Ahli bagi Tips Memakai Sunscreen yang Tepat, Bukan Hanya Dipakai di Luar Ruangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Saat ini tren masyarakat dalam memilih produk perawatan kulit atau skincare telah mengalami banyak perkembangan seiring perkembangan informasi teknologi. Masyarakat kini tidak hanya paham akan pentingnya penggunaan produk skincare terutama sunscreen untuk kesehatan kulit mereka, tetapi sekarang mereka lebih kritis dengan informasi kandungan didalamnya dan lebih memilih produk-produk yang memiliki “nilai tambah”. Oleh sebab itu penting mengetahui tips memakai sunscreen. 

Belakangan juga mulai hadir sejumlah produk yang menyasar pada anak-anak karena munculnya berbagai faktor risiko lingkungan yang dapat mengancam kesehatan kulit seperti ancaman UV damage dan semakin memburuknya polusi udara. Disatu sisi, angka kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam memelihara lingkungan dan inovasi teknologi juga terus meningkat. Salah satu cara yang digunakan masyarakat ialah memilih produk-produk eco-friendly yang ramah lingkungan.

Dermatologis Dokter Kardiana Dewi mengatakan sunscreen memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan estetika kulit. Karena sunscreen tidak hanya menjadi tameng dari bahaya radiasi sinar UV B yang menyebabkan kulit terbakar, namun juga sekaligus melindungi dari UV A yang mempercepat proses penuaan pada kulit, seperti timbulnya kerutan, keriput, kulit kusam dan kasar, hingga flek dan bintik hitam.

Menurutnya penggunaannya pun tidak cukup hanya ketika kita akan beraktivitas di luar ruangan. Namun juga ketika kita berada di dalam ruangan. Karena sinar UV matahari tetap dapat menembus melalui jendela dengan intensitas yang tinggi. 

Dermatologist, dokter Kardiana Dewi saat ditemui setelah acara peluncuran The Ultimate Day to Night New Sun Care Habit dari Anessa, Jumat, 29 Maret 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

“Kita harus menciptakan kebiasaan baru untuk menjaga dan melindungi kulit kita setiap saat hingga malam hari sekalipun. Karena efeknya memang tidak langsung terasa atau terlihat, namun jika sudah bermasalah maka akan relatif sulit untuk memperbaikinya dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit," ucapnya dalam acara Launching The Evolution of Anessa: The Ultimate Day-to-Night protection with our New Sun Care Habit di Jakarta, Jumat, 29 Maret 2024 

Selain itu, Dokdew sapaan akrab Kardiana Dewi juga menjelaskan mengenai pentingnya memilih sunscreen dengan SPF yang tepat. Angka SPF menunjukkan ketahanan produk dalam melindungi permukaan kulit saat berada di bawah paparan sinar UV. Dirinya menyarankan penggunaan sunscreen di negara tropis seperti Indonesia sebaiknya memiliki SPF 30 yang mana dapat memblok 97 persen paparan sinar UV B.

Selain memperhatikan kadar SPF, Dokdew turut menambahkan, "Penting juga untuk memperhatikan adanya perlindungan terhadap UV A. Untuk mendapatkan perlindungan yang baik terhadap UV A ini, pilihlah sunscreen yang memiliki grade PA+++. Formulasi yang digunakan tersebut akan sangat berpengaruh pada kemampuan produk dalam menjaga kesehatan kulit kita.”

Dengan maraknya berbagai produk sunscreen yang beredar di pasaran, Dokdew pun menghimbau masyarakat agar lebih bijak, cermat dan teliti dalam memilih sunscreen untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal untuk kulit.

Teknologi Auto Veil untuk Sunscreen  

Inovasi berupa Auto UV Veil Technology dihadirkan oleh Anessa dalam produk terbarunya untuk rangkaian Anessa Gold Series. Teknologi ini terinspirasi dari ekspresi manusia yang tanpa sadar dapat berkedip sebanyak 1.200 kali hanya dalam waktu satu jam. Tidak hanya berkedip, tapi juga tertawa, berbicara, dan ekspresi yang tanpa disadari lainnya. 

