Menu Takjil Istimewa untuk Buka Puasa, dari Aneka Kolak hingga Es Blewah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
 Ilustrasi kolak ubi (instagram.com/setia_dini91

Ilustrasi kolak ubi (instagram.com/setia_dini91

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Umumnya, menu takjil buka puasa yang dijual adalah makanan ringan dengan rasa manis, seperti kolak pisang, es pisang ijo, es buah, hingga donat. Hal ini karena makanan manis cocok disantap untuk berbuka puasa. 

Di momen bulan Ramadan seperti ini, ada banyak sekali pilihan menu takjil untuk buka puasa yang bisa Anda beli. Mulai dari rasa manis, gurih, dan pedas. 

Tidak sedikit pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan menjelang buka puasa, yakni sekitar pukul 15.00.  Jika Anda bingung menentukan menu takjil buka puasa, berikut ini inspirasi menu takjil yang bisa Anda pilih untuk berbuka. 

Inspirasi Menu Takjil Buka Puasa

Menu takjil untuk buka puasa bisa beragam dan tergantung pada preferensi dan budaya masing-masing. Berikut ini beberapa contoh menu takjil yang umumnya disajikan untuk buka puasa.

1. Kurma

Ilustrasi kurma. Freepik.com

Kurma adalah buah yang sangat populer untuk buka puasa karena tinggi akan gula alami dan memberikan energi yang cepat. Disunnahkan untuk mengonsumsi 3 butir kurma saat berbuka puasa agar gula darah tetap stabil. 

2. Kolak

Ilustrasi kolak pisang. shutterstock.com

Kolak adalah campuran dari potongan pisang, ubi, kolang-kaling, dan kadang-kadang biji salak yang direbus dengan santan, gula, dan sedikit garam. Anda bisa menjadikan minuman manis ini untuk berbuka. 

3. Es Buah

Ilustrasi es buah (pixabay)

Campuran buah-buahan segar seperti melon, anggur, jambu, dan jeruk yang disajikan dalam sirup atau susu kental manis. Rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini cocok untuk berbuka puasa.

4. Bubur

Adapun beberapa menu bubur yang bisa dijadikan menu santap berbuka puasa di antaranya bubur sumsum, bubur candil, atau bubur ketan hitam dengan santan dan gula merah.

5. Es Campur

Selain es buah, ada juga es campur yang berisi berbagai jenis bahan seperti agar-agar, cincau, kolang-kaling, nata de coco, dan buah-buahan yang dicampur dengan sirup dan es serut.

6. Timus

Menu takjil ini dibuat dari kentang manis (ubi) yang rebus atau panggang serta ditaburi dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Menu takjil ini cocok untuk membatalkan puasa.

7. Dadar Gulung

Kue dadar gulung. Cookpad/Yuliana Menjoi

Dadar gulung adalah makanan tradisional yang berisi parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah dan sedikit garam.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."