Dukung Palestina, Billie Eilish dan Kakaknya Pakai Pin Ini di Oscar 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Billie Eilish dan Finneas O'Connell mengenakan pin merah yang mendukung Palestina saat menghadiri Academy Awards ke-96 di California, 10 Maret 2024. REUTERS/Carlos Barria

Billie Eilish dan Finneas O'Connell mengenakan pin merah yang mendukung Palestina saat menghadiri Academy Awards ke-96 di California, 10 Maret 2024. REUTERS/Carlos Barria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Karpet merah di Academy Awards atau Oscar 2024 pada hari Minggu, 10 Maret 2024, menjadi platform untuk menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Palestina di tengah konflik Israel-Hamas. Sejumlah selebriti memakai pin Artists4Ceasefire yang menyatakan dukungan terhadap Palestina, termasuk penyanyi Billie Eilish dan kakak laki-lakinya, Finneas O'Connell. Mereka tampak menyematkan pin tersebut di kiri atas jas hitam yang dikenakan

Organisasi Artists4Ceasefire diketahui telah mendesak Presiden Biden dan Kongres untuk segera mengadvokasi deeskalasi dan gencatan senjata dalam konflik antara Gaza dan Israel. Dalam siaran persnya, organisasi tersebut menyatakan, “Pin tersebut melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua sandera, dan bantuan kemanusiaan yang mendesak kepada warga sipil di Gaza.”

Pernyataan ini menekankan pendiriannya untuk masa depan yang berakar pada kebebasan, keadilan, martabat, dan perdamaian bagi semua orang, serta menegaskan bahwa belas kasih harus diutamakan.

Seleb Hollywood Lain yang Pakai Pin Artists4Ceasefire di Oscar 2024

Selain Eilish dan O'Connell, yang lagunya untuk film Barbie meraih penghargaan sebagai Lagu Asli Terbaik, aktor Mark Ruffalo juga mengenakan pin merah tersebut.

Sutradara Ava DuVernay dan aktor sekaligus komedian Ramy Youssef, yang dikenal karena perannya dalam Poor Things, juga memakai pin Artists4Ceasefire. Youssef berbicara kepada Variety menyatakan seruannya untuk segera melakukan gencatan senjata yang langgeng di Gaza, dan mengadvokasi perdamaian serta keadilan bagi rakyat Palestina.

Selain itu, aktor Milo Machado-Graner dan Swann Arlaud, yang tampil dalam film nominasi Oscar Anatomy of a Fall mengenakan pin bendera Palestina di karpet merah.

Pesan solidaritas melampaui karpet merah, ketika sutradara Zone of Interest Jonathan Glazer, pemenang Film Internasional Terbaik untuk drama Holocaust-nya, menyamakan antara dehumanisasi yang digambarkan dalam filmnya dan dampak konflik yang sedang berlangsung di kedua belah pihak.

Sementara itu, para demonstran pro-Palestina berkumpul di dekat Teater Dolby menjelang upacara penghargaan, mengibarkan bendera Palestina dan menunjukkan tanda-tanda dukungan. Menurut laporan dari CBS Los Angeles, penyelenggara bertujuan untuk "mengganggu Academy Awards" dan menjelaskan apa yang mereka anggap sebagai pembalasan terhadap tokoh-tokoh industri film yang menentang tindakan Israel.

Sebagai informasi, konflik antara Israel dan Hamas meletus setelah militan Hamas memasuki Israel pada 7 Oktober. Serangan tersebut mengakibatkan sekitar 1.200 korban jiwa, dengan sekitar 250 orang disandera oleh Hamas. Israel melaporkan bahwa lebih dari 130 sandera masih berada di Gaza.
Ketika konflik berlanjut, Kementerian Kesehatan Gaza, di bawah kendali Hamas, telah melaporkan kematian lebih dari 30.000 orang selama serangan Israel.

Pilihan Editor: 12 Fakta Menarik Billie Eilish, Pernah Gabung Paduan Suara hingga jadi Backing Vokal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."