5 Hal Penting yang Perlu Dibicarakan Sebelum Menikah, dari Keuangan hingga Keluarga Berencana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak hal penting yang perlu dibicarakan sebelum menikah menjadi langkah yang perlu diperhatikan sebelum buru-buru berkomitmen pada pernikahan. Langgengnya usia perkawinan bergantung pada komitmen berkelanjutan terhadap hubungan dan yang terpenting adalah ketika kedua pasangan memilih untuk mendukung satu sama lain. 

Berikut lima hal penting yang harus didiskusikan dengan pasangan kamu sebelum menikah.

1. Keuangan dan pendapatan

Kurangnya perencanaan keuangan adalah penyebab umum masalah dalam perkawinan. Mengingat masalah keuangan adalah faktor utama dalam menikah. Kedua individu dalam suatu hubungan harus stabil secara finansial dan aman untuk memulai kehidupan pernikahan mereka. Diskusi terbuka mengenai utang, pendapatan, pinjaman, dan investasi penting dilakukan untuk menghindari konflik dan kesalahpahaman.

2. Impian dan tujuan

Keintiman yang besar bergantung pada berbagi rasa kesamaan dalam suatu hubungan. Oleh karena itu, pasangan harus menyelaraskan aspirasi individu dan kolektif mereka. Kedua individu harus memupuk visi bersama mengenai kehidupan pernikahan mereka. Pernikahan yang mendukung membutuhkan kemitraan yang baik dan itu disertai dengan usaha patungan dan upaya kolaboratif. Oleh karena itu, mendiskusikan mimpi dan penglihatan tetap penting.

3. Latar belakang dan budaya keluarga

Penting untuk mempertimbangkan status sosial dan latar belakang keluarga tunangan Anda sebelum menikah. Memahami budaya, tradisi, dan nilai-nilai keluarga satu sama lain memainkan peran penting dalam memupuk hubungan yang memuaskan. Mengenali perbedaan budaya dan rukun dengan keluarga satu sama lain harus dilakukan pada tahap awal suatu hubungan.

4. Keluarga berencana

Keluarga berencana adalah pembicaraan penting sebelum menikah yang jika diabaikan dapat menyebabkan perceraian dan perpisahan. Diskusi terbuka mengenai keluarga berencana sebaiknya dilakukan sebelum menikah. Pasangan harus mempertimbangkan pilihan menjadi orang tua dan keluarga berencana.

5. Pekerjaan

Sifat pekerjaan Anda dapat memengaruhi kehidupan pribadi dan hubungan Anda. Beberapa profil pekerjaan menuntut relokasi dan bekerja pada jam-jam yang tidak biasa. Oleh karena itu, diskusi tentang preferensi dan tantangan pekerjaan memainkan peran penting dalam mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Kedua individu dalam suatu hubungan harus mendukung pilihan karier masing-masing.

Pilihan Editor: 7 Tanda Kamu dan Dia Siap Menikah

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."