5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total 8 April 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gerhana matahari (Pixabay.com)

Ilustrasi gerhana matahari (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Gerhana ini merupakan gerhana matahari terakhir dalam rentang waktu 20 tahun atau lebih. Gerhana matahari total esok hari juga terjadi pada hari ke-29 Ramadan. Yuk, kita simak fakta lain gerhana matahari total 8 April 2024.

1. Lokasi Gerhana Matahari Total

Dikutip dari laman Live Science, gerhana matahari total akan dimulai di Sinaloa, Meksiko, kemudian bergerak ke arah timur laut hingga mencapai Texas, kemudian menyeberangi 15 negara bagian Amerika Serikat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kanada.

Negara bagian di mana gerhana matahari total akan terlihat adalah Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Kentucky, Tennessee, Illinois, Indiana, Ohio, Michigan, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine. Namun, Tennessee dan Michigan hanya akan disinggahi oleh bayangan bulan.

Dikutip dari situs NASA, gerhana kemudian akan keluar dari Benua Amerika Utara di pantai Atlantik Newfoundland, Kanada, pada pukul 17:16 Newfoundland Daylight Time (NDT).

2. Lokasi dengan Durasi Gerhana Matahari Terlama

Jika ingin melihatnya, seseorang harus berada dalam jalur gerhana matahari total untuk menyaksikan fase total gerhana. Jika seseorang berada di luar jalur bahkan hanya satu kilometer, orang tersebut hanya akan melihat gerhana sebagian.

Selain itu, semakin dekat seseorang dengan pusat jalur gerhana matahari total, semakin lama gerhana matahari total akan berlangsung. Diketahui durasi terlama ialah 4 menit, 27 detik di Torreón, Meksiko.

3. Tak bisa dilhat di Indonesia

Sayangnya, gerhana matahari total pada 8 April 2024 tidak akan terlihat dari Indonesia. Jalur lintasannya berada jauh di sebelah utara, melewati Amerika Utara. Meski posisinya tak ideal, bagi para penggemar astronomi, masih ada cara untuk menyaksikan gerhana matahari ini. Beberapa opsi termasuk menonton siaran langsung atau live streaming peristiwa gerhana matahari total yang disiarkan dari wilayah yang terkena dampak di Amerika Serikat.

4. Aman Dilihat Tanpa Teleskop

Dikutip dari astronomy, gerhana matahari total yang terjadi pada April mendatang disebut aman untuk dilihat langsung dengan mata telanjang. Anda tidak perlu menggunakan bantuan teleskop untuk bisa melihat detail gerhana matahari. Tampilan matahari akan jauh lebih menakjubkan sebab diameternya pun terlihat lebih luas dibandingkan diameter bulan.

5. Syawal Dimulai Setelah Gerhana Selesai

Bagi umat Muslim tanggal 8 April 2024 bertepatan dengan malam ke-29 Ramadan, yang berarti akan segera terjadi transisi pergantian bulan baru. Hal ini menandakan berakhirnya bulan puasa dan berganti dengan bulan Syawal (lebaran). Dikutip dari Forbes, penampakan bulan baru yang menandakan masuknya bulan syawal diprediksi muncul setelah gerhana selesai yakni antara tanggal 9 hingga 10 April 2024 mendatang, bulan tersebut akan bersinar bertepatan dengan munculnya komet.

Pilihan Editor: Ragam Mitos Gerhana Matahari Total pada Ibu Hamil

  

MELINDA KUSUMA NINGRUM | ANANDA RIDHO SULISTYA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."