Perjalanan Karier Ariana Grande, Berawal dari Teater Broadway

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ariana Grande berpose saat menghadiri Academy Awards ke-96 di Hollywood, California, AS, 10 Maret 2024. Ariana hadir mengenakan gaun kolom ruched strapless merah muda dengan jubah tanpa lengan yang menggelembung dan berjuntai panjang dari Giambattista Valli Haute Couture. REUTERS

Ariana Grande berpose saat menghadiri Academy Awards ke-96 di Hollywood, California, AS, 10 Maret 2024. Ariana hadir mengenakan gaun kolom ruched strapless merah muda dengan jubah tanpa lengan yang menggelembung dan berjuntai panjang dari Giambattista Valli Haute Couture. REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Ariana Grande telah merilis album ketujuhnya pada pekan lalu. Album berjudul Eternal Sunshine resmi dirilis pada Jumat 8 Maret 2024. Dikutip dari Reuters, album ini merupakan album pertama sang bintang pop dalam tiga tahun terakhir dan terdiri dari 13 lagu. Nah, untuk lebih mengenal penyanyi yang telah berkarier lebih dari satu dekade atau 10 tahun, berikut kilasan perjalanan karier Ariana Grande.

Dikutip dari laman Biography, Grande lahir di Boca Raton, Florida, pada 26 Juni 1993. Orang tuanya Edward Butera, seorang desainer grafis dan Joan Grande, seorang pengusaha. Dia mulai bernyanyi dan berakting di usia muda, bahkan masuk ke kancah teater lokal sebelum dia remaja. 

Peran pertama dia dapatkan pada 2008 ketika berusia 15 tahun. Dia mendapatkan peran Charlotte dalam produksi Broadway berjudul 13, sebuah drama yang berfokus pada kehidupan yang tumbuh di New York. Peran awal tersebut membuahkan penghargaan, dan Grande memenangkan National Youth Theatre Association Award.

Dua tahun kemudian, dia tampil dalam musikal Cuba Libre dan memiliki peran kecil dalam acara TV berjudul The Battery's Down. Pada 2010, dia mendapat peran di serial televisi Nickelodeon. Perannya sebagai Cat Valentiene yang menempuh pendidikan di sekolah seni pertunjukan. 

Sukses dalam bidang akting, dia terus menekuni minatnya bernyanyi. Grande merilis single Put Your Heart Up pada 2011. Selama dua tahun berikutnya, album pertamanya, Yours Truly rilis dan termasuk single populernya The Way, yang berkolaborasi dengan rapper Mac Miller menempati nomor satu di tangga lagu Billboard 200.  

Dalam albumnya juga menampilkan lagu-lagu hits Baby I dan Right There. Album yang diproduseri oleh produser Babyface ini menunjukkan kedewasaan Grande, dan pengaruh musik soul tahun 1990-an dari diva pop Mariah Carey. 

Pada 2014, album selanjutnya Grande My Everything, terjual sebanyak 169.000 kopi di minggu pertama, dan memulai debutnya di nomor 1. Single Problem, yang menampilkan rapper Australia Iggy Azalea. 

Dia kemudian mendapat posisi nomor 3 di Billboard's Hot 100, terjual lebih dari 400.000 kopi setelah dirilis. Break Free bersama Zedd dan Love Me Harder bersama The Weeknd menyusul, masing-masing juga menduduki posisi puncak tangga lagu.

Sepanjang masa kariernya, Ariana Grande telah menerima sejumlah penghargaan. Mengutip Times of India, dia memenangi Grammy Award dalam nominasi Best Pop Vocal Album pada 2018. Dia juga memenangi nominasi Best Pop Duo Group Performance tahun 2020. 

Ariana Grande pernah meraih penghargaan dari American Music Awards dua tahun berturut-turut pada 2015 dan 2016. Keduanya masing-masing dalam nominasi Favorite Pop Rock Female dan Artist of The Year.

Pilihan Editor: Perjalanan Cinta Ariana Grande dan Ethan Slater, dari Lawan Main jadi Pujaan Hati

YOLANDA AGNE | NOVITA ANDRIAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."