5 Kalung Cartier Termahal, Ada yang Terbuat dari Safir, Giok hingga Mutiara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kalung Cartier yang terbuat dari berlian dan batu safir. Foto: Sothebys

Kalung Cartier yang terbuat dari berlian dan batu safir. Foto: Sothebys

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan mode atau fashion kali ini, kita mengulik kalung Cartier termahal yang dijual Sothebys. Sebelum ke sana, mari kita menyegarkan ingatan terkait sejarah Cartier. Merek perhiasan mewah Perancis ini didirikan pada tahun 1847 dan membuka butik pertamanya pada tahun 1859. Pada tahun 1993, Cartier digabungkan dengan merek lain, membentuk Vendome Luxury Group. Grup Vendome Luxuruy yang menjadi Richemont kini memiliki 19 merek mewah termasuk Van Cleef dan Buccellati.

Cartier juga termasuk merek desainer perhiasan mewah terpopuler dengan lebih dari 5 juta pencarian Google per bulan. Pada tahun 2023, rumah lelang dan pialang Sotheby's menjual perhiasan Cartier senilai hampir USD30 juta dengan harga berkisar antara lebih dari USD5.000 hingga USD2.8 juta.

"Perhiasan yang ditandatangani oleh maison legendaris (termasuk Cartier) terus memesona, karena para penikmat berburu khususnya perhiasan ikonik dan antik yang mewakili hal terbaik yang ditawarkan rumah-rumah besar," kata Quig Bruning, SVP Kepala Perhiasan, Amerika & EMEA dikutip dari Sothebys.

Berikut sejumlah kalung Cartier termahal yang dijual pada tahun 2023 di Sotheby's.

1. Kalung Cartier USD2,8 juta

Kalung Cartier termahal dijual seharga USD2,8 juta atau sekitar mencapai Rp45 miliar (berdasarkan kurs saat artikel ditayangkan) pada tahun 2023 di Sotheby's. Kalung itu terbuat dari safir 34,91 karat dan berlian 40,09 karat.

Kalung yang berasal dari tahun 1950 itu menampilkan lima safir potongan zamrud dan persegi dengan berat 10,01, 7,66, 7,35, 5,45 dan 4,44 karat, dengan aksen berlian bulat, baguette, dan potongan persegi. Safir tersebut berwarna biru tua sedang, sangat jenuh, bersih dari mata hingga agak dalam, dan berasal dari Kashmir, tanpa tanda-tanda pemanasan. Berlian tersebut kira-kira berwarna E-G, didominasi kejernihan VVS-VS dengan beberapa contoh kejernihan SI (Slightly Included atau berlian terlihat bersih dengan mata telanjang).

2. Kalung Cartier USD1,3 juta

Kalung Cartier termahal kedua dijual seharga USD1,3 juta atau sekitar Rp20,5 miliar pada tahun 2023 di Sotheby's. Kalung manik Jadeite memiliki pengait dari berlian Cartier. Kalung ini dilengkapi dengan 31 manik-manik batu giok hijau terang dengan tingkat transparansi yang sangat baik, lengkap dengan pengait berlian berbentuk marquise Cartier, dipasang pada emas putih 18 karat.

Manik-manik batu giok berukuran sekitar 16,93 hingga 14,68 mm dan diuji sebagai manik alami, yang dalam perdagangan dikenal sebagai "A Jade". Berlian pada pengait diperkirakan memiliki berat sekitar 2,80 karat, kira-kira warna E-F, kejernihan SI.

3. Kalung Cartier USD711.200

Kalung Cartier termahal ketiga dijual seharga USD711.200 atau sekitar Rp11, 2 miliar pada tahun 2023 di Sotheby's. Kalung Cartier Panthère dapat dikenakan sebagai kalung dramatis dan juga sebagai bros dan kalung secara terpisah. Kalung Cartier Panthère menampilkan safir, berlian, zamrud, dan onyx. Selama lebih dari 100 tahun, Cartier Panthère telah menjadi ikon andalan desain Cartier. Panthère telah memberikan inspirasi yang tiada habisnya bagi setiap generasi desainer perhiasan Cartier.

Berlian tersebut, dinyatakan memiliki berat total sekitar 30,71 karat, memiliki warna kira-kira FG, kejernihan VVS-VS. Safir, yang dinyatakan memiliki berat total sekitar 16,57 karat, berwarna biru sedang dan sedikit disertakan. Adapun zamrud yang digunakan memiliki berat total sekitar 0,24 karat, berwarna hijau sedang dan sedikit disertakan.

4. Kalung Cartier USD674.000

Kalung Cartier termahal keempat dijual seharga USD674.000 atau Rp10,6 miliar pada tahun 2023 di Sotheby's. Kalung tersebut berbentuk rangkaian desain bunga dan dedaunan dari potongan berlian berbentuk buah pir dan cushion shape. Berlian tersebut memiliki Warna D hingga F, Sempurna Secara Internal hingga Kejelasan VS2. Kalung itu sebelumnya adalah milik seorang Putri.

5. Kalung Cartier USD638.000

Kalung Cartier termahal kelima dijual seharga USD638.000 pada tahun 2023 di Sotheby's. Kalung Cartier dari tahun 1930-an ini menampilkan mutiara dan berlian alami. Terdiri dari deretan mutiara air asin alami, kalung ini dihiasi spacer yang dilengkapi dengan berlian bertingkat, potongan melingkar, dan baguette. Mutiaranya berbentuk bulat hingga hampir bulat dan bergradasi bagus, menampilkan warna putih krem dengan nuansa mawar dan hijau sedang serta kilau yang bagus.

Pilihan Editor: Zendaya Tampil Memesona Berhias Kalung Berlian dan Zamrud 93 Karat

SOTHEBYS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."