4 Cara Menghadapi Pasangan Sedang Marah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ledakan amarah dan pertengkaran sering kali menimbulkan dendam dan kepahitan di antara pasangan. Berhadapan dengan pasangan sedang marah bisa menimbulkan perasaan bersalah dan panik. Namun, melatih kesabaran dan menerapkan teknik sadar dengan kondisidapat membantu meredakan konflik. Sabar menelaah situasi adalah hal yang penting karena ledakan kemarahan yang berulang-ulang dapat mengakibatkan dinamika yang beracun. Berikut cara menghadapi pasangan sedang marah yang perlu diketahui.

1. Tingkatkan Kesabaran

Saat pasangan sedang marah dan kehilangan kesabaran bisa semakin memanaskan situasi. Salah satu pasangan harus menjunjung tinggi perilaku tenang dan mengarahkan pikiran ke solusi. Kehilangan kesabaran dapat memperburuk situasi.

2. Menahan Reaksi

Daripada bersikap aneh dan bereaksi terhadap kemarahan pasangan Anda, luangkan waktu sejenak untuk berpikir sebelum mengambil kesimpulan atau bertindak. Ketika orang sedang marah, mereka akan melontarkan kemarahan secara tiba-tiba dan tidak berpikir sebelum berkomentar. Oleh karena itu, tak bereaksi adalah kunci untuk mengatasi situasi seperti ini.

3. Ingatlah, Emosi Marah Tak Lekat dengan Karakter

Ketika seseorang sedang marah, maka jangan gabungkan hal itu dengan karakternya. Jangan menganggap ledakan kemarahan mereka sebagai masalah pribadi. Jangan menginternalisasi perilaku agresif atau kata-kata kasarnya. Memahami perilaku dan kekhawatiran pasangan Anda penting untuk mencegah penilaian yang tidak jelas tentang karakternya. Singkatnya, kemarahan tidak boleh melekat pada karakter seseorang.

4. Jangan Mengungkit Masalah di Masa Lalu

Mengungkit masalah di masa lalu akan semakin memperparah perdebatan dan meningkatkan konflik. Menyimpan dendam dan mengungkit keluhan masa lalu yang belum terselesaikan akan menimbulkan kepahitan dan frustrasi. Saat Anda berhadapan dengan pasangan sedang marah, lebih baik jangan mengorek-ngorek konfllik dan pengalaman sebelumnya.

Pilihan Editor: Hindari 6 Bahasa Tubuh Ini saat Bertengkar

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."