Gaya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Busana Hitam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memakai keffiyeh saat penyampaian pendapat di ICJ, Jumat, 23 Februari 2024. Sumber : istimewa

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memakai keffiyeh saat penyampaian pendapat di ICJ, Jumat, 23 Februari 2024. Sumber : istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi kerap menuai pujian dari warganet. Perempuan asal Semarang ini memang kerap tampil chic dan fashionable mulai dari busana, aksesori hingga alas kaki.

Dalam beberapa unggahannya di Instagram, Retno terlihat cukup sering mengenakan pakaian berwarna hitam. Berikut beberapa gaya Menteri Retno dengan busana hitam.

1. Gamis di Acara Buka Puasa Bersama

Menteri Retno menggelar buka puasa bersama para duta besar dan diplomat di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024. Pada kesempatan itu Retno menyapa dan berbicara dengan para tamunya. Dia mengenakan gamis hitam dengan bagian kerah dari renda putih. Dia memadukan busananya dengan kerudung hitam polos.

Pada captionnya yang lucu, Retno menyebutkan beberapa menu dalam acara berjudul Pejambon Ifthar itu. Di antaranya ada sate ayam, soto mi, siomay, selat Solo, dan lainnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di acara buka puasa bersama “Pejambon Ifthar” di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Maret 2024. TEMPO/Nabiila Azzahra A.

2. Blus dan Rok di Pertemuan Diplomat Perempuan

Retno tampak kasual dan simple dengan blus hitam dan rok yang ia kenakan saat bertemu para diplomat perempuan lintas negara, Kamis, 21 Maret 2024. Meski demikian, kesan formal tetap terlihat. Bajunya dipadu dengan sepatu hitam dan aksesori ada pada pita di bagian kerahnya, membuatnya makin trendi.

3. Fashion Statement saat Pidato di ICJ

Seperti biasa, untuk penampilan saat pidato Retno, mengenakan setelan blazer serbahitam saat di forum internasional. Namun, kali ini sikap Retno diwakili dengan fashion statement berupa scarf keffiyeh khas Palestina. Ia juga menambahkan brooch keemasan di sisi kanan blazer

Scarf Keffiyeh yang menjadi simbol perjuangan Palestina. Scarf Keffiyeh atau syal bermotif kotak-kotak ini dimaknai sebagai lambang solidaritas perjuangan Palestina dari serangan Israel.

4. Perpaduan Hitam dan Putih

Dalam beberapa unggahan fotonya di Instagram, Retno juga suka memakai baju dengan perpaduan warna netral hitam dan putih. Di antaranya ada batik, blazer, blus, hingga dress.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan kebaya ala Gadis Kretek saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Jumat, 8 Desember 2023. Dokumentasi: Istimewa.

Pilihan Editor: Tips Tampil Fashionable ala Menlu Retno Marsudi, Persiapan Lebih Awal dan Bawa 2 Jenis Sepatu

ECKA PRAMITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."