Hidangan Favorit Tri Rismaharini: Ikan Bakar Bumbu Rujak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Tri Rismaharini saat menjadi tamu di serial dokumenter Kisarasa yang dibawakan chef Juna. Foto: Youtube/Kisarasa.

Tri Rismaharini saat menjadi tamu di serial dokumenter Kisarasa yang dibawakan chef Juna. Foto: Youtube/Kisarasa.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini punya masakan favorit sejak kecil, yaitu ikan bakar bumbu rujak serta urap sayur. Hal ini dia informasikan saat menjadi tamu serial dokumenter, Kisarasa. Program Youtube ini dibintangi oleh chef Juna Rorimpandey sebagai pembawa acara sekaligus mendemokan masakan.

Chef Juna, mengaku baru pertama kali bertemu Risma di acara tersebut. Dia lantas menyiapkan masakan khas Jawa Timur dan sesuai dengan pilihan Risma. Juna pun mengeluarkan sepiring ikan bakar berukuran besar di meja makan bersama Risma.

Tri Rismaharini saat menjadi tamu di serial dokumenter Kisarasa yang dibawakan chef Juna. Foto: Youtube/Kisarasa.

"Kami memberikan ikan yang sesegar mungkin, waktu dibeli masih hidup, disimpan di plastik dan full oksigen," ucap Juna kepada Risma pada episode 4 sesi 2 Kisarasa, 19 Mei 2023.

Juna berterima kasih karena Risma mau jadi tamu di acaranya. "Jadi menteri pasti sibuk banget," tuturnya. "Tidak terlalu," balas Risma. "Saya juga terima kasih sudah diundang lho, chef."

Risma lantas bertanya tentang jenis ikan tersebut. Juna menjelaskan bahwa ikan bakar itu berbahan ikan kerapu bintang, disebut juga ikan petarung. Dalam mengolahnya, Juna memilih teknik Jepang ike jime. Yaitu teknik mematikan ikan dengan cepat, tujuannya untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang enak. "Kalau matinya perlahan-lahan ikan bisa trauma atau stres sehingga berefek kepada rasa dan tekstur," ujarnya.

Teknik ini, kata Juna, caranya dengan langsung menyerang otak ikan. Jika sudah mati, darah ikan dikeluarkan karena cepat beku. Untuk menyimpan ikan hindari suhu air yang dingin. Setelah itu, bagian insang ikan serta perut dibersihkan. Untuk bumbunya sendiri, Juna memakai bumbu merah dan menambahkan rasa manis dari gula merah, lalu asam dari air asam Jawa.

"Ibu minta ikan bakar bumbu rujak, kalau boleh tahu kenapa?" Tanya Juna. Risma pun menjawab, dia suka makan ikan. "Saya suka kalau pergi ke Indonesia timur, saya paling suka makan ikan. Kalau masih fresh gitu, ikannya manis," tutur perempuan 62 tahun itu.

Menurut Risma, bumbu rujak itu rasanya lebih lengkap karena bumbunya yang beragam. Ada rasa pedas, manis, asam, gurih, dan asin. Juna juga bertanya kenapa ikannya ingin dimasak dengan bumbu rujak. Risma pun menceritakan kalau itu adalah masakan ibunya. "Ibu saya suka masak ikan bumbu rujak, kalau urap-urapan dari kecil kami selalu makan pakai urap."

Dalam sesi wawancara, Risma juga mengatakan Indonesia luar biasa karena sukunya yang banyak dan masing-masing punya budaya yang berbeda-beda. "Salah satunya kuliner. Menurut saya kuliner Indonesia itu tidak ada bandingannya di dunia ini," ucapnya.

Masakan Indonesia, kata Risma, mempunyai cita rasa yang luar biasa karena bumbunya lengkap sehingga rasanya sangat berbeda dengan masakan-masakan lain di seluruh dunia. Maka, siapa pun yang mengenal masakan Indonesia, Risma rasa akan menyukainya. Dia berharap masakan Indonesia akan menjadi kekayaan bangsa yang dikagumi dunia.

Selain ikan bakar, chef Juna juga memasak urap dari buncis, tempe, bayam, kangkung, dan touge. Risma langsung menebak, ini urap model baru.

Juna menjelaskan ini adalah urap versi pertama dia sejak pulang ke Indonesia pada 2010. "Bumbu utamanya sama, pakai kelapa, tapi saya bermain dengan tekstur karena ingin lebih garing," ucap pembawa acara Master Chef Indonesia itu.

Bahan baru yang ditambahkan Juna pada urapnya yaitu buncis dan tempe. Cara memasaknya pun simple, yaitu sayuran direbus sejenak dan direndam air dingin. Sensasinya saat dimakan, akan terasa garing. Lalu untuk tempenya dipotong seukuran korek kayu, lalu digoreng.

Menurut chef Juna, kedua hidangannya itu berbahan bumbu yang sederhana. Dia juga menganjurkan Risma untuk merecook atau memasaknya saat senggang.

Pilihan Editor: Tri Rismaharini: Pentingnya Puji Anak saat Belajar dari Rumah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."