Ide Ngabuburit di Bandung, Buka Puasa Bersama Para Satwa di Bandung Zoo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pengunjung memberi makan jerapah di Bandung Zoo, Bandung, Jawa Barat, Senin, 19 Juni 2023. Bandung Zoo mengajukan Kasasi ke Mahkaman Agung, dan tetap mengklaim lahan kebun binatang yang juga berfungsi sebagai hutan kota seluas 13,9 hektare tersebut. TEMPO/Prima Mulia

Pengunjung memberi makan jerapah di Bandung Zoo, Bandung, Jawa Barat, Senin, 19 Juni 2023. Bandung Zoo mengajukan Kasasi ke Mahkaman Agung, dan tetap mengklaim lahan kebun binatang yang juga berfungsi sebagai hutan kota seluas 13,9 hektare tersebut. TEMPO/Prima Mulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebun binatang atau Bandung Zoo menggelar acara ngabuburit yang mengajak pengunjung berbuka puasa bersama satwa. Pengelola menyiapkan paket khusus dari mulai tiket, makanan, sampai interaksi dengan beberapa satwa nokturnal atau yang aktif di malam hari, seperti binturong, singa, burung hantu, ular sanca, atau iguana. 

Acara itu mulai dibuka sejak 16 Maret sampai 7 April 2024. Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya dan khusus hanya di bulan puasa atau Ramadan.

Humas Bandung Zoo Sulhan Syafii mengatakan, ada dua tawaran paket wisata, yaitu Binturong dengan harga Rp100 ribu per orang dan paket Lion seharga Rp120 ribu per orang. Harga itu sudah termasuk tiket dan makanan untuk buka puasa bersama

Lokasi tempat makan menurutnya dekat tempat pengunjung berinteraksi dengan beberapa satwa nokturnal. “Pengunjung antusias untuk berfoto bersama satwa sambil memberi makan,” kata Sulhan, Senin 18 Maret 2024.

Pengelola memasang lampu sorot juga obor-obor sebagai penerangan untuk mendukung acara itu. Adapun untuk beribadah, tersedia masjid di dalam kebun binatang berjarak sekitar 100 meter.

Sebelum tiba waktu berbuka puasa untuk makan bersama, pengunjung bisa berkeliling dulu saat sore hari. Ketika waktu makan di kafe, sensasinya menurut Sulhan yaitu bisa sambil melihat aktivitas singa yang berada di kandang karena lokasinya berdekatan. Setelah itu pengunjung bisa berinteraksi dengan ular sanca dan burung hantu yang dibawa oleh keeper, serta berfoto dengan binturong.

Paket ngabuburit di Bandung Zoo itu dibuka setiap hari dari pukul 16.00 hingga 20.00. Ada pun waktu kunjungan reguler dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan harga tiket Rp50 ribu pada hari kerja dan Rp60 ribu per orang saat akhir pekan.

Sejauh ini setelah beberapa hari buka, paket ngabuburit Bandung Zoo baru menggaet sedikit pengunjung. Dari pengalaman sebelumnya, kata Sulhan, jumlah pengunjung baru akan naik setelah sepekan pertama puasa. Mulai pekan kedua hingga ketiga, kenaikan pengunjung biasanya terlihat terutama pada akhir pekan hingga puncaknya pada hari libur Lebaran atau Idul Fitri. 

Pilihan Editor: Ngabuburit, Waktu Terlama Orang Dengarkan Spotify

ANWAR SISWADI | MILA NOVITA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."