8 Oleh-oleh Khas Madura, Ada Teri Krispi hingga Jubada

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jubada. (dok. carica.id)

Jubada. (dok. carica.id)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih terkait tema oleh-oleh, di ulasan Food & Travel kali ini kita membahas oleh-oleh khas Madura. Kota Garam ini memiliki sederet kuliner dan kerajinan lokal khas Madura. Dari makanan gurih, segarnya buah pantai, hingga kerajinan khas Madura yang sayang untuk dilewatkan. 

1. Teri Krispi

Teri krispi (dok.cookpad.com)

Makanan khas asli Madura yang paling direkomendasikan adalah teri krispi. Teri yang bisa Anda temukan dengan harga yang sangat murah meriah di pasaran, telah disulap oleh para warga Madura menjadi olahan makanan yang laris hingga mancanegara.

Teri krispi Madura bisa Anda beli dengan berbagai varian rasa dan ukuran kemasan. Untuk lauk ataupun camilan, teri krispi ini tetap nikmat.

2. Macho

Kue macho. dok. (Instagram @radenajengfetyfatimah)

Dijamin camilan Madura kali ini tidak asing di lidah Anda. Pasalnya, macho oleh-oleh khas Madura sudah beredar bebas di pasar Nusantara. Macho terbuat dari beras ketan yang ditambahkan gula merah. Lalu, ditaburi oleh wijen yang menambah cita rasa untuk menemani waktu santai Anda.

3. Keripik Cengek

Keripik cengek (dok.ookpad.com)

Penikmat sambal tentu dijamin bakal menyesal melupakan makanan khas Madura Keripik Cengek. Makanan gurih ini berbahan utama singkong. Lalu, cara menyantap pada aslinya, Anda cukup menambahkan colekan Cengek atau sambal beraneka rasa seperti terasi, tomat, dan petis. Namun, banyak keripik cengek kekinian yang membuat Anda tidak perlu repot mencolek sambal. Kemasan ini dinilai lebih praktis.

4. Rung Terung

Rung terung. dok. lazada.com

Makanan ini agak sedikit aneh bagi masyarakat di luar Madura. Pasalnya, rung terung Madura terbuat dari teripang hewan berduri hitam sebagai bahan utama. Rasa kerupuk rung terung ini pun agak pahit. Namun, tidak afdol jika Anda tidak mencicipi oleh-oleh rung terung yang cukup laris diserbu para wisatawan.

5. Aneka Olahan Buah Siwalan

Buah siwalan. Dok. istockphoto.

Siwalan adalah buah khas pantai yang tumbuh pesat di tanah Madura. Buah ini bisa dimanfaatkan menjadi aneka olahan buah tangan. Ketika baru melihat, orang awam akan menyebut siwalan serupa dengan kelapa. Namun, jangan salah karena buah ini bertekstur kenyal. Bukan hanya buahnya saja yang bisa Anda bawa pulang, tetapi air asli siwalan (legen) akan menjadi buah tangan yang mengusir dehidrasi!

6. Jubada Madura 

Jubada. (dok. carica.id)

Gurih-gurih lebih enak diseimbangi dengan yang manis. Cobalah menikmati Jubada camilan khas Madura. Makanan ini amat lekat dengan warisan nenek moyang. Jubede atau jubada terbuat dari bahan dasar berupa tepung. Lalu, diberikan manis pekatnya gula merah dan air nira. 

7. Sewel Madura

Sewel Madura terbuat dari tepung sagu dan tambahan udang. Setelah siap saji, sewel memiliki tekstur crunchy dan lembut. Coba tebak ini makanan jenis apa? Ya, tentu sewel ini adalah gorengan cireng favorit masyarakat Indonesia. Makanan ini semakin lezat ditambah olahan sambal khas Madura, yaitu sambal petis. Anda bisa membayangkan betapa lezatnya sewel yang dicicipi sambil santap buka puasa, yummy!

8. Batik Sumenep

Batik Sumenep. (Dok.instagram.com/batik_sumenep)

Setelah tas belanja Anda penuh dengan makanan khas Madura, kini saatnya harus berburu oleh-oleh yang awet alias cinderamata. Salah satunya, yaitu batik Sumenep. Corak batik Sumenep memenuhi antara lain, bunga, binatang, dan candi-candi. Tentu corak hasil budaya batik tidak jauh dari filosofi masyarakat lokal yang otentik.

Pilihan Editor: Deretan Oleh-oleh Khas Surabaya, Bandeng Asap hingga Siropen Telasih

NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH

 

 Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."