Mudik Lebaran, Berikut 5 Destinasi Wisata di Jalur Pansela

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Menikmati kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey Bandung.Foto/Tempo; Norman Senjaya

Menikmati kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey Bandung.Foto/Tempo; Norman Senjaya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu jalur alternatif mudik Lebaran adalah Pantai Selatan Jawa atau Pansela. Jalur ini membentang dari Pandeglang di Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Jalur ini merupakan jalan yang memiliki pemandangan indah berupa pantai selatan dengan pasir putih dan batu karang, serta pegunungan. Lantas, apa saja pilihan destinasi wisata di jalur Pansela? Berikut lima di antaranya dikutip dari laman Wonderful Indonesia.

1. Kawah Putih – Bandung

Kawah Putih terletak di jalur menuju Cianjur. Kawah Putih ini menyajikan pemandangan abu vulkanik yang berwarna putih dan air kawah yang dapat berubah warna. Air Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tempat ini juga menyediakan Skywalk Cantigi yang menanjak ke Bukit Sunan Ibu. Dimana dibuka dimulai pada jam 07.00 -17.00.

2. Green Canyon – Pangandaran

Green Canyon selanjutnya menjadi destinasi yang dapat dikunjungi di Kabupaten Pangandaran yang melalui jalur Pansela. Green Canyon menyajikan pemandangan aliran Sungai yang diapit dua bukit bebatuan hijau yang menembus goa. Tempat wisata ini dibuka pada hari Sabtu-Kamis pada jam 08.00 -16.00 dan pada hari Jumat di jam 13.00 hingga pukul 16.00.

3. Kemit Forest – Cilacap

Kemit Forest merupakan wisata Hutan Pinus yang berada di Jawa Tengah dengan fasilitas yang dapat dinikmati seperti Flying Fox, Panahan, Paintball, Titian Tali, Kereta Anak dan Swing Shakers. Wisata ini dibuka pada pukul 09.00 hingga 18.00.

4. Air Terjun Tumpak Sewu – Lumajang

Air terjun ini memiliki pemandangan yang memikat dengan penyajian pemandangan seperti tirai air, di sekelilingnya juga dikelilingi hutan yang rimbun. Mengunjungi tempat ini tentu saja dapat menyegarkan pikiran setelah seharian berkendara. Lokasi ini dibuka dimulai dari jam 07.00 hingga 15.00 WIB

5. Pantai Soge – Pacitan

Pantai Soge menjadi objek wisata selanjutnya yang dilewati oleh Jalur Pansela. Pantai Soge menyajikan pantai dengan hamparan pasir putih. Pada bagian Timur terdapat hulu Sungai yang mengali di Kawasan perbukitan pada sisi utara.

Sebagai informasi, jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa, menghubungkan rute yang sejajar dengan Jalur Pantura yaitu Cilegon–Anyer–Pangandaran–Cilacap-Kebumen-Kulonprogo-Wonosari–Wonogiri-Pacitan-Trenggalek-Lumajang-Jember-Banyuwangi. Jalur ini sejajar dengan garis pantai selatan Jawa melewati 5 provinsi di pesisir selatan Pulau Jawa, yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Pilihan Editor: Libur Tahun Baru ke Pangandaran, Berikut 11 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam

INDONESIA TRAVEL

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."