12 Cara Jatuh Cinta Lagi pada Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Debaran dan keintiman saat jatuh cinta kali pertama bisa memudar seiring waktu dalam pernikahan. Setelah cukup banyak waktu yang dihabiskan untuk mengatasi kebiasaan buruk pasangan seperti pintu lemari dibiarkan terbuka, kaus kaki di lantai atau handuk di tempat tidur mungkin sulit untuk merasakan kembali suasana bulan madu. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara jatuh cinta lagi pada pasangan menurut psikolog klinis. Yuk, kita telusuri bersama.

1. Buat Ulang Kencan Pertama

Ketika pasangan sudah begitu terbiasa dengan kehadiran satu sama lain sehingga semua hal-hal manis yang biasa Anda bisikkan telah digantikan dengan keluhan tentang, misalnya, kaus kaki kotor di lantai, inilah saatnya merancang kembali momen kencan.

Lakukan perjalanan berdua dengan menciptakan kembali kencan pertama Anda. Ini mungkin terdengar klise, tetapi jangan sampai Anda mencobanya.

“Menghubungkan kembali ke masa lalu dan hal-hal yang membuat Anda bahagia adalah cara yang bagus untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa yang Anda sukai, yang dapat memicu kenangan positif dan mengembalikan 'kekaburan hangat' tersebut,'' kata psikolog klinis dokter Bethany Cook dikutip dari Purewow.

Yap, ini adalah salah satu contoh di mana bukanlah hal yang buruk untuk membiarkan sejarah terulang kembali.

2. Jauhi Ponsel Sementara Waktu

Cara ini cukup mudah karena ditujukan pada kebiasaan buruk yang sebagian besar orang di era digital, yaitu terlalu memperhatikan ponsel. Dokter Cook menyarankan untuk meninggalkan semua ponsel dan perangkat di rumah saat Anda keluar malam bersama pasangan. Hal ini menghilangkan dorongan yang mengganggu untuk “memeriksa sesuatu” di ponsel Anda dan menciptakan kondisi untuk percakapan yang bermakna dan tanpa gangguan.

3. Makan Malam Hanya dengan Tangan

Setelah Anda memutuskan untuk menjauhi ponsel sementara waktu, tangan Anda bebas melakukan hal lain termasuk makan.

“Stimulasi sensorik selama makan meningkatkan kenikmatan Anda secara keseluruhan dan banyak orang di dunia memuji makan makanan dengan tangan Anda,” kata dokter Cook.

Baik Anda menyiapkan makanan di rumah atau pergi ke restoran lokal, kencan makan malam tanpa peralatan makan akan membuat segalanya menjadi lebih seru, pastikan untuk saling menyuapi. “Tindakan sederhana menawarkan makanan kepada orang lain mendatangkan kedekatan dan hubungan,” ucapnya.

4. Berpelukan Setiap Hari

Cobalah untuk berbagi pelukan panjang setiap hari. Untuk hasil terbaik, Anda dan pasangan harus berdiri dengan seimbang (tidak ada yang menarik yang lain ke arah mereka) sehingga Anda benar-benar dapat menyalurkan energi satu sama lain.

5. Tukarkan Ucapan Terima Kasih Secara Acak

Sangat umum juga bagi mereka yang menjalin hubungan jangka panjang untuk mendapati diri mereka berfokus pada hal-hal negatif tentang pasangannya, dan sering kali diperlukan upaya sadar untuk menghindari hal tersebut. Oleh karena itu, dokter Cook merekomendasikan untuk secara rutin mengirimkan pesan-pesan manis dan acak kepada pasangan Anda (baik melalui pesan teks atau tempelan di dapur) yang menunjukkan hal-hal positif. Praktik prososial ini adalah cara yang pasti untuk meningkatkan perasaan terhubung dan cinta.

6. Ikuti Kelas Bersama

“Mempelajari sesuatu yang baru akan menyegarkan otak dan menggairahkan batin kita,” kata dokter Cook. Jadi tidak mengherankan ketika Anda mengalami emosi yang tinggi dengan pasangan Anda, Anda berada di jalur cepat untuk terhubung kembali. Ada banyak kelas virtual yang tersedia, sehingga Anda dan pasangan bisa mempelajari hobi baru dari rumah.

7. Menjadi Relawan

“Bertindak dengan cara altruistik dapat melepaskan hormon bahagia dalam tubuh dan membuat seseorang merasa 'dicintai' dan terhubung dengan orang-orang di sekitarnya,” kata Cook. Intinya, ada banyak sekali cara untuk memberi kontribusi kepada komunitas Anda—kesempatan menjadi sukarelawan baik secara langsung maupun virtual—dan ketika Anda mengajak pasangan Anda untuk melakukan hal-hal baik, ini adalah resep untuk menjalin hubungan kembali.

Di halaman selanjutnya, berpegangan tangan hingga membaca buku termasuk cara jatuh cinta lagi pada pasangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."