Mengenal Penyakit Ambeien Grade 4

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita wasir. fightstate.com

Ilustrasi wanita wasir. fightstate.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Sandra Dewi membagikan kabar kesehatannya lewat Instagram, Kamis, 14 Maret 2024. Dia bercerita telah menjalani operasi ambeien grade 4. Apa itu ambeien grade 4?

Dikutip dari website Healthline, ambeien atau wasir terjadi ketika pembuluh darah di anus atau rektum bagian bawah membengkak. Wasir yang menonjol keluar dari anus disebut wasir prolaps dan bisa sangat menyakitkan.

Wasir sendiri ada dua jenis, berdasarkan lokasinya. Pertama adalah wasir internal, adalah wasir yang berkembang di dalam rektum. Wasir internal ini bisa menjadi wasir prolaps jika terdorong ke bawah dari rektum dan menonjol keluar dari anus.

Kedua, yaitu wasir yang bersifat eksternal dan terbentuk langsung di anus. Wasir eksternal juga bisa mengalami prolaps.

Rektum adalah bagian paling bawah dari usus, dan anus adalah lubang di bagian bawah rektum tempat tubuh mengeluarkan feses.

Apa saja gejalanya?

Tanda utama Anda mengalami ambeien prolaps adalah adanya satu atau lebih benjolan di sekitar anus. Hal ini hanya akan terjadi jika prolapsnya signifikan.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat dengan lembut mendorong benjolan kembali melalui anus. Meskipun hal ini dapat mengubah lokasi wasir dan meringankan rasa sakit, namun wasir masih ada.

Apakah wasir yang prolaps terasa sakit?

Wasir yang prolaps cenderung lebih nyeri saat duduk dibandingkan saat berdiri atau berbaring. Ambeien ini mungkin juga lebih sakit saat buang air besar.

Wasir yang prolaps bisa sangat menyakitkan jika ada gumpalan darah yang terbentuk di dalam wasir. Ini dikenal sebagai wasir trombosis.

Wasir trombosis tidak seberbahaya gumpalan darah di jantung, misalnya, tapi bisa sangat menyakitkan. Wasir yang mengalami trombosis mungkin perlu ditusuk dan dikeringkan untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Wasir yang prolaps juga bisa terasa sangat nyeri jika tercekik, yang berarti suplai darah ke wasir telah terputus.

Apa penyebab wasir menjadi prolaps?

Wasir bisa menjadi prolaps ketika jaringan yang menahannya melemah. Ada beberapa kemungkinan penyebab dan faktor risiko melemahnya jaringan ikat ini.

Mengejan saat buang air besar adalah salah satu kemungkinan penyebabnya, karena mengejan dapat memberikan tekanan ekstra pada wasir. Anda mungkin akan lebih mudah mengejan jika mengalami sembelit atau diare.

Kehamilan juga dapat meningkatkan risiko ambeien. Wasir terjadi pada 40 persen wanita hamil, dan jika tidak diobati, wasir dapat mengalami prolaps.

Obesitas adalah faktor risiko lain yang mungkin terjadi. Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah dubur sehingga menyebabkan terbentuknya wasir dan prolaps wasir internal dan eksternal.

Merokok juga dapat merusak seluruh pembuluh darah Anda, termasuk pembuluh darah di rektum dan anus. Hal itu dapat meningkatkan risiko wasir dan wasir prolaps.

Lantas kapan wasir atau ambeien menjadi grade 4?

Wasir internal dinilai berdasarkan derajat prolapsnya:

Grade 1: tidak ada prolaps
Grade 2: prolaps yang hilang dengan sendirinya (misalnya setelah buang air besar)
Grade 3: prolaps yang dapat didorong kembali
Grade 4: prolaps yang tidak dapat didorong kembali

Wasir prolaps tingkat 4 ini kemungkinan merupakan ambeien yang paling menyakitkan.

Kapan harus berobat?

Jika Anda mengalami gejala wasir prolaps, langsung temui dokter.

Terkadang wasir bisa hilang dengan sendirinya dari kulit dan tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun jika nyeri, gatal, dan pendarahan terus berlanjut, temui dokter, ahli proktologi (dokter spesialis kondisi anus dan rektum), atau ahli gastroenterologi (dokter spesialis kondisi lambung dan usus).

Jika Anda merasakan adanya benjolan di sekitar anus, meski tidak ada gejala lain, sebaiknya temui dokter. Anda ingin memastikan bahwa benjolan tersebut benar-benar wasir dan bukan tumor atau masalah kesehatan lainnya.

Pilihan Editor: Sandra Dewi Operasi Ambeien Grade 4: Kesehatan adalah Anugerah

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."