Libur Tahun Baru ke Pangandaran, Berikut 11 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pantai Batu Karas Pangandaran (disparbud.jabarprov.go.id)

Pantai Batu Karas Pangandaran (disparbud.jabarprov.go.id)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari banyaknya wilayah di Jawa Barat, Pangandaran menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Selain dikenal dengan pantainya, Pangandaran juga menawarkan cagar alam yang termasuk destinasi alam. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak sederet destinasi alam di Pangandaran dikutip dari My Pangandaran.

Destinasi alam di Pangandaran, dari pantai hingga cagar alam.

1. Pantai Batu Karas

Salah satu destinasi wisata Pangandaran adalah Pantai Batu Karas. Pantai ini berlokasi di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. 

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini, seperti berperahu di bengawan, berselancar, hingga berkemah. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap, seperti penyewaan papan selancar dan ban renang, kios cinderamata, camping ground, hingga hotel.

2. Pantai Timur Pangandaran

Ini adalah salah satu objek wisata primadona di Pangandaran. Berlokasi di Desa Pananjung, Pangandaran, pantai yang satu ini memiliki berbagai keistimewaan yang membuatnya diserbu wisatawan saat musim liburan.

Di antaranya adalah adanya taman laut, hamparan pantai dengan pasir putih, pantai yang landai dan jernih, serta dapat melihat matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti snorkeling, diving, bersepeda, memancing, hingga menaiki perahu pesiar.

3. Pantai Batu Hiu

Dinamakan Pantai Batu Hiu karena di pantai ini ada sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu. Selain menikmati keindahan panorama pantai, pengunjung juga bisa mengunjungi penangkaran hiu di pantai ini. 

Ada juga kios oleh-oleh, restoran, dan penginapan di sekitar pantai. Pantai Batu Hiu masuk di kawasan Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran.

Pantai ini dapat diakses dengan perjalanan dari Alun-alun Pangandaran selama 30 menit.

4. Pantai Karapyak

Pantai berpasir putih ini berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap, yakni toilet, tempat parkir, dan musala.

Pantai Karapyak juga memiliki wahana Teras Kaca yang berhadapan langsung dengan laut. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000 supaya bisa bermain-main dengan alam yang memesona.

5. Pasir Putih Pangandaran

Hampir di semua wilayah kota/kabupaten pesisir, pasti mempunyai pantai bernama pasir putih. Begitu pula dengan Pangandaran. 

Pantai Pasir Putih di sini menawarkan bentangan pasir bersih dengan pemandangan laut yang mengagumkan. Maka tak mengherankan apabila pantai ini dijadikan pilihan terbaik untuk wisata bersama keluarga khususnya anak-anak.

6. Pantai Madasari 

Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecil yang berpadu dengan hijaunya daratan. Selain itu, Pantai Madasari juga dihiasi oleh batu-batu karang yang unik dan pantai yang landai. 

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti berkemah, game, dan outbond. Ada juga camping ground dan gazebo di sekitar pantainya.

Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan. Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

7. Green Canyon

Objek wisata ini pertama kali dipopulerkan pada 1993 oleh wisatawan asal Perancis. Nama Green Canyon sendiri merupakan plesetan dari nama Grand Canyon yang berada di Colorado, Amerika Serikat. 

Terletak di desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, destinasi wisata ini dapat dicapai dengan menyewa perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan disini, seperti panjat tebing, berenang, bermain kayak, bermain sampan, hingga memancing.

8. Citumang (Green Valley)

Tempat wisata ini memiliki daya tarik khusus karena sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati di sekitarnya. Tepian sungai terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam yang dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. 

Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah river tubing, body rafting, camping, tracking, outbond, dan canoeing.

9. TWA Cagar Alam

Wisata Pangandaran TWA Cagar Alam merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Terdapat goa-goa, kawasan karst, dan flora serta fauna yang masih alami di dalamnya. 

Selain itu, ada juga hewan primata yang masih menghuni kawasan tersebut. Di tempat wisata ini ada Goa Cirengganis yang mata airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

10. Bulaksetra

Sebagai tempat wisata, Bulaksetra menyajikan fenomena alam yang beragam. Mulai dari keanekaragaman jenis mangrove hingga fauna yang terdapat dalam ekosistem tersebut, seperti burung, mollusca (siput atau keong), ikan, jenis-jenis crustacea (kepiting) dan lain sebagainya. 

Di sini, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan kayaking dan kunjungan ke desa nelayan serta melihat langsung proses pembuatan ikan asin dan gula merah. 

11. Wonderhill Jojogan

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Wonderhill Jojogan ini, mulai dari berenang, body rafting, camping, atau sekadar menikmati pemandangan Pangandaran dari ketinggian. 

Di tempat ini, ada taman Farikota yang menyajikan aneka tanaman anggrek. Ada juga area bermain anak, camping ground, dan goa lalay yang setiap sore akan mengeluarkan ribuan kelelawar dari dalam mulut goanya.

Di sekitar Wonderhill Jojogan juga ada gazebo, jembatan pohon, dan penginapan untuk para pengunjungnya.

RADEN PUTRI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."