5 Soft Skill yang Bantu Naik Jabatan, Salah Satunya Keterampilan Mengatasi Masalah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSoft skill adalah keterampilan psiko-sosial yang membantu Anda menumbuhkan etos kerja progresif dan pertumbuhan dalam karier Anda. Keterampilan ini merupakan kompetensi penting yang meningkatkan keberhasilan di tempat kerja dan menumbuhkan budaya kerja yang positif. Temuan penelitian terbaru menyimpulkan bahwa kurangnya soft skill adalah salah satu alasan utama penutupan lapangan kerja. Perekrut dan manajer merekrut dan mempromosikan profesional dengan soft skill yang tajam. Lantas, apa saja soft skill yang dibutuhkan untuk naik jabatan? Berikut lima di antaranya.

1. Keterampilan mengatasi masalah

Keterampilan mengatasi masalah sangat penting dalam mencapai posisi kepemimpinan dan manajerial. Tanpa pola pikir yang berorientasi pada solusi, hampir sulit mengelola tim dalam sebuah organisasi.

Dari menemukan solusi hingga masalah terkait pekerjaan yang kompleks hingga melaksanakannya dalam jangka waktu tertentu, keterampilan pemecahan masalah membantu Anda mengembangkan kompetensi inti untuk lingkungan kerja yang menantang namun dinamis.

2. Kerja tim dan kolaborasi

Partisipasi aktif dalam tim menciptakan lingkungan kerja yang progresif. Berkolaborasi dengan rekan kerja Anda di berbagai proyek menentukan kehadiran, komitmen, dan keterlibatan Anda tepat waktu di tempat kerja. Ini adalah salah satu soft skill penting yang dapat meningkatkan jenjang karier Anda.

3. Fleksibilitas dan pola pikir belajar

Kemampuan beradaptasi dan pola pikir berkembang adalah dua kualitas penting yang harus ditanamkan oleh setiap profesional sebagai bagian dari etika kerja mereka. Pola pikir yang fleksibel memungkinkan Anda menjadi profesional yang termotivasi dan tertarik mempelajari kemajuan terkini dan keahlian yang menghasilkan produktivitas maksimum. Posisi kepemimpinan sebagian besar ditawarkan kepada para profesional yang menunjukkan minat dalam pembelajaran dan kemajuan berkelanjutan.

4. Ketahanan bekerja

Ketahanan di tempat kerja adalah soft skill yang sangat penting yang kini diajarkan dalam sesi pelatihan perusahaan secara global. Jam kerja, kondisi kerja, tekanan kerja, peran pekerjaan yang dinamis, keserbagunaan, dan keseimbangan kehidupan kerja dapat mempersulit kita dalam menghadapi lingkungan kerja yang menantang.

Sikap tangguh dalam menghadapi tantangan dan sikap positif dapat membantu mencapai target. Sikap pantang menyerah dan pola pikir positif membekali Anda untuk menerima perubahan di tempat kerja dan mencapai posisi manajerial.

5. Skill kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan adalah kunci bakat yang dapat membantu Anda mencapai naik jabatan dengan cepat. Mendemonstrasikan keterampilan kepemimpinan memerlukan kemampuan untuk mendelegasikan tugas, menangani banyak proyek, menginspirasi dan memotivasi dengan memimpin dengan memberi contoh, keterampilan memecahkan masalah, dan kemampuan serbaguna. Keterampilan mengambil keputusan dan menyelesaikan konflik meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan promosi jabatan.

Pilihan Editor: 9 Tips Cepat Naik Jabatan yang Perlu Anda Ketahui

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."