Mengenal Desainer Calvin Klein dan Karyanya yang Nyaman Tapi Bergaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Model yang memeragakan koleksi jam tangan Calvin Klein terbaru. (TEMPO/Yunia Pratiwi)

Model yang memeragakan koleksi jam tangan Calvin Klein terbaru. (TEMPO/Yunia Pratiwi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Busana apa yang terlintas ketika mendengar merek fashion Calvin Klein? Label ini adalah nama seorang perancang busana Amerika yang terkenal dengan pakaian wanita, pakaian pria, jeans, kosmetik dan parfum, seprei dan peralatan mandi, serta koleksi lainnya. Dikutip dari laman Britannica, Calvin Klein lahir di Bronx, New York, pada 19 November 1942.

Klein belajar di Fashion Institute of Technology, New York City. Setelah lulus pada 1962, dia bekerja sebagai desainer magang di produsen jas di distrik garmen New York. Pada 1968, ketika ia membuka perusahaannya sendiri, industri fashion New York berada dalam masa depresi. Pakaian kasual bergaya hippie dan rok mini yang menentukan ragam mode.

Klein berupaya menyediakan pakaian yang sederhana dan bersahaja. Meskipun awalnya terkenal karena jas dan mantel, ia secara bertahap lebih menekankan pada pakaian olahraga, terutama pakaian terpisah yang dapat diganti-ganti.

Klein adalah desainer pertama yang memenangkan Coty Awards tiga kali berturut-turut untuk pakaian wanita (1973–1975). Dia adalah desainer pakaian siap pakai termuda yang pernah terpilih dalam Coty Hall of Fame (1975). Dia menggambarkan filosofi desainnya sebagai pembuatan “pakaian sederhana, nyaman namun bergaya tapi tidak berlebihan atau ekstrem.”

Pakaiannya relatif mahal, klasik, elegan, dan mudah dipakai, serta menarik perhatian pembeli di Amerika Serikat dan negara lain. Prestasinya dikatakan tidak hanya mewakili kejayaan merek gaya klasiknya, tetapi juga kematangan industri fashion Amerika.

Namun, mungkin lebih dari sekadar pakaiannya, Klein menjadi terkenal karena iklan-iklannya. Beberapa di antaranya mendekati skandal. Salah satu rangkaian iklan menampilkan aktris remaja Brooke Shields yang memodelkan celana jins biru dan menyatakan bahwa “tidak ada yang menghalangi saya dan Calvin saya.”

Iklan pakaian dalam Klein, dengan foto-foto oleh Herb Ritts dan Bruce Weber serta model seperti aktor Mark Wahlberg, membantu memposisikan laki-laki sebagai objek seks. Kampanye iklan kontroversial lainnya termasuk beberapa kampanye wewangiannya, Obsession.

Tahun 2003, Klein menjual perusahaannya kepada Phillips–Van Heusen (PVH). Setelah pensiun di tahun berikutnya, dia tidak menonjolkan diri di depan umum. Namun, pada 2017, dia menerbitkan Calvin Klein, sebuah survei tentang kariernya yang mencakup foto dan anekdot.

Tentang Calvin Klein, Inc.

Calvin Klein adalah salah satu merek gaya hidup fashion global terkemuka dengan sejarah cita-cita yang berani dan non-konformis yang mendasari segala hal yang kita lakukan. Didirikan di New York pada tahun 1968, estetika merek yang minimalis dan sensual mendorong pendekatannya terhadap desain dan komunikasi produk. Klein menciptakan kanvas yang menawarkan kemungkinan ekspresi diri tanpa batas.

Merek-merek Calvin Klein – CK Calvin Klein, Calvin Klein, Calvin Klein Jeans, Calvin Klein Clothes, dan Calvin Klein Performance – dihubungkan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kebutuhan sehari-hari menjadi status ikonik secara global. Masing-masing merek memiliki identitas dan posisi berbeda dalam lanskap ritel, memberikannya peluang untuk memasarkan serangkaian produk yang menarik secara universal kepada konsumen domestik dan internasional dengan beragam kebutuhan.

Produk Klein didukung oleh desain yang bertanggung jawab, konstruksi berkualitas tinggi, dan penghapusan semua detail yang tidak perlu. Klein mengupayakan pakaian yang unik dan berdimensi yang dapat dipakai dengan baik dan tetap relevan dari musim ke musim. Penjualan ritel global produk Calvin Klein berjumlah sekitar $8,5 miliar pada tahun 2021.

Calvin Klein terus memperkuat posisinya sebagai inovator platform digital baru dan kampanye pemasaran modern. PVH mengakuisisi Calvin Klein pada tahun 2003 dan terus mengawasi pendekatan terfokus untuk meningkatkan relevansi, kehadiran, dan pertumbuhan jangka panjang merek tersebut di seluruh dunia.

Pilihan Editor: Gaya Effortless Kendall Jenner jadi Model Kampanye Calvin Klein Musim Semi 2023

BRITANNICA | CALVIN KLEIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."