5 Cara Mengendalikan Emosi saat Bertengkar dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bersikap tetap tenang salah satu kunci penting saat bertengkar dengan pasangan. Jika Anda dikuasai emosi, argumen yang konstruktif bisa berubah menjadi pertengkaran sengit dipenuhi amarah. Untuk catatan kita bersama, berikut sejumlah cara mengendalikan emosi saat bertengkar dengan pasangan agar tidak berujung pada hal yang tak diinginkan.

1. Praktikkan teknik pernapasan

Dianjurkan untuk menarik napas dalam-dalam dan berlatih diam karena membantu mengatasi situasi pertengkaran memanas. Teknik pernapasan membantu meredakan perdebatan. Ini adalah alat praktis untuk mengatasi kemarahan dan pertengkaran. Mengambil jeda efektif dalam mengurangi stres.

2. Komunikasi empati

Komunikasi yang empati memupuk pemahaman dan membantu mencegah argumen berubah menjadi pertengkaran tidak sehat. Empati membantu memvalidasi pengalaman dan pemikiran individu lain dan membantu menyelesaikan argumen.

3. Hindari bersikap agresif

Salah satu cara penting untuk mengatasi pertengkaran adalah dengan berkomunikasi dan tidak bersikap agresif. Bersikap agresif memperburuk perdebatan sengit. Terus-menerus membuktikan sudut pandang Anda secara agresif akan semakin membesar-besarkan masalah.

4. Luangkan waktu sejenak untuk merenung

Penting untuk melakukan refleksi sebelum memberikan pembenaran dan menuntut klarifikasi dari pasangan. Refleksi membantu mengidentifikasi pemicu dan penyebab situasi konflik, juga membantu menenangkan situasi.

5. Cobalah lebih bersabar

Hindari kehilangan kesabaran di tengah perdebatan sengit. Daripada kehilangan kesabaran, lebih baik mencari solusi untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Berteriak dan meninggikan suara hanya akan meningkatkan ketegangan saat bertengkar dengan pasangan. Dalam hal ini, kesabaran membantu menangani situasi dengan bijak.

Pilihan Editor: Hindari Melakukan 5 Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."