Inspirasi Salma Salsabil Ciptakan Lagu, dari Kisah Sendiri saat Kangen Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Salma Salsabil/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Salma Salsabil/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Salma Salsabil 'Aliyyah Putri Mandaya atau akrab disapa Salma Salsabil membagikan cerita sumber inspirasinya saat menulis lagu bisa berasal dari mana saja. Misalnya lagu Rumah yang sudah rilis terinspirasi dari keluarganya, dalam hal ini orang-orang yang tinggal di rumah. 

"Kenapa akhirnya nulis lagu rumah? Karena waktu karantina lumayan lama rasanya kangen orang rumah dan kebetulan itu sudah babak ke berapa banyak, tapi orang tua belum pernah bisa datang, kan," ucap Salma kepada CANTIKA, Rabu, 13 Maret 2024. 

Proses membuatnya juga relatif singkat, karena memang sudah sedemikian rindu sama orang-keluarga di rumah. "Jadi ingat adik, mama, dan bapak. Bagaimana aku coba mengekspresikan rasa sayang sama mereka, kaya kadang kan kita misal ditanya kabar sama orang rumah seringnya bilang baik-baik saja padahal belum tentu," ucap pelantun Bunga Hati ini. 

Juara Indonesian Idol musim kedua belas ini mengatakan jika ia termasuk sosok yang dekat dengan sang ayah, walau diakui ayahnya termasuk punya gengsi tinggi bukan tipe bisa mengungkapkan rasa sayang pada anak-anak mereka. 

"Terus dia enggak pernah menanyakan kabar setiap hari, tapi dia selalu menanyakan setiap hari ke mama. Jadi mama itu bagian tanya kabar. Jadi kayak lama-lama kayak, ih bapak aku yang sok kuat orangnya kaku tegas, dan disiplin. Tapi ya kangen juga sih jiwa senimannya gitu," ucap pencipta lagu ini. 

Walau begitu, bagi Salma sosok sang ayah adalah salah satu support system. "Kalau misalnya kamu suka musik, ya sudah ditekuni gitu, kan. Nah, satu momen aku pernah ngalamin bapak aku itu kalau latihan “kamu harus bikin lagu!” nanti dikasih sehari 50 ribu. Jadi kalau semisalnya aku dapat bikin lagu, nih, “Pa, aku udah bikin lagu" terus dikasig 50ribu, lumayan buat jajan," seloroh dia.  

Bagi Salma menulis lirik lagu benar-benar bisa membuat produktif, bahkan ia mengaku paling cepat baru saja menciptakan lagu berjudul Rumah dari jam 12 siang selesai jam 5 sore. Namun, ada pula lagu yang butuh lama untuk diendapkan lebih dulu sampai berbulan-bulan misalnya. 

"Biasanya kalau lagi asyik menulis lalu tiba-tiba buntu. Biasanya aku siasatin dengan begitu dapat inspirasi langsung diselesaikan hari itu juga, karena besok kalau dilanjutkan momennya jadi beda. Mau ambil ceritanya juga sudah enggak sama," ucap perempuan kelahiran 12 Februari 2002 ini.

Salma mengaku, untuk inspirasi lagu biasanya ia dapatkan dari pengalaman diri sendiri. Menariknya ia bahkan pernah mendapat ide dari kamar kos-nya. "Aku pernah tulis lagi tentang kamar kos-an aku judulnya 3x4. Kamar kos  itu kecil, tapi kayak kita nyaman dengan dikasih lampu-lampu cantik gitu, loh," imbuh dia. 

Pilihan Editor: Spotify Umumkan Daftar Artis RADAR Indonesia 2024, dari Salma Salsabil hingga Satine Zaneta

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."