5 Tips Rumah Aman saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Lapor Ketua RT

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pintu depan rumah. Unsplash.com/Evelyn Paris

Ilustrasi pintu depan rumah. Unsplash.com/Evelyn Paris

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keamanan rumah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mudik lebaran. Hal itu pula yang dicermati Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, saat membagikan tips rumah aman saat mudik Lebaran.

"Tentunya dalam hal ini kami mengimbau kepada warga yang melakukan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong bisa dipastikan dalam kondisi aman atau sudah dititipkan tetangga/RW/RT setempat," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Tangerang, Kompol Arief Nazaruddin di Tangerang, Sabtu, 6 April 2024.

Dia mengatakan, bagi masyarakat yang meninggalkan rumah saat mudik dan melaporkannya ke ketua RT/RW atau petugas keamanan setempat, dapat membantu polisi dalam melakukan penjagaan dan pengawasan.

"Setidaknya warga atau pemudik yang melaporkan rumah tinggalnya bisa kita lakukan pengawasan dalam patroli nanti," katanya.

Dalam hal ini, Arief mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap aksi kriminal seperti pembobolan rumah kosong, perampokan atau kebencanaan kebakaran dan lain sebagainya.

Berikut tips rumah aman saat ditinggal mudik Lebaran yang perlu kita ketahui bersama.

1. Cek semua pintu, jendela, garasi rumah dan pastikan semua sudah tertutup rapat serta terkunci dan apabila perlu ditambah kunci pengaman tambahan.

2. Matikan aliran listrik yang dianggap tidak perlu seperti pendingin ruangan, kulkas, TV, kompor gas, serta lainnya guna menghindari bahaya kebakaran, dan lampu depan biarkan tetap menyala agar dipandang tidak kosong rumah yang ditinggalkan.

3. Lapor kepada ketua Rukun Tetangga atau RT atau tetangga sebelah rumah bahwa rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya mudik lebaran.

4. Usahakan satpam, apabila tinggal di komplek perumahan, mengetahui kalau rumah dalam keadaan kosong.

5. Memberitahu tetangga yang tidak mudik kalau Anda sedang pulang kampung dalam rangka mudik lebaran.

Bila pemudik memiliki hewan peliharaan, perhatikan stok makanan dan minuman ketika ditinggal pergi mudik, atau bisa dititipkan ke tetangga maupun penitipan khusus hewan, imbau Arief Nazaruddin.

Pilihan Editor: Mudik Lebaran, Berikut 5 Destinasi Wisata di Jalur Pansela

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."