untuk digunakan adalah 2mg per cm persegi kulit, yang setara dengan sekitar seperempat sendok teh,” katanya dikutip dari Well+Good. Jumlah tersebut cukup mudah untuk diperkirakan dan divisualisasikan dengan menggunakan tabir surya cair, namun akan sulit jika menggunakan sunscreen stick.

“Oleh karena itu, sebagian besar pengguna sunscreen stick tidak akan mendapatkan cakupan yang direkomendasikan, bahkan dengan beberapa kali sapuan atau lapisan pada wajah untuk mencapai nilai cakupan SPF penuh seperti yang ditunjukkan pada produk,” kata Dr. Mesinkovska.

Pakar mencatat bahwa Anda perlu menerapkan jumlah yang cukup besar untuk mencapai angka optimal 2 mg. “Bagi rata-rata pengguna yang menggunakan sunscreen stick hanya dengan beberapa kali sapuan, kecil kemungkinannya mereka akan mendapatkan cakupan penuh dibandingkan dengan tabir surya cair,” ucapnya.

Manfaat terbesar dari tabir surya cair adalah Anda dapat menjamin bahwa Anda akan mengaplikasikan cukup banyak untuk mendapatkan perlindungan yang diiklankan. Karena tabir surya didasarkan pada dosis, Anda harus menerapkan jumlah tertentu untuk meniru jumlah yang digunakan dalam pengujian untuk mendapatkan nilai SPF yang diiklankan.

"Hal itu belum tentu bisa dijamin dengan menggunakan sunscreen stick, karena Anda harus sangat bermurah hati, dan sulit untuk mengukur jumlah pastinya."

Banyak orang kesulitan menentukan jumlah tabir surya yang tepat, terutama yang berbentuk tabir surya non-cair seperti stik. “Dengan teknologi tabir surya non-cair, termasuk produk tabir surya berbentuk batangan, bedak, dan semprotan, orang sering kali menggunakan lebih sedikit produk dan gagal memenuhi target,” kata Kristina Collins, dokter kulit bersertifikat ganda dan pendiri Foy.

Jadi, meskipun tabir surya itu sendiri sama efektifnya [seperti tabir surya cair], pengaplikasiannya sering kali tidak selengkap atau sepadat tabir surya cair karena orang terpaksa menggosokkannya.

Manfaat sunscreen stick

Adapun sejumlah manfaat sunscreen stick adalah formulasi stik tidak berantakan, anti tumpah, dan mudah digunakan kembali. Pagán menambahkan bahwa produk ini juga sering kali tahan air dan keringat, yang merupakan nilai tambah. Dr Collins telah mengamati di antara pasiennya bahwa demografi tertentu lebih menyukai tabir surya stik.

“Saya menemukan bahwa pasien laki-laki saya, serta anak-anak saya, lebih bersedia menggunakan tabir surya dibandingkan losion biasa,” ucapnya. "Saya juga berpikir bahwa karena portabilitas dan kemudahan penggunaan, orang-orang lebih cenderung untuk memakai sunscreen stick saat bepergian dan menggunakan kembali," katanya.

Cara mengaplikasikan sunscreen stick

Ikutilah langkah-langkah yang diuraikan pada kemasan spesifik produk Anda. Namun sebagai gambaran umum, Karan Lal, dokter kulit anak dan kosmetik bersertifikat ganda. merekomendasikan mengoleskan dua hingga tiga lapis secara luas pada kulit, lalu meratakannya ke kulit Anda seperti tabir surya cair tradisional.

Perlu kita ingat bersama, semua dokter bahwa tabir surya terbaik untuk Anda adalah tabir surya yang benar-benar Anda gunakan secara konsisten termasuk sunscreen stick. Pastikan untuk menerapkannya secara menyeluruh. Jika tidak, pilihlah formula cair. Kulit Anda akan berterima kasih karenanya.

Pilihan Editor: Perlu Pakai Tabir Surya di Musim Hujan?

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."