Mengulik Sejarah Brand Perhiasan Mewah Tiffany & Co., Diawali dengan Koleksi Stopwatch

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tiffany & Co koleksi diamond wire ring dan square ring/Foto: Doc. Tiffany.com

Tiffany & Co koleksi diamond wire ring dan square ring/Foto: Doc. Tiffany.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hampir 200 tahun sejarahnya, Tiffany & Co. yang sebelumnya Tiffany and Co telah berkembang menjadi toko perhiasan Amerika klasik dengan reputasi glamor dan gaya di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1837 oleh Charles Lewis Tiffany (1812–1902) dan rekannya, J. B Young, sebagai Tiffany & Young, sebuah toko “barang mewah” di Broadway di New York. Tiffany juga menerbitkan katalog surat langsung pertama pada tahun 1845 yang disebut Koleksi Buku Biru. 

Charles Lewis Tiffany mengambil kendali penuh atas perusahaan pada tahun 1853 ketika bisnis tersebut berganti nama menjadi Tiffany & Co. Pada tahun 1868 Tiffany dan rekannya mulai membuat perhiasan fashion emas dan pada tahun 1866 stopwatch pertama diperkenalkan yang disebut Tiffany Timer.

Tiffany Biru

Pada tahun 1940-an, Charles Lewis Tiffany memperkenalkan warna khas biru yang kini menjadi ikon dan tetap identik dengan merek tersebut. Biru telur robin yang ikonik akhirnya diberi merek dagang sebagai Tiffany Blue pada tahun 1998. Pada tahun 2001, Tiffany Blue distandarisasi sebagai warna khusus yang dibuat oleh Pantone khusus untuk Tiffany yang disebut "1837 Blue" yang diambil dari nama tahun berdirinya Tiffany.

Tiffany Berlian

Pada tahun 1870, Tiffany and Co pindah ke sebuah toko megah di Union Square, yang menjadi tujuan para elit New York yang modis dan kaya. Mengembangkan identitas desainnya sendiri, Tiffany dikenal dengan peralatan perak bergaya Japonesque dan perhiasan berlian: Charles Tiffany menjadi “Raja Berlian”. Pada tahun 1878, Charles Lewis Tiffany membeli berlian kuning mewah berukuran 278,42 tanda sisipan. Tahun berikutnya dipotong menjadi batu 128,54 karat dan diberi nama Tiffany Diamond. Tiffany Diamond adalah salah satu berlian kuning mewah terbesar di dunia.

Cincin Berlian Solitaire 

Pada tahun 1886, Pengaturan Tiffany untuk cincin berlian solitaire diperkenalkan. Pengaturan enam cabang Tiffany memenangkan banyak penghargaan di pameran internasional karena menyembunyikan cabang secara virtual sehingga berlian tampak hampir melayang di atas pita. Pengaturan klasik Tiffany ini tetap menjadi salah satu gaya paling populer untuk cincin pertunangan saat ini.

Mengenal Sang Pendiri Charles Lewis Tiffany 

Charles Lewis Tiffany, pendiri Tiffany & Co/Foto: Tiffany.com

Charles Lewis Tiffany (lahir 15 Februari 1812, Killingly, Conn., AS—meninggal 18 Februari 1902, New York, NY) pembuat perhiasan Amerika yang khusus mengimpor permata bersejarah, perhiasan, dan karya seni.

Tiffany pergi ke New York City pada tahun 1837 dan bersama John B. Young membuka toko alat tulis dan barang mewah, yang segera berkembang dengan menawarkan perhiasan dan peralatan perak juga. Itu menjadi Tiffany, Young, & Ellis pada tahun 1841; pada tahun 1848 perusahaan tersebut mulai memproduksi perhiasan, dan pada tahun 1850 mereka membuka cabang di Paris. Tiffany mengadopsi standar perak Inggris pada tahun 1851, sehingga membentuk istilah “sterling” di Amerika Serikat. Pada tahun 1853 ia memperoleh kendali penuh atas perusahaan tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Tiffany & Co.

Pada tahun 1858 Tiffany memperoleh kelebihan bagian dari Kabel Atlantik yang baru dipasang, yang dipotong-potong dan dijual sebagai suvenir dengan sukses besar. Pada awal Perang Saudara Amerika, ia mengalihkan sebagian besar modalnya untuk pembuatan pedang, medali, dan bahan perang lainnya. Pada tahun 1868 perusahaan ini didirikan dan cabang didirikan di London dan Jenewa. Pada tahun 1887 ia membeli beberapa permata mahkota Perancis. Dia adalah ayah dari desainer Art Nouveau terkenal Louis Comfort Tiffany, yang menggantikannya sebagai direktur perusahaan.

Nama Tiffany yang terkenal, dimulai pada tahun 1845 dan terkenal dengan warna sampulnya, disebut sebagai katalog pertama yang menjual perhiasan mewah di Amerika Serikat. Pada akhir abad ke-19, perusahaan ini mulai menggunakan warna biru kehijauan dalam pemasarannya, seperti yang ditampilkan di Pameran Dunia Paris pada tahun 1889. Biru telur robin ini menjadi merek warna khas perusahaan pada abad ke-20., diberi merek dagang, dan diberi nomor "1837", untuk menghormati tanggal pendirian perusahaan, oleh Sistem Warna Pantone. Kotak biru Tiffany kini terkenal di dunia dan identik dengan kemewahan dan perhiasan berkualitas.

Pilihan Editor: Jimin BTS Didapuk jadi Duta Merek Perhiasan Tiffany & Co.

SO THE BYS | TIFFANY 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."