Cerita dan Makna di Balik Buku Kamu Tidak Istimewa Karya Natasha Rizky

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Natasha Rizky/Foto: Instagram/Natasha Rizky

Natasha Rizky/Foto: Instagram/Natasha Rizky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan pengusaha, Natasha Rizky Pradita atau akrab disapa Aca belum lama ini menerbitkan dan menulis buku Kamu Tidak Istimewa yang menjadi karya ketiganya. Buku bersampul hitam ini menuliskan refleksi Aca dalam genre puisi yang banyak mengangkat pesan self love atau mencintai diri sendiri. 

"Aku coba membuat statement berbeda untuk makna self love. Nah salah satunya dengan menebar kata-kta positif yang membuat kita atau pembaca menjadi lebih kuat," ucap ibu tiga anak ini melalui pesan instan, Kamis, 7 Maret 2024 . 

Pernyataan beda yang dimaksud Aca ialah dengan saling mengingatkan atau menyadari bahwa kita ini adalah makhluk Tuhan yang lemah, butuh pertolongan, yang hanya bergantung kepada penciptanya. Bagaimana caranya supaya kita kuat seperti makna self love selama ini. "Kaya coba mengingatkan lagi kalau kita harus bergantung pada Sang Pencipta," imbuh pemeran dalam film Layla Majnun dan Hijab ini.

Kalau baca judulnya mungkin kontras, lanjut Aca, mengapa tidak istimewa. Jadi, 'Kamu Tidak Istimewa’ ini sebenarnya adalah bentuk sarkasme judul yang mengartikan bahwa, kita ini selalu merasa sendirian, yang paling menderita ketika mendapatkan ujian.

Natasha Rizky dan buku ketiganya berjudul Kamu Tidak Istimewa/Foto: Instagram/Natasha Rizky

"Sebenarnya di sini aku pengen membuat statement, bahwa bukan kita satu-satunya manusia yang diuji. Bukan kita satu-satunya manusia yang paling menderita, gitu. Jadi masih banyak orang-orang yang sedang berjuang untuk sekadar bertahan hidup, bahkan boro-boro untuk mencapai goalsnya, sampai bertahan hidup saja mereka susah, bahkan penuh ketakutan di setiap detiknya," papar Aca. 

Menurut perempuan kelahiran 23 November 1993 ini inspirasi buku ia dapatkan dari salah satu teman dia yang pernah bilang padanya saat sedang mengalami masa terpuruk. 

"Dia bilang bilang ‘Ca, lo itu not your special. Bukan satu-satunya orang dari bermiliar-miliaran ini yang diuji sama Allah, gitu. Dan Allah itu mencintai seluruh makhluk-Nya, bukan lo doang. Dan jika Allah mencintai makhluk-Nya, Allah akan menguji makhluk-Nya. Jadi lo, enggak usah merasa paling hancur sendirian," ucap Aca menirukan pernyataan temannya. 

Dialog tersebut diakui Aca cukup membuatnya seperti tertampar, baginya teguran ialah salah satu bentuk ekspresi mengingatkan. "Nah, apa yang temanku ucapkan buat aku self love, mungkin buat orang beda-beda, ada dengan kata-kata manis, harus dengan liburan dulu, healing dulu apa segala macam. Tapi buat aku self love adalah sebuah kata-kata, yang menyadari dan juga mengingatkan aku betapa kita adalah orang-orang yang perlu sadar akan kehadiran penciptanya," jelas Aca. 

Sebagai informasi dua buku yang diterbitkan Aca sebelumnya bertajuk Katanya Nikah Mudah dan Catatan Kronik. Aca juga sudah lama membuat wadah literasi di media sosial dengan nama akun @DiksiAca. 

Setelah menulis buku ketiga, Aca masih belum memikirkan akan menulis apa lagi karena proses buku Kamu Tidak Istimewa ini dirasakan cukup menguras waktu. "Jadi perlu mengembangkan dulu sih, karena masih banyak banget yang perlu di-eksplor dari buku Kamu Tidak Istimewa ini untuk project-project ke depannya," pungkas pengagum Chairil Anwar ini. 

Pilihan Editor: Momen Manis saat Natasha Rizky Beri Semangat untuk Desta di Pertandingan Tenis

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."