6 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aloe vera gel. Pixabay.com

Ilustrasi aloe vera gel. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lidah buaya atau aloe vera salah satu tanaman obat ajaib dengan segudang manfaat kesehatan untuk tubuh. Tanaman berdaging ini, sering disebut sebagai "tanaman keabadian", telah dihargai selama berabad-abad karena khasiat penyembuhan dan nilai gizinya. Berikut lima cara menggunakan lidah buaya untuk kesehatan tubuh.

1. Jus lidah buaya segar

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat lidah buaya adalah dengan mengekstrak gelnya dan mencampurkannya menjadi jus segar. Cukup potong daun lidah buaya yang sudah matang, ambil gelnya, dan campurkan dengan air atau jus buah favorit untuk menambah rasa.

Jus lidah buaya kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya minuman yang ampuh untuk meningkatkan hidrasi, pencernaan, dan fungsi kekebalan tubuh.

2. Smoothie lidah buaya

Awali hari Anda dengan smoothie lidah buaya yang kaya gizi. Campurkan jeli lidah buaya segar berbentuk kubus dengan sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kangkung, buah-buahan seperti nanas atau beri, dan sumber lemak sehat seperti alpukat atau santan.

Racikan dinamis ini memberikan banyak vitamin, mineral, dan serat, mendukung kesehatan serta vitalitas optimal sekaligus menggoda selera Anda.

3. Saus salad lidah buaya

Menurut dokter Archana Batra, ahli gizi, dan pendidik diabetes bersertifikat, tingkatkan kualitas salad Anda dengan saus salad lidah buaya buatan sendiri. Campurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun, jus lemon, bawang putih, dan rempah-rempah seperti kemangi atau daun ketumbar untuk rasa yang kaya dan lezat.

"Saus salad lidah buaya tidak hanya meningkatkan cita rasa sayuran Anda, tetapi juga memberikan dosis antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, meningkatkan kesehatan jantung dan kesejahteraan secara keseluruhan," katanya.

4. Kubus lidah buaya dingin dalam saus

Kubus gel lidah buaya harus dipotong dan didinginkan sepanjang malam sebelum ditambahkan ke resep saus pilihan Anda. Untuk membuat kubus gel Anda tidak terlalu licin, bilas lagi sebelum menambahkannya ke bahan lainnya. Jika dipadukan dengan cabai dan rempah yang sedikit pedas, rasa dingin dan "hijau" dari gel lidah buaya menciptakan efek mendinginkan yang menyenangkan.

5. Kapsul atau suplemen lidah buaya

Bagi mereka yang lebih memilih pilihan yang nyaman, kapsul atau suplemen lidah buaya tersedia di toko kesehatan. Carilah produk berkualitas tinggi yang terbuat dari ekstrak lidah buaya murni untuk memastikan potensi dan khasiat maksimal. Suplemen ini menawarkan cara mudah untuk memasukkan lidah buaya ke dalam rutinitas harian Anda, mendukung kesehatan pencernaan, peremajaan kulit, dan fungsi kekebalan tubuh.

6. Gel lidah buaya sebagai pengobatan topikal

Meskipun paling dikenal karena manfaat internalnya, gel lidah buaya juga dapat digunakan secara topikal untuk menenangkan dan menutrisi kulit. Oleskan gel lidah buaya segar langsung ke kulit yang terbakar sinar matahari, luka ringan, atau kulit kering untuk meredakan dan menyembuhkan secara instan. Sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya membantu mengurangi kemerahan, peradangan, dan meningkatkan perbaikan jaringan, menjadikannya obat serbaguna untuk berbagai kondisi kulit.

Semoga pilihan cara menggunakan lidah buaya di atas bisa membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 6 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."