Gerakan mikro-ekspresi ini dapat menyebabkan lapisan sunscreen tergores, bergeser dan bahkan luntur. Jadi, meskipun goresan atau kerusakan terjadi karena gerakan, dengan proteksi maksimal dari Anessa sunscreen, area di sekitar wajah dapat tetap terlindungi. Berdasarkan hasil riset tersebut, lahirlah teknologi auto veil yang membuat lapisan sunscreen diperbaiki, meratakan serta menghaluskan lapisan kulit secara otomatis.

Maharani Anindita selaku Brand Manager Anessa Indonesia mengatakan Automatically Smooth UV Veil Technology yang terdapat pada produk Anessa Gold Series ini berfungsi untuk memperbaiki lapisan sunscreen yang tergores atau crack di permukaan kulit. Sehingga, teknologi ini bantu memberikan perlindungan kulit ang menyeluruh dan lebih tahan kuat. Hasilnya, UV Veil meregang dan memulihkan kondisi permukaan kulit wajah kita.

Lebih lanjut ia menjelaskan upgrade dari formula terbaru Anessa ini dirancang khusus dari hasil riset panjang terhadap reaksi kulit manusia terhadap paparan sinar matahari. Teknologi ini dapat mengembalikan kondisi mikro permukaan kulit yang rusak akibat intensitas tinggi sinar UV ke wajah.

Peluncuran The Ultimate Day to Night New Sun Care Habit dari Anessa, Jumat, 29 Maret 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Selain itu produk terbaru yang dirilis oleh Anessa juga menyertakan material skincare dari alam, seperti Green Tea dan Purple Tea extract untuk antioksidan, Unshiu Citrus extract untuk melembabkan, dan Yellow Flower extract untuk anti-penuaan. Bahan-bahan tersebut diharapkan dapat mengatasi kerutan, kulit kendur, dan dehidrasi saat digunakan setiap hari.

Membawa pesan utama “The Ultimate Day-to-Night protection with our New Sun Care
Habit/Refine Your Beauty with an Advanced Technology”, Anessa ingin agar produk-produk yang diluncurkannya dapat menjadi solusi perlindungan menyeluruh bagi kulit wajah dan tubuh masyarakat Indonesia dari terpaan sinar UV pada siang hari dan memperbaikinya pada malam hari. Sebagaimana yang masyarakat awam pahami bahwa perlindungan dari sinar UV hanya perlu dilakukan di siang hari saat adanya matahari. Padahal, perawatan menyeluruh juga perlu dilakukan di malam hari untuk memberikan hasil optimal bagi kulit.

Tak hanya mengeluarkan varian produk sunscreen yang berevolusi dengan teknologi terkini, Anessa sebagai brand yang fokus pada produk suncare juga merilis produk perawatan Night Sun Care Serum yang berfungsi untuk memberikan perawatan ekstra bagi kulit wajah dan tubuh. 

Di malam hari, proses regenerasi berlangsung secara maksimal. Karena itu, keberadaan Night Sun Care Serum efektif mendukung proses regenerasi sehingga kulit wajah menjadi lebih lembab dan cerah saat bangun di pagi hari. Anessa ingin menciptakan tren kebiasaan baru dari masyarakat agar tidak hanya berfokus pada perawatan pagi hari dengan menggunakan sunscreen, namun juga perawatan di malam hari setelah beraktivitas seharian dibawah sinar UV. 

"Dengan dua kandungan utama yakni Niacinamide dan Glutamic Acid, Anessa Night Sun Care Serum ini dapat memperkuat fungsi skin barrier, melembabkan, mampu menenangkan kulit, serta menghilangkan flek hitam,” ungkap Dita sapaan akrab Maharani Anindita.

Menariknya di acara ini, Anessa juga bekerjasama dengan ASTARI untuk me-recycle 624 kg akrilik bekas display toko sebagai merchandise untuk para tamu yang hadir. Inisiatif-inisiatif ini tentunya sejalan dengan visi Anessa untuk memberikan dampak berkelanjutan tidak hanya pada manusia, tetapi juga pada Bumi, sejalan dengan program SUN-stainable World dari Anessa.

Pilihan Editor: Tips Memakai Sunscreen Lebih dari Sekali, Perlindungan Kulit Wajah Maksimal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."