Mengenal Miuccia Prada, Desainer Aristokrat Italia yang Sempat Dianggap Remeh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dok. womenblitz.com

Dok. womenblitz.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer aristokrat Italia, Miuccia Prada lahir di ibu kota mode Italia, Milan, pada 10 Mei 1949. Ia dilahirkan dalam keluarga kaya yang memiliki merek barang mewah Prada sejak tahun 1913. Selama bertahun-tahun, merek tersebut menjadi nama rumah tangga untuk produk kulit halus, koper serta kotak rias, sikat rambut cangkang kura-kura, dan tongkat jalan yang dirancang untuk keluarga kerajaan Italia.

Pada tahun 1958, kakek Prada dan pendiri merek mewah, Mario Prada meninggal dunia dan menyerahkan perusahaan tersebut kepada menantu perempuannya, Luisa. Miuccia mempelajari ilmu politik dan lulus dari Universitas Milan pada tahun 1970. Setelah dua tahun, ia mendapatkan gelar PhD. dalam ilmu politik pada tahun 1973. Karier Prada dimulai ketika ia mengambil alih perusahaan keluarga setelah ibunya pada tahun 1977. 

Namun, kaum aristokomunis cukup enggan untuk menjadi perancang busana karena menurutnya, fashion hanyalah konyol dan sembrono. Pada tahun 1978, Prada bertemu dengan kekasihnya dan calon suaminya Patrizio Bertelli yang memiliki pabrik barang kulit Tuscan. Nasihat ahlinya mengenai tas adalah arah yang dicari Prada. Patrizio menjadi mentornya dan juga produsen resmi tas Prada. Tidak lama kemudian keduanya terlibat asmara dan tinggal bersama. Belakangan, Patrizio diangkat menjadi CEO perusahaan tersebut oleh Prada.

Dok. luxina.id

Pada bulan Mei 1978, Prada meluncurkan lini bagasi pertamanya di lokasi syuting 'On the Twentieth Century', sebuah musikal Broadway. Jalur bagasi pada awalnya tidak terlalu berhasil; jadi Prada memperluas wawasannya dengan memperkenalkan alas kaki untuk wanita pada tahun 1979. Namun, keadaan berbalik pada tahun 1985 dan tas Prada menduduki puncak penjualan setelah dirilisnya ransel hitam yang terbuat dari nilon kelas berat yang sama yang pernah digunakan oleh orang Italia. 

Tas inilah yang memicu kegemaran akan segala hal tentang Prada di kalangan orang kaya dan terkenal di Italia. Prada go internasional pada tahun berikutnya dengan butik mandiri pertamanya di Fifty Seventh Street, New York. Prada menikah dengan Bertelli pada Hari Valentine tahun 1987. Produk pakaian wanita Prada memulai debutnya di kantor pusat perusahaan pada tahun 1988. Dengan kesuksesan dalam semalam dari produk pakaian wanita pertamanya, Prada meluncurkan produk keduanya yang disebut Miu Miu pada musim gugur tahun 1992. .

Desain aksesoris Prada yang luar biasa memberinya Penghargaan Internasional dari CFDA pada tahun 1994. Pada bulan Maret 1995, sebuah yayasan untuk memberikan dana kepada seniman yang akan datang untuk meluncurkan proyek impian mereka didirikan, yang disebut Fondazione Prada. Para model berjalan di peragaan busana Penghargaan VH1 pertama dengan mengenakan pakaian Prada pada bulan Desember. 

Pada tahun 1996, toko utama Prada yang besar dibuka di Madison Avenue, New York. Tahun 1997 menjadi saksi peluncuran lini pakaian ketiga desainer, Prada Linea Rossa yang berfokus pada pakaian kasual. Pakaian olahraga Prada diluncurkan pada bulan September 1998 dengan nama Prada Sport. Pada bulan Mei 1999, Prada bekerja sama dengan Donatella Versace untuk mendandani Manchester United untuk Final Piala FA tahun 1999. Pertunjukan pra-koleksi pertamanya diadakan pada bulan Juni.

Prada memenangkan Penghargaan Andre Leon Talley untuk Prestasi Seumur Hidup pada tahun 2003 dan Penghargaan Internasional CFDA pada tahun 2004. Keluarga Prada mendapat tempat di daftar Orang Terkaya di Dunia versi Forbes pada tahun 2005 dan dinobatkan sebagai salah satu Visioner Gaya & Desain Time pada tahun 2007. 

Film animasi, Trembled Blossoms ditayangkan perdana pada bulan Februari 2008 yang menampilkan koleksi musim semi Prada tahun 2008. Pada tahun 2012, sebuah pameran bertajuk 'Prada and Schiaparelli: Impossible Conversations' berlangsung di Metropolitan Museum of Art yang dipandu oleh Anna Wintour dari Vogue dan aktris Carey Mulligan dan Miuccia Prada sendiri.

Pilihan Editor: Prada Tampilkan Koleksi Sederhana di Milan Fashion Week, Aksen Lipit dan Outerwear

Famous Fashion Designer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."