7 Kunci Perawatan Kulit Sensitif, Hindari Bahan Kimia Keras dan Melembapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perawatan kulit sensitif bisa jadi sangat menantang untuk ditangani, terutama ketika segala sesuatu di lingkungan kita tampaknya berupaya memperburuknya. Mulai dari polutan hingga perubahan cuaca, kulit dapat bereaksi dengan berbagai cara yang tidak menyenangkan, membuat kita merasa sesak, gatal, atau meradang. Tapi jangan khawatir, ada banyak strategi sederhana dan efektif untuk membantu mengelola kulit sensitif dan menjaganya tetap sehat.

Sebelum kita mendalami solusinya, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan kulit sensitif dan apa yang memicunya. Kulit sensitif bereaksi dengan mudah terhadap pemicu tertentu seperti produk perawatan kulit, faktor lingkungan, atau pemicu stres. Reaksi ini sering kali bermanifestasi sebagai kemerahan, gatal, kering, atau sensasi terbakar.

Adapun beberapa penyebab umum di balik kulit sensitif termasuk bahan-bahan yang keras, wewangian, paparan sinar matahari berlebihan, fluktuasi suhu, dan ketidakseimbangan hormon.

Berikut ini kunci perawatan kulit sensitif agar tetap bersinar dan sehat.

1. Pilih Pembersih Wajah Lembut

Menurut Ritu Khariyan, ahli kosmetik, Skinlogics, membersihkan wajah merupakan hal terpenting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, tetapi untuk kulit sensitif, penting untuk memilih produk yang tidak akan mengganggu keseimbangan halusnya. Pilihlah pembersih yang lembut, bebas pewangi, dan hipoalergenik yang dirancang khusus untuk kulit sensitif.

"Hindari air panas karena dapat menghilangkan minyak alami dan memperburuk kekeringan. Sebagai gantinya, gunakanlah air hangat dan tepuk-tepuk lembut kulit Anda hingga kering menggunakan handuk lembut,” katanya dikutip dari Times of India, Senin, 11 Maret 2024.

2. Langkah Sederhana

Sederhanakan rutinitas perawatan kulit Anda dengan menghindari bahan kimia keras dan memilih produk yang menenangkan. Menjaga agar tetap sederhana seringkali merupakan pendekatan terbaik untuk kulit sensitif.

3. Hapus Riasan sebelum Tidur

Menghapus riasan sebelum tidur mungkin terasa seperti sebuah tugas, tetapi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Membiarkan riasan semalaman dapat mengiritasi jenis kulit yang paling kuat sekalipun. Gunakan pembersih berbusa lembut untuk memastikan kulit terasa segar dan bersih sebelum beristirahat.

4. Melembapkan Kulit Wajah

Melembapkan adalah langkah yang tidak bisa dinegosiasikan untuk kulit sensitif. Carilah pelembap bebas pewangi yang diperkaya dengan bahan-bahan menenangkan seperti ekstrak lidah buaya, kamomil, atau oat. Pilihlah pelembap berbahan dasar krim untuk hidrasi yang lebih baik dan perlindungan terhadap iritasi.

5. Hindari Bahan Kimia yang Keras

Saat berbelanja produk perawatan kulit, teliti daftar bahannya dan hindari bahan kimia keras seperti alkohol, sulfat, dan pewangi sintetis. Sebaliknya, pilihlah produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan lembut dan bergizi seperti asam hialuronat, ceramide, niacinamide, dan minyak alami

6. Wajib Pakai Tabir Surya

Kulit sensitif sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, jadi jangan berhemat pada tabir surya. Pilih tabir surya berspektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan kembali setiap dua jam, terutama saat menghabiskan waktu di luar ruangan.

Tabir surya fisik yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida seringkali lebih dapat ditoleransi oleh kulit sensitif.

7. Selalu Uji Tempel Produk Baru

Sebelum memasukkan produk baru ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, selalu lakukan uji tempel untuk memeriksa adanya reaksi merugikan. Oleskan sedikit produk ke area kulit tertentu dan tunggu selama 24 hingga 48 jam untuk melihat tanda-tanda iritasi.

Pilihan Editor: Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif, Pilih Eksfoliator Kimia dan Frekuensi Seminggu Sekali

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."