Gaya Kahiyang Ayu dalam Balutan Songket, Warganet: Memang Boleh Selangsing Itu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putri kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu mengunggah foto bertema bulan Ramadan. Dalam foto tersebut, Ayang sapaan akrabnya tampil anggun berbalut kain songket Palembang yang telah menjelma busana ready to wear. 

Perempuan kelahiran 20 April 1991 ini tampil manglingi dengan kain songket motif bunga cino rancangan desianer Mel Ahyar. Melalui tangan dingin fashion stylist langganannya Doley Tobing, Ayang begitu feminin. 

Sebagai atasan ia mengenakan baju kurung dari songket warna keemasan dan hijau gelap, terdapat detail selendang di sisi kiri pundak. Kemudian untuk bawahan ia memamai kain songket senada dengan warna keemasan dan cokelat Tak lupa Ayang menyematkan kerudung pashmina dan brooch sebagai pelengkap dari Anom Silver. 

"Ramadhan kali ini terasa seperti motif songket bungo cino yg aku pake ini, yg memiliki makna keragaman, kedamaian dan keindahan.Semangat menjalani minggu terakhir Ramadhan," tulisnya di laman keterangan foto. 

Menanggapi foto yang diunggah Ayang, para warganet memuji penampilannya kali ini. Sebagian besar mengagumi Ayang yang sekarang terlihat langsing. Salah satu komentar menuliskan: "Emang boleh selangsing itu." Ada pula yang berkomentar: Pangling lihat mbak ayang. Langsing sekaliii."

Makna Motif Bunga pada Songket Palembang

Merujuk penelitian Anita Resianty dkk, dalam judul Makna Motif Kain Songket Palembang pada Masyarakat Palembang di Kecamatan Sako Palembang, kain Songket Bungo (bunga) adalah jenis Songket yang memiliki motif tengah mirip bunga, setiap motif yang terdapat pada permukaan kain menggunakan benang emas dan benang sutera. 

Terlihat seperti pada motif bunga emas dan bunga pacik, yang membedakannya adalah benang yang digunakan jika motif bunga emas menggunakan benang emas dan jika motif bunga pacik maka menggunakan benang sutera.

Sebagai informasi, bukan hanya sekali Ayang mengenakan koleksi dari Mel Ahyar. Sebelumnya dalam fashion show Mel Ahyar bertajuk Kultulibrasi, ibu tiga anak ini tampil memesona dengan outer bercorak wastra yang dipadukan celana warna hitam. 

Begitu pula saat maternity shoot anak ketiganya, Ayang tampil lebih matur dan klasik dengan balutan busana dari Mel Ahyar yang terdiri dari bawahan rok plisket, atasan berupa outer berlayer dan tumpuk dengan warna serasi nuansa earth tone. Kemudian innernya berupa blouse warna hitam dengan lengan ruffles. 

Diketahui, karakter desain Mel Ahyar begitu kuat dalam busana yang dikenakan oleh Kahiyang, terlihat bergaya eklektik, menggabungkan banyak unsur dan ornamentasi yang semarak, tetapi tidak berlebihan. 

Pilihan Editor: Pencapaian Kahiyang Ayu di 2023, Berhasil Diet dan Turun 30 Kilogram

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